Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

26 Dampak Buruk dari Mengonsumsi Gorengan untuk Kesehatan

Uncategorized

26 Dampak Buruk dari Mengonsumsi Gorengan untuk Kesehatan

Ada banyak jenis makanan yang diolah dengan cara digoreng. Penyebutan makanan yang satu ini pun sering disingkat menjadi gorengan. Apa saja jenis gorengan itu? Ada tahu goreng, bakwan, tempe goreng, dan masih banyak lagi. Beberapa orang menjajakan gorengan di jalan atau yang sering kita sebut dengan pedagang kaki lima. Restoran besar pun saat ini juga sudah menyediakan berbagai jenis makanan berupa gorengan yang lebih berkelas.

Jika Anda sering mengonsumsi gorengan, Anda perlu menghentikan kebiasaan ini. Ada beberapa dampak buruk dari mengonsumsi gorengan untuk kesehatan tubuh Anda. Anda tidak hanya akan mengalami penurunan kesehatan, namun juga dapat terjangkit banyak penyakit. Hal ini banyak ditimbulkan oleh kandungan minyak yang digunakan untuk menggorengnya. Kandungan minyak tersebut akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda.

26 Dampak Buruk dari Mengonsumsi Gorengan untuk Kesehatan

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa dampak buruk dari mengonsumsi gorengan untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Kandungan kolesterol yang tinggi

Minyak yang digunakan untuk menggoreng gorengan merupakan sumber utama yang dapat menyebabkan penyakit. Kandungan lemaknya akan membuat kolesterol di tubuh Anda naik dan memicu berbagai jenis penyakit.

2. Menimbulkan penyakit jantung

Salah satu jenis penyakit yang dapat membuat kesehatan Anda terganggu dari terlalu sering mengonsumsi gorengan yaitu penyakit jantung. Penyakit ini juga ditimbulkan dari kadar kolesterol dalam tubuh yang tinggi.

3. Diabetes

Selain penyakit jantung, konsumsi gorengan berlebih akan membuat tubuh Anda mudah dijangkiti penyakit gula atau diabetes. Penyakit ini membuat kadar gula di dalam darah Anda menjadi lebih tinggi dan dampak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Loading...

4. Rasa gatal pada tenggorokan

Kandungan minyak yang banyak dalam gorengan akan membuat tenggorokan Anda terasa gatal. Hal ini karena minyak merupakan zat yang dapat menempel di bagian tenggorokan Anda dan menyebabkan gejala batuk.

5. Batuk

Jika Anda sudah mengonsumsi banyak gorengan dan merasakan gatal di tenggorokan, maka gejala berikutnya yaitu batuk. Batuk akibat terlalu banyak minyak yang menempel di tenggorokan tidak terlalu mudah untuk disembuhkan.

6. Pemicu kanker

Salah satu penyakit yang dapat menyerang tubuh Anda jika mengonsumsi gorengan terlalu banyak yaitu penyakit kanker. Biasanya penyakit ini akan muncul dalam jangka waktu yang lama, jadi kemungkinan besar tidak akan Anda rasakan sekarang.

7. Diabetes

Jangan remehkan kesehatan tubuh Anda dengan terlalu banyak makan makanan seperti gorengan. Dampak buruk dari mengonsumsi gorengan untuk kesehatan yaitu dapat menyebabkan penyakit gula seperti diabetes.

8. Sakit perut

Kebersihan gorengan yang Anda beli di jalan juga belum tentu terjaga. Jika gorengan yang Anda makan tidak higienis, maka kuman dan kotoran di dalamnya dapat membuat Anda mengalami gejala sakit perut.

9. Diare

Dampak buruk yang terjadi cukup parah pada sebagian orang yang terlalu sering mengonsumsi gorengan adalah terjangkit diare. Hal ini didapatkan dari tidak bersihnya gorengan yang Anda beli di sekitar jalan.

10. Mual dan muntah

Gorengan juga dapat perut Anda teras mual dan memicu rasa ingin muntah. Hal ini bisa berasal dari minyak yang digunakan untuk menggoreng atau bahan yang digunakan dalam adonan pembuatan gorengan yang dimasak.

Baca Juga: 21 Efek Buruk dari Terlalu Sering Mengonsumsi Mie Instan

Selain 10 dampak buruk diatas, ada beberapa efek dampak buruk dari mengonsumsi gorengan untuk kesehatan lainnya. Berikut ini 16 dampak buruk lainnya:

16 Dampak Buruk dari Mengonsumsi Gorengan untuk Kesehatan Lainnya

11. Alergi dan gatal
12. Kanker usus
14. Merusak pencernaan
15. Radang tenggorokan
16. Gejala pusing
17. Menghambat tumbuh kembang anak
18. Merusak sistem syaraf
19. Menimbulkan sesak nafa
20. Membuat keringan dingin
21. Gagal jantung
22. Gagal ginjal
23. Penyakit liver
24. Kerusakan pada organ pencernaan
25. Merusak sistem pencernaan
26. Menimbulkan penyakit pencernaan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang dampak buruk dari mengonsumsi gorengan untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top