Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Duduk Terlalu Lama

Uncategorized

15 Bahaya Duduk Terlalu Lama

Bekerja kantoran,  belajar di sekolah,  kuliah,  dan rapat biasanya membuat kita menjadi duduk dalam waktu yang lama. Duduk dalam posisi yang sama selama berjam-jam sangat tidak dianjurkan,  karena tidak baik untuk kesehatan selain memang membuat kita jenuh. Saat kita sedang bekerja atau belajar, sebaiknya selingi dengan berdiri atau pindah posisi duduk. Jangan duduk tanpa bergerak sama sekali.

Kita biasanya duduk terlalu lama tanpa bergerak karena kita terlalu fokus dengan pekerjaan yang kita lakukan. Duduk terlalu lama membuat kita menjadi tidak nyaman,  apalagi jika tempat duduknya keras tidak ada bantalnya. Ternyata dari sisi medis duduk terlalu lama juga berbahaya. Berikut ini adalah bahaya duduk terlalu lama untuk kesehatan:

1. Menyebabkan Kesemutan

Bahaya duduk terlalu lama bisa menyebabkan kita mengalami kesemutan. Sebenarnya kesemutan adalah gangguan dari peredaran darah yang tidak lancar. Ketika kita duduk lama, biasanya kan kaki tertekuk. Nah, darah akan tertahan pada tekukan kaki itu, alhasil kaku mudah mengalami kesemutan. Nyeri pada kaki juga bakalan sering terjadi karena kaki kita sudah seperti kronis gangguan darahnya.

2. Sakit di Perut Bagian Bawah

Sakit perut di bagian bawah juga menjadi bahaya duduk terlalu lama. Rasa sakit pada bagian bawah perut akan menyebabkan kita jadi susah jalan. Mau berdiri saja susah.

Rasa melilitnya tak kalah dari kena penyakit maag. Hati-hati bila nyeri perut bawahnya ini dibiarkan tanpa ada penanganan. Bisa-bisa kamu malah kena gangguan yang lainnya, seperti hernia misalnya. Sakit perut pada bagian bawah akibat duduk lama ini hanya bisa ditangani dengan perubahan gaya hidup. Jangan lagi duduk lama-lama! Dan banyaklah gerak!

3. Nyeri Punggung

Sama dengan nyeri perut bawah. Tenryata bahaya duduk terlalu lama juga akan menimbulkan nyeri pada punggung. Apalagi jika kita duduknya dalam kondisi membungkuk menghadap ke meja tanpa sandaran kursi misalnya. Wah, nyeri punggungnya bisa bikin kamu jadi susah tidur dan jalan. Rasa encoknya ini benar-benar kebangetan.

Loading...

4. Tulang Ekor Sakit

Tulang ekor kita akan sakit bilamana duduk terlalu lama. Keberadaan tulang ekor ini di pangkal bawah tulang belakang. Dan letaknya berhimpitan dekat dengan tulang kemaluan dan anus. Inilah yang membuat gangguan tulang ekor akan menyebar hingga ke pantat dan alat kemaluan. Seringkali nyerinya jadi tak tertahankan!

5. Sakit Pinggang

Sudahlah pasti sakit pinggang bakalan terjadi bilamana kita duduk terlalu lama. Sakit pada pinggang ini merupakan gejala yang dialami oleh orang yang sehari-harinya banyak duduk. Bilamana kamu enggan terkena sakit pinggang macam ini, kamu mesti menghindari duduk terlalu lama.

6. Kaki Terasa Pegal

Kaki kita akan terasa pegal bilamana kita duduk terlalu lama. Tahukah kamu bahwa duduk lama itu benar-benar akan membuat nyeri pada kaki. Ingatlah bahwa nyeri kaki ini benar-benar akan sangat menganggu aktivitasmu sehari-hari. Untuk itu, kamu mesti mengatasi segera kebiasaan duduk terlalu lama. Cobalah sesekali bergerak saat kamu duduk.

7. Memicu Naiknya Asam Lambung

Ternyata duduk terlalu lama bisa membuat kita mengalami kenaikan asam lambung. Tahukah kamu bahwa asam lambung yang naik itu akan sangat mengerikan sekali buat kesehatan! Karena akan membuat perut kita sakit sekali. Dan nafsu makan menurun. Makan sedikit saja bisa bikin perut sakit. Begitu pun makan banyak! Semua serba salah kalau kita punya penyakit ini, porsi makan seperti tidak ada yang cocok.

8. Pundak Nyeri

Nyeri pada pundak bisa disebabkan karena kita duduk terlalu lama. Tahukah kamu bahwa jika pundak kita nyeri, maka kita akan mengalami kesusahan dalam melakukan aktivitas. Bahkan nyeri pundak terkadang juga menyebabkan sesak nafas karena dekat dengan paru-paru.

9. Badan Berasa Kaku

Kita akan memiliki badan yang kaku jika duduk terlalu lama. Rasa kaku pada badan membuat kita malah jadi semakin malas bergerak.

10. Mual dan Muntah

Mual dan muntah yang dirasakan sebagai akibat dari duduk terlalu lama, sangat erat kaitannya dengan kenaikan asam lambung.

Baca Juga: 15 Manfaat Sering Memijat Kaki untuk Kesehatan

5 Bahaya Duduk Terlalu Lama yang Lainnya:

11. Jalan Sempoyongan
12. Gangguan Pankreas
13. Kelenjar Adrenal Terganggu
14. Nyeri Perut
15. Memicu Gangguan Tulang Belakang

Demikian adalah beberapa bahaya yang akan timbul jika kita duduk terlalu lama untuk kesehatan. Jadi sebaiknya kita hindari untuk duduk terlalu lama dalam posisi yang tetap. Ini harus dilakukan jika kita tidak mau kesehatan kita terganggu.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top