Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

18 Efek Buruk Antibiotik untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

18 Efek Buruk Antibiotik untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa efek buruk antibiotik untuk kesehatan tubuh belum diketahui banyak orang karena selama ini antibiotik dianggap sebagai salah satu obat yang manjur. Antibiotik merupakan salah satu jenis obat yang dikonsumsi untuk mengatasi berbagai jenis bakteri penyakit. Obat ini tergolong murah dan mudah untuk didapatkan. Antibiotik sangat mempengaruhi perkembangbiakkan bakteri sehingga tidak menyebar ke seluruh tubuh.

Sayangnya, penggunaan antibiotik sebagai obat masih disalahgunakan. Tidak semua sakit yang Anda derita harus mengonsumsi antibiotik terus menerus. Ada jenis penyakit yang hanya perlu disembuhkan dengan menjaga pola makan sehat dan minum minuman yang menyehatkan. Selama ini banyak orang yang terus mengonsumsi antibiotic. Akibatnya, tubuh mereka justru menjadi kebal atau terjadi resistensi obat itu sendiri.

18 Efek Buruk Antibiotik untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan efek buruk antibiotik untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Infeksi organ intim

Konsumsi antibiotik terlalu banyak akan mengganggu kesehatan organ intim. Para wanita sebaiknya hati-hati dengan hal ini karena organ intim wanita paling rentan mengalami banyak penyakit akibat adanya bakteri.

2. Gangguan pencernaan

Pencernaan Anda juga akan tergganggu dengan adanya kandungan antibiotik di dalam tubuh yang terlalu banyak. Gangguan tersebut mulai dari sakit perut sampai dengan diare dan juga sembelit yang menyerang usus.

3. Alergi

Antibiotik yang dikonsumsi dengan berlebihan juga dapat memicu adanya alergi di tubuh Anda. Beberapa gejala alergi seperti kulit merah dan gatal akan menyerang tubuh Anda karena reaksi tubuh yang tidak menerima kelebihan senyawa tertentu.

Loading...

4. Gangguan fungsi jantung

Efek jangka panjang dari konsumsi antibiotik yang terlalu banyak dapat mengganggu kesehatan jantung Anda. Fungsi jantung Anda akan menurun dan aliran darah yang menyebar ke seluruh tubuh pun tidak akan lancar.

5. Sakit kepala

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi antibiotik, Anda akan diserang rasa sakit kepala yang menyakitkan. Kandungan obat ini dapat mempengaruhi kesehatan syaraf di otak sehingga membuat kepala Anda terasa sakit.

6. Kurangnya nafsu makan

Nafsu makan yang berkurang bisa diakibatkan oleh konsumsi antibiotik yang terlalu banyak. Jika hal ini terus terjadi, maka tubuh Anda akan lemas dan kekurangan gizi. Efek jangka panjangnya, Anda bisa terkena penyakit kurang gizi.

7. Menurunkan sistem imun tubuh

Antibiotik sendiri merupakan senjata untuk mengurangi pertumbuhan bakteri. Konsumsi yang terlalu banyak akan membuat imun yang sudah ada di dalam tubuh Anda menjadi terganggu. Sistem imun tubuh akan melemah.

8. Penyakit kuning

Penyakit kuning adalah jenis penyakit hati yang sering dialami karena adanya gangguan kesehatan pada hati. Konsumsi antibiotik yang terlalu banyak akan memicu penyakit kuning pada organ hati di tubuh Anda.

9. Gangguan ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang juga akan terkena dampak dari konsumsi antibiotik yang terlalu berlebihan. Ginjal Anda akan mengalami banyak gangguan kesehatan, mulai dari gagal ginjal sampai dengan penyakit batu ginjal.

10. Gangguan syaraf

Beberapa jenis obat termasuk antibiotik sangat memberikan dampak yang besar pada syaraf di tubuh. Penggunaan antibitotik yang salah akan membuat syaraf di tubuh Anda menjadi terganggu dengan munculnya penyakit syaraf.

Baca Juga: 15 Bahaya Obat Penenang untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 efek buruk diatas, ada beberapa efek buruk antibiotik untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 8 efek buruk lainnya:

8 Efek Buruk Antibiotik untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Efek resistensi obat
12. Gangguan fungsi hati
13. Menurunkan produksi sel darah putih
14. Gangguan otak
15. Penyakit Jantung
16. Koma
17. Iritasi usus besar
18. Kematian

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk antibiotik untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top