Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Dampak Buruk Bermain Gadget Sambil Tiduran yang Membahayakan Kesehatan

Uncategorized

13 Dampak Buruk Bermain Gadget Sambil Tiduran yang Membahayakan Kesehatan

Tidak dapat dipungkiri kini hampir semua orang  tidak dapat terlepas dari gadget. Di kantor, di sekolah, di rumah, saat sibuk maupun saat bersantai gadget selalu ada di samping kita. Gadget biasanya berupa Hand Phone(HP) / smartphone, tablet, dan netbook.

Bentuknya yang praktis dan memiliki berbagai fungsi membuat gadget telah menjadi kebutuhan utama dan menjadi bagian dari gaya hidup orang masa kini. Apakah Anda termasuk orang yang biasa bermain gadget sambal tiduran? Jika iya, maka Anda perlu waspada karena kebiasaan itu dapat mengganggu kesehatan.

13 Dampak Buruk Bermain Gadget Sambil Tiduran yang Membahayakan Kesehatan

Berikut dampak buruk bermain gadget sambal tiduran bagi kesehatan Anda

1. Mata Lelah

Mata terasa lelah adalah efek yang paling sering dialami dari kebiasaan bermain gadget sambil tiduran. Mata yang selalu dipaksa menatap layar gadget dengan sinar cahaya berlebih akan membuat otot-otot mata terasa tegang. Akibatnya mata akan menjadi merah dan terasa kering.

2. Insomnia

Asyik bermain games, chatting dengan teman, atau berselancar di dunia maya dengan gadget terkadang membuat kita lupa waktu. Tidak hanya siang namun juga sampai malam hari. Orang yang suka bermain gadget pada malam hari akan lebih rentan terkena sindrom insomnia atau penyakit susah tidur.

3. Tubuh Cepat Lelah

Terlalu sering berlama-lama dengan gadget membuat kurangnya aktifitas fisik seseorang. Otot tubuh yang jarang bergerak akan membuat cepat lelah saat bekerja. Untuk itu, meski Anda suka bermain gadget tetaplah berolahraga secara teratur agar kesehatan tidak terganggu.

Loading...

4. Kualitas Tidur Memburuk

Bermain gadget sambal tiduran sampai larut malam akan membuat waktu tidur berkurang. Terlalu sedikitnya waktu tidur malam akan membuat tidur Anda terasa tidak nyenyak dan itu adalah indikasi kualitas tidur Anda memburuk. Padahal waktu tidur adalah waktu terbaik bagi tubuh untuk meregenerasi sel dan memulihkan stamina.

5. Terkena Paparan Radiasi

Setiap perangkat elektronik pasti memancarkan sinar radiasi termasuk gadget yang Anda gunakan. Paparan radiasi ini tidak Nampak namun sangat berbahaya bagi organ tubuh. Jaringan organ tubuh yang terus terkena paparan gelombang radiasi akan rusak dan memunculkan berbagai penyakit contohnya, kanker atau tumor.

6. Stres

Tidak hanya berpengaruh secara fisik namun juga psikis atau mental. Ketergantungan terhadap gadget yang berlebih dapat memicu depresi pada seeorang. Perasaan gelisah saat tidak membawa gadget atau kondisi terus berjaga-jaga terhadap pesan atau panggilan yang masuk dapat menganggu kesehatan mental atau stress.

7. Kebutaan

Bermain gadget sambal tiduran yang dilakukan setiap hari dapat mengganggu kesehatan mata. Banyak orang harus memakai kacamata karena daya pengelihatannya rendah akibat terlalu lama bermain gadget. Penurunan daya penglihatan yang terjadi terus menerus pada akhirnya akan menyebabkan kebutaan.

8. Gangguan Kerja Otak

Canggihnya teknolagi pada gadget membuat hampir semua pekerjaan dan masalah dapat diselesaikan dengan cepat. Selain dampak positif ada pula dampak negative dari kemudahan dari teknologi ini. Otak sebagai pusat pikiran manusia akan terganggu jika jarang digunakan. Hal ini karena otak akan lebih banyak menerima stimulus dari pada mengolahnya. Akibatnya kinerja otak akan jadi melambat.

9. Menyebabkan Sakit Kepala

Untuk beberapa orang pusing atau sakit kepala adalah hal yang biasa. Namun apabila Anda memiliki kebiasaan bermain gadget sambal tiduran mungkin itu bias jadi penyebabnya. Otot kepala dan leher yang tegang saat bermain gadget dalam posisi tidur membuat aliran darah keotak tidak lancer dan itu akan berefek pada rasa sakit kepala.

10. Pemicu Alzaimer

Penyakit alzaimer adalah penyakit degeneratif yang mulai banyak diderita orang saat ini. Alzaimer berhubungan erat dengan fungsi kerja otak. Orang yang terbiasa tidur dan meletakkan gadget di dekat kepala akan lebih rentan mengalami alzaimer. Hal ini dapat terjadi akibat gelombang radiasi perangkat gadget terhadap otak.

Baca Juga: 11 Ciri Khas Anak Tantrum yang Perlu Orang Tua Ketahui

Masih ada beberapa efek bermain gadget sambal tiduranlainnya antara lain:

Dampak Buruk Bermain Gadget Sambil Tiduran Lainnya

11. Resiko Serangan Jantung
12. Menyebabkan kanker atau Tumor
13. Menghambat metabolism tubuh

Rutinitas bermain gadget mungkin susah dihindarkan, apalagi dengan posisi tiduran yang terasa nyaman. Akan tetapi setelah mengetahui efek bermain gadget sambil tiduran ternyata berbahaya bagi kesehatan, tentu Anda harus segera mengevaluasi kebiasaan atau gaya hidup tersebut. Bijak dalam menggunakan gadget akan membuat kualitas hidup terjaga.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top