Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Dampak Sering Minum Obat Gatal untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Dampak Sering Minum Obat Gatal untuk Kesehatan

Tahukah kamu apa dampak dari sering minum obat gatal? Ternyata dampaknya bukan main
mengerikan. Salah satunya adalah akan menimbulkan ketergantungan. Orang yang selalu bergantung pada obat-obatan akan bisa meregang nyawa karena overdosis. Termasuk obat gatal ini juga jangan diremehkan. Jangan pernah membeli sembarangan dan meminumnya tanpa resep dokter!

Di bawah ini terlah kamu susun berbagai dampak dari sering minum obat gatal untuk kesehatan. Silahkan disimak dengan saksama dan jangan lupa share kepada teman ya:

1. Mengalami Sakit Kepala

Dampak sering minum obat gatal sebagaimana dampak minum obat sakit kepala. Sama-sama merupakan sebuah obat dari golongan NSAID yang justru ketika diminum dalam dosis besar dan jangka panjang beresiko memperparah penyakit. Ketika kita ingin mengobati gatal, biasanya yang kita minum adalah obat-obatan steroid atau kortikosteroid, ini kalau diminum lama bisa membuat kita jadi sakit kepala.

2. Melemahnya Otot

Sering minum obat gatal juga akan membuat otot jadi melemah. Orang yang akan minum obat gatal sebaiknya konsultasi dulu ke dokter supaya tidak salah langkah. Obat gatal itu tidak sembarangan loh! Dan harus dicari tahu dulu sebabnya apa. Apakah gatal disebabkan karena infeksi bakteri, virus, atau malah organisme seperti binatang tertentu.

3. Nyeri Jantung dan Serangan Jantung

Sering minum obat gatal akan membuatmu jadi nyeri jantung dan kena serangan jantung. Makanya kalau kamu punya penyakit jantung, tidak usah minum obat sembarangan. Kalau kena gatal-gatal mestinya langsung saja ke dokter, bukannya malah beli obat di apotek yang tidak jelas obat apa itu.

4. Tubuh Jadi Membengkak

Pembengkakan akibat minum obat golongan NSAID kerap terjadi. Misalnya ketika kita gatal minum obat Dexamethasone yang merupakan salah satu anti inflamasi (obat gatal edema) golongan NSAID juga. Biasanya jika Dexamethasone diminum dalam jangka lama, maka tubuh peminumnya akan bengkak. Ini karena kemampuan obat-obatan steroid ini dalam menahan cairan di bawah permukaan kulit.

Loading...

5. Kerusakan Indera Peraba di Kulit

Senstitivitas kulit jelaslah bakal meningkat kalau kita minum obat gatal. Namun lama-lama justru sensitivitas ini jadi bahaya karena akan menyebabkan kita jadi mengalami kerusakan indera peraba. Kulit berasa mati rasa dan kebas.

6. Melepuhnya Kulit

Sering minum obat sakit kepala juga akan membuat kulit kita jadi melepuh. Makanya kalau kamu tidak mau kena gangguan kulit aneh-aneh, sebaiknya langsung saja ke dokter spesialis kulit. Biar bisa dianalisis penyebab gatal-gatal pada kulitmu itu apa. Nantinya kan jadi bisa diresepkan pengobatan yang tepat.

7. Mengalami Edema Kulit yang Lebih Parah

Edema kulit yang parah dapat disebabkan karena tubuh kelebihan obat gatal. Niat hati ingin mengobati edema, yang ada malah edema jadi makin parah. Sebaiknya kamu perhatikan dan camkan baik-baik peringatan ini! Jangan main-main dengan obat gatal.

8. Sensitivitas Kulit Meningkat

Ya, seperti sudah disebutkan di atas bahwa sensitivitas kulit akan meningkat ketika kita sering minum obat gatal. Makanya kalau kamu tidak mau kena gangguan kulit aneh-aneh. Langsung saja berobat ke spesialis. Mereka lebih paham tentang penyakit yang kita derita dan dapat memberikan resep pengobatan yang aman dan tepat.

9. Lama-Lama Kulit Bisa Kehilangan Sensitivitas

Kulit akan kehilangan sensitivitas bila kita sering minum obat gatal. Karena memang efek inilah yang ingin dicapai dari obat gatal. Bahwa efek sampingnya yang membuat kulit jadi kehilangan sensitivitas ini akan membuat tubuh penderita gatal jadi tidak mampu merasakan gatal lagi. Makanya. Penyakit gatal ini harus benar-benar dicari tahu sebabnya apa. Karena obat gatal yang diminum bisa-bisa tidak akan mempan mengobati gatal karena bakter I, jamur, virus, atau organisme seperti kutu scabies itu tidak akan mati dengan obat yang diminum.

10. Mengalami Kegemukan

Bahaya sering minum obat gatal juga akan menimbulkan kegemukan. Ini karena tubuh biasanya memiliki gangguan dalam sekresi air. Keseimbangan cairan dalam tubuh terganggu, sebab cairan banyak terperangkap di bawah lapisan kulit karena pengaruh steroid.

Baca Juga: 15 Dampak Sering Minum Obat Sakit Kepala

5 Dampak Sering Minum Obat Gatal untuk Kesehatan yang Lainnya:

11. Lemahnya Otot Jantung
12. Pembuluh Darah Arteri Pecah
13. Terperangkapnya Cairan di Bawah Permukaan Kulit
14. Wajah Jadi Jerawatan
15. Moonface

Begitulah penjelasan tentang berbagai dampak minum obat gatal untuk kesehatan. Jangan anggap remeh berbagai dampak di atas karena mengerikan sekali!

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top