Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

11 Efek Buruk Ampas Kopi untuk Tubuh dan Kesehatan

Uncategorized

11 Efek Buruk Ampas Kopi untuk Tubuh dan Kesehatan

Kopi merupakan minuman khas yang hampir disukai oleh masyarakat Indonesia. banyak jenis kopi yang terdapat di Indonesia, diantaranya arabika dan robusta. Meminum kopi sendiri mengakibatkan ketagihan, karena kandungan senyawa kafein, ethyphenol, quinic acid yang dapat membuat tubuh menjadi lebih semangat dalam beraktivitas. Namun kebiasaan masyarakat meminum kopi bersama ampasnya dapat menimbulkan efek berbahaya bagi kondisi kesehatan.

11 Efek Buruk Ampas Kopi untuk Tubuh dan Kesehatan

Bahaya yang dapat ditimbulkan mengkonsumsi kopi dengan ampasnya sebagai berikut :

1. Penyakit jantung

Minum ampas kopi secara berlebihan mengakibatkan penyakit jantung. Kandungan zat triglycerid pada ampas kopi dapat menyebabkan gangguan serius pada jaringan jantung. Kondisi demikian bila dibiarkan secara berlarut-larut dapat mengakibatkan serangan jantung dan gagal jantung.

2. Gangguan tulang

Gangguan tulang bisa terjadi pada mereka yang sering mengkonsumsi ampas kopi. Hal ini dikarenakan kandungan dalam ampas kopi yang masuk tubuh mengganggu dalam proses penyerapan kalsium, magnesium dan protein yang di butuhkan tulang. Sehingga tulang tidak mendapatkan nutrisi dari kalsium yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan.

3. Memicu stres

Ampas kopi dapat memicu terjadinya stres karena kandungan kafein yang berlebiahan. Ampas kopi yang mengendap pada jaringan kelenjar adrenalin dapat memicu zat-zat yang dapat menimbulkan perasaan gelisah dan stres. Sehingga orang tersebut tidak mampu mengendalikan sikapnya.

4. Merusak dinding lambung

Meminum kopi dalam keadaan perut kosong dapat mengiritasi lambung. Kondisi pH keasaman lambung yang tinggi, disertai zat kafein menimbulkan sakit pada lambung. Kondisi demikian bila terjadi secara terus-menerus dapat mengakibatkan kerusakan pada lambung.

Loading...

5. Menyebabkan diare

Meminum kopi beserta ampasnya secara banyak dan berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan badan. Ampas pada kopi yang berlebih dapat menyebabkan seseoarang rentan terserang resiko diare. Ampas kopi mengandung zat tertentu yang dapat menimbulkan tekanan dan dorongan pada fases terlalu cepat di keluarkan. Sehingga fases keluar dari tubuh tanpa menalami proses pengerasan.

6. Menyebabkan janin rusak

Sanat berbahaya bagi ibu yang sedang hamil mengkonsumsi kopi dengan ampasnya. Kandungan kafein yang tinggi pada ampas kopi, dapat mengganggu proses pembentukan syaraf pada janin. Apabila kondisi ini berlangsung terus menerus dapat mengaibatkan janin menjadi rusak, bahkan resiko keguguran.

7. Mengganggu kesuburan pria dan wanita

Amapas kopi itu bersifat panas dan tajam, sehingga tidak baik bila dikonsumsi secara berlebihan. Kelebihan dalam mengkonsumsi kopi beserta ampasnya dapat mengganggu kesuburan pria dan wanita. Sehingga mereka akan sulit untuk mendapatkan keturunan. Apabila Anda ingin mendapat keturunan dengan cepat, hindari minuman kopi dengan menggantinya dengan jus buah dan susu yang kaya nutrisi.

8. Rentan terserang insomnia

Kebiasaan meminum kopi beserta ampasnya dapat mengakibatkan rentan terserang insomnia. Hal ini karena kandungan kafein pada ampas kopi lebih tinggi dari pada air kopi itu sendiri. Kondisi ini apabila dibiarakan secara terus menerus dapat mengakibatkan kesuliitan tidur dan kondisi imunitas tubuh menjadi menurun sehingga tubuh mudah terserang virus.

9. Kerusakan ginjal

Meminum kopi secara berlebihan dapat mengganggu kinerja ginjal. Zat-zat kafein yang masuk dalam tubuh secara berlebihan tidak dapat diuraikan oleh ginjal. Sehingga sisa-sisa dari zat ampas kopi yang tidak dapat diuraikan akan mengkristal. Kondisi seperti ini akan mengakibatkan kerusakan ginjal.

10. Terserang sembelit

Minum kopi beserta ampasnya secara berlebihan dapat menyebabkan perut menjadi mudah sembelit. Ampas kopi sendiri mengganggu tubuh dalam penyerapan cairan di saluran pembuangan dan tidak melumasi cairan fases yang akan keluar. Selain itu kandungan kafein pada ampas kopi, membantu mebangkitkan dorongan lebih cepat. Sehingga fases yang keluar tidak mengalami proses pengerasan. Kondisi seperti ini lama-kelamaan akan menyebabkan diare.

11. Menyebabkan darah tinggi

Meminum kopi dengan ampasnya dapat menyebabkan darah tinggi. Kandungan kafein yang tinggi pada ampas kopi yang masuk dalam tubuh mempengaruhi kinerja jantung. Jantung harus bekerja lebih keras karena terjadinya penyumbatan dan pembengakan pada saluran pembuluh darah.

Akibat dari kenerja jantung yang ekstra dalam memopa darah, menyebabkan aliran darah dari jantung menuju otak menjadi banyak. Kondisi sepertini bisa menyebakan darah tinggi apabila jumlah darah tidak seimbang dengan oksigen.

Baca Juga: 10 Bahaya Air Isi Ulang untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Kebiasaan minum kopi sebaiknya dilakukan dengan proses penyaringan. Karena bahaya ampas kopi yang masuk ketubuH, secara bertahap menyebabkan efek yang tidak baik bagi kesehatan.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top