Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Dampak Buruk Tidur Setelah Subuh untuk Kesehatan

Uncategorized

20 Dampak Buruk Tidur Setelah Subuh untuk Kesehatan

Bagi seorang muslim, subuh adalah waktu yang sakral. Karena saatnya untuk menjalankan ibadah sholat subuh. Ketika jam di dinding menunjukkan pukul 3 hingga 4 dini hari, itulah yang disebut waktu subuh. Ada banyak keutamaan bila kita bangun saat subuh, misalnya tubuh jadi lebih bugar. Namun, ketika setelah subuh kita tidur lagi, ini justru berdampak buruk untuk kesehatan. Benar, ada dampak buruk tidur setelah subuh, pada artikel ini, kami akan menjelaskannya.

Tidur setelah subuh dapat menyebabkan aliran darah terganggu. Tekanan darah jadi tidak stabil dan sakit kepala akan datang mendera. Padahal, sebentar lagi pagi dan akan melakukan aktivitas. Bayangkan, bila ketika harus berangkat ke kantor atau sekolah, namun yang ada tubuh kita sakit? Tentu tidak enak, kan? Maka dari itu, janganlah tidur setelah subuh.

Dampak buruk tidur setelah subuh juga akan dirasakan pada mental dan pikiran kita. Bakal mudah terserang depresi dan kalut hati. Selain itu, konsentrasi juga mudah buyar. Maka dari itu, sebaiknya usai sholat subuh kita jangan tidur lagi. Tahan hingga saatnya berangkat aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Berikut di bawah ini adalah dampak buruk tidur setelah subuh yang perlu kita waspadai:

1. Menyebabkan Tekanan DarahTinggi

Tahukah kamu bahwa tekanan darah bisa naik karena tidur setelah subuh. Tekanan darah tinggi atau dikenal sebagai hipertensi tidak hanya menyerang orang tua saja. Kita yang masih remaja saja bisa terkena, Maka dari itu, hati-hatilah karena hipertensi itu dampaknya fatal untuk kesehatan.

2. Menimbulkan Tekanan Darah Rendah

Selain menyebabkan hipertensi, ternyata dampak buruk tidur setelah subuh juga adalah menimbulkan tekanan darah rendah. Ketika tubuh kita harusnya sudah bangun, malah ditidurkan lagi, tekanan darah jadi tidak stabil. Hipotensi pasti terjadi. Tekanan darah bisa-bisa hanya 90/60. Alhasil, kita pun jadi lemas dan pening sekali.

3. Memicu Sakit Kepala

Oleh karena tekanan darah tinggi atau rendah yang terjadi, maka sakit kepala tak terhindarkan. Dampak buruk tidur setelah subuh ini sungguh menyiksa. Apalagi untuk kamu yang selama ini sangat sibuk aktivitas. Makanya jangan lagi tidur setelah subuh ya!

Loading...

4. Membuat Kepala Jadi Migrain

Selain sakit kepala, terkadang tidur setelah subuh juga menyebabkan migrain. Maka dari itu, kita disarankan untuk tetap terjaga setelah subuh. Tahanlah rasa kantuk yang mungkin masih tersisa. Bisa dengan mandi atau olahraga jogging terlebih dulu. Tapi sebaiknya olahraganya jangan berlebihan, asal gerak saja. Karena kalau berlebihan justru menambah kantuk.

5. Mengalami Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan bisa saja terjadi sebagai dampak buruk tidur setelah subuh. Misalnya kita jadi masuk angin kemudian diare. Apalagi jika sebelum tidur kita makan dulu, ini amat bahaya untuk lambung dan esofagus.

6. Menyebabkan Asam Lambung Naik

Penyakit asam lambung atau yang kita kenal sebagai maag ternyata juga jadi salah satu dampak buruk tidur setelah subuh. Pagi hari setelah subuh adalah jam di mana kondisi tubuh kita masih sangat asam biasanya. Ketika kita bangun, asam mulai berkurang. Kemudian, kita tidur lagi maka asam akan naik lagi.

7. Membuat Gula Darah Naik

Inilah yang sudah jadi momok selama ini. Bahwa jika kita tidur lepas jam 4 pagi hingga 11 siang, ini akan menyebabkan gula darah naik. Alhasil kita terancam penyakit diabetes. Tentu kita tidak mau kan hanya karena tidur setelah subuh malah jadi gula darah naik.

8. Menimbulkan Gangguan Sistem Pernafasan

Jika kita tidak mau terganggu pernafasannya, ada baiknya untuk tidak tidur setelah subuh karena dampaknya sangat pengaruhi sistem pernafasan. Tubuh yang harusnya sudah bangun dan menghirup udara pagi, malahan tidur lagi. Jadinya paru-paru dan otak mendapatkan sedikit O2.

9. Munculnya Penyakit Jantung

Penyakit jantung seperti jantung koroner ternyata salah satunya disebabkan karena dampak buruk tidur setelah subuh. Cobalah perhatikan orang yang terkena serangan jantung. Pasti pola tidurnya buruk sekali. Habis subuh malah tidur! Ini bahaya!

10. Memicu Anemia

Anemia adalah kekurangan zat besi dan HB dalam tubuh yang menyebabkan tubuh jadi lemas. Dan kadang disertai pendarahan pula melalui hidung (mimisan). Jangan sampai kita terkena anemia hanya karena dampak buruk tidur setelah subuh. Anemia itu menyakitkan! Jangan disepelekan penyakit ini ya!

Baca Juga:  20 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Seperti itulah 10 dampak buruk tidur setelah subuh. Memang mengerikan sekali dampaknya. Apalagi jika melihat dampak lainnya di bawah ini:

10 Dampak Buruk Tidur Setelah Subuh untuk Kesehatan yang Lainnya:

11. Kanker Otak
12. Dehidrasi
13. Hipersomnia
14. Stress
15. Depresi
16. Mood Swing
17. Nyeri Tulang
18. Gangguan Metabolisme Tubuh
19. Sakit Paru-Paru
20. Psikosomatis

Sekian artikel ini kami paparkan. Terima kasih atas perhatiannya! Semoga setelah membaca artikel ini, kita bebas dari penyakit akibat tertidur setelah subuh.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top