Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Dampak Buruk Tidak Sarapan Pagi untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Dampak Buruk Tidak Sarapan Pagi untuk Kesehatan

Sarapan adalah ritual wajib yang mesti dilakukan manusia di pagi hari. Makan pagi alias sarapan sangat penting dilakukan karena sangat mempengaruhi proses jalannya kegiatan sehari-hari. Orang yang menyempatkan sarapan sebelum dirinya memulai aktivitas pastilah akan memiliki kualitas kegiatan yang baik. Dirinya akan enerjik dalam melakukan segala sesuatu.

Tidak sarapan akan sangat merugikan karena bisa membuat orang jadi malas bekerja. Aktivitas pun jadi melambat karena seseorang begitu malasnya bekerja. Rasanya lesu dan tidak enerjik melakukan apa-apa. Wah, ini tentu saja sangat bahaya sekali. Sebab, orang hidup itu butuh tenaga. Dan tenaga pada diri manusia bersumber dari makanan, salah satunya. Kalau tidak makan bagaimana mau hidup?

Di bawah ini kami sajikan tentang dampak buruk tidak sarapan pagi untuk kesehatan:

1. Kerusakan Lambung

Kerusakan lambung adalah salah satu dampak buruk tidak sarapan pagi. Apalagi untukmu yang memiliki penyait maag. Sarapan pagi sangatlah penting untuk para penderita maag. Hanya saja, ketika seseorang mengalami kerusakan lambung, maka ia mesti mengatur seberapa banyak harus sarapan pagi. Dan biasanya yang sakit maag, sarapannya sedikit saja asalkan sering.

2. Mengalami Maag Kronis

Orang yang tidak sarapan pagi juga akan terancam kena maag kronis. Apalagi ketika dirinya sudah jelas-jelas ada maag. Kok tidak sarapan pagi. Siap-siap saja kumat maagnya dalam berhari-hari. Sebaiknya untuk penderita maag, apapun alasannya haruslah selalu makan pagi.

3. Sistem Imun Terganggu

Tidak sarapan pagi juga akan menganggu sistem imun. Ketika kamu kebiasaan tiap hari tidak sarapan. Lama-lama imun akan rusak. Kamu mudah jatuh sakit dan kena infeksi. Ini tentunya akan membuatmu jadi repot sendiri. Seperti akan sering ijin cuti karena sakit terus.

Loading...

4. Sakit Kepala dan Migrain

Sakit kepala dan migrain akan terjadi ketika kamu tidak sarapan pagi. Orang yang terbiasa sarapan, ketika dirinya tidak sarapan ini akan sangat ngefek sekali terasanya. Maka dari itu, kamu harus senantiasa sarapan sebelum memulai aktivitasmu sehari-hari.

5. Letih dan Lesu

Rasa letih dan lesu juga akan membuatmu jadi tidak nyaman ketika beraktivitas. Letih dan lesu ini, disebabkan karena kamu tidak suka makan pagi. Kamu selalu melewatkan sarapan. Ada banyak alasan kenapa seseorang tidak sarapan, paling sering adalah karena sudah kesiangan. Jika begini, maka kamu harus mengubah kebiasaan bangun tidurmu. Bangunlah lebih awal supaya tidak telat lagi!

6. Tekanan Darah Menurun

Tekanan darah juga akan menurun jika kamu tidak sarapan pagi. Hipotensi ini bisa membuatmu pusing dan lemas seharian. Mual dan tidak bertenaga. Rasanya malas ngapa-ngapain. Bayangkan kalau ini dilakukan oleh orang harus bekerja tiap harinya? Tentu saja sangat mengganggu.

7. Penglihatan Jadi Blur

Penglihatan seseorang bisa blur jika dirinya tidak sarapan pagi. Ketika kamu penglihatanya blur, kamu akan kerepotan sendiri. Karena segala segala sesuatu yang kita kerjakan di dunia ini membutuhkan indera penglihatan yang baik.

8. Otot dan Tulang Melemah

Otot dan tulang juga akan melemah bila kamu tidak sarapan pagi. Kerusakan otot dan melemahnya otot bisa sangat fatal bila tidak segera ditangani. Kamu mestinya tidak membiarkan ini terjadi. Janganlah jadi orang yang bodoh dengan tetap melakukan sesuatu, padahal tahu sesuatu itu salah.

9. Terserang Rasa Kantuk

Serangan kantuk akan terjadi pada orang yang selalu tidak sarapan pagi. Dirinya akan lesu dan malas melakukan aktivitas. Kesadaran otak terus menurun dan selalu saja dilanda kantuk yang hebat. Ketika hal ini terjadi bisa sangat merugikan karena seharusnya seseorang mampu menjaga kesadarannya hingga malam hari, soalnya kan sibuk kerja.

10. Malas Bekerja

Ya, malas bekerja adalah konsekuensi paling krusial dari tidak sarapan pagi. Orang yang malas bekerja akan membuat dirinya jadi begitu malang nasibnya karena ibarat ketinggalan kereta. Disaat teman-temannya antusias bekerja, eh malah dirinya malas-malasan karena tubuh tidak berdaya. Untuk itu, mulai sekarang kamu mesti sarapan! Apapun yang terjadi!

Baca Juga: 15 Bahaya dan Dampak Sering Minum Minuman Kemasan untuk Kesehatan

5 Bahaya Tidak Sarapan Pagi untuk Kesehatan

11. Tidak Enerjik
12. Susah Konsentrasi
13. Kemampuan Berpikir Menurun
14. Badan Jadi Lemas
15. Pingsan

Begitulah berbagai dampak buruk yang akan terjadi kalau kita tidak sarapan. Ternyata sangat mengerikan ya! Makanya kamu harus rutin sarapan mulai sekarang!

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top