Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

40 Efek Buruk Ganja untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

40 Efek Buruk Ganja untuk Kesehatan Tubuh

Adanya efek buruk ganja untuk kesehatan tubuh Anda membuat barang satu ini memang pantas dijadikan barang terlarang. Ganja merupakan salah satu jenis narkoba yang berasal dari pohon ganja. Bagian dari pohon ini yang diolah untuk digunakan yaitu bagian daunnya yang mirip seperti daun singkong. Ganja memang bisa digunakan sebagai salah satu jenis bahan dalam membuat obat, namun penggunaannya lebih banyak disalahgunakan.

Beberapa negara sudah melegalkan ganja dengan aturan tertentu dan juga memperbolehkannya dunia medis untuk menggunakannya sebagai obat. Indonesia sendiri masih melawan peredaran dan penggunaan ganja karena sudah banyak menimbulkan efek samping bahkan kematian. Narkoba yang satu ini mempunyai efek buruk yang tidak hanya akan mengganggu kesehatan fisik, namun juga kesehatan psikologis Anda.

40 Efek Buruk Ganja untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan efek buruk ganja untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Halusinasi

Pengguna ganja dapat mengalami banyak halusinasi yang tidak jelas. Hal ini akan membuat pikirannya kacau dan tidak dapat menggunakan akalnya dengan baik. Gejala ini termasuk ke dalam gejala gangguan psikologis.

2. Depresi

Konsumsi ganja juga dapat membuat Anda banyak mengalami depresi yang berat. Kandungan senyawa dalam ganja akan mempengaruhi kesehatan jiwa sehingga bisa menimbulkan stress serta depresi berat.

3. Kecemasan

Sama seperti konsumsi narkoba lainnya, ganja juga dapat membuat penggunanya selalu merasa cemas. Kecemasan ini terkadang tidak beralasan dan cenderung muncul karena banyak halusinasi yang dipikirkan.

Loading...

4. Kecanduan

Sekali Anda mengonsumsi ganja, Anda akan terus mengonsumsinya. Gejala ini disebut dengan kecanduan. Kecanduan narkotika tidaklah baik karena dapat memicu efek buruk jangka panjang jika dikonsumsi terus menerus.

5. Penurunan daya pikir

Daya pikir Anda juga akan menurun. Pengguna ganja biasanya tidak akan bsa berpikir dengan jernih serta daya kosentrasinya cenderung menurun. Jadi jika ada yang mengatakan jika mengonsumsi ganja dapat menjernihkan pikiran adalah hal yang salah.

6. Menurunnya kesadaran

Kesadaran pengguna ganja akan menurun jika ia tetap mengonsumsi ganja terus-menerus. Narkoba yang satu ini menyerang syaraf pusat yang bisa membuat kesadaran Anda tidak normal seperti orang lain pada umumnya.

7. Mood tidak stabil

Kondisi mood pengguna ganja akan menjadi tidak stabil. Emosinya akan cenderung naik turun, mudah marah dan lebih mudah tersinggung. Hal ini akan memicu efek depresi dalam jangka waktu yang cukup lama.

8. Gejala asma

Konsumsi ganja juga dapat membuat Anda mengalami gejala asma seperti sesak nafas. Kandungan senyawa yang ada dalam ganja mempengaruhi kesehatan pernapasan Anda dna menyulitkan Anda untuk bernapas.

9. Gangguan kesehatan paru-paru

Kesehatan paru-paru Anda juga akan ikut terganggu dengan adanya kandungan senyawa ganja yang masuk ke dalam tubuh. Paru-paru akan menjadi tidak berfungsi dan tidak bisa bekerja dengan baik dalam menyerap oksigen.

10. Batuk

Banyak pengguna ganja mengalami batuk hebat akibat konsumsi ganja. Hal ini karena ganja mengandung beberapa senyawa yang dapat mengganggu kesehatan saluran pernapasan, termasuk tenggorokan Anda.

Baca Juga: 3 Jenis Obat Analgesik dengan Fungsi dan Efek Sampingnya

Selain 10 efek buruk diatas, ada beberapa efek buruk ganja untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 30 efek buruk lainnya:

30 Efek Buruk Ganja untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Nafas pendek
12. Kanker paru-paru
13. Radang paru-paru
14. Kanker rahim
15. Kanker serviks
16. Kanker prostat
17. Kanker ovarium
18. Siklus menstruasi tidak teratur
19. Impotensi
20. Gangguan kehamilan
21. Radang usus,
22. Radang lambung,
23. Rusaknya hati dan ginjal
24. Gagal ginjal
25. Penyakit batu ginjal
26. Hepatitis
27. Kanker lambung
28. Kanker hati
29. Kanker otak
30. Kanker kulit
31. Kanker kelenjar getah bening
32. Serangan jantung
33. Jantung berdegup kencang
34. Semangat berlebihan
35. Mata merah
36. Imun tubuh menurun
37. Mudah tersinggung
38. Tekanan darah naik turun
39. Kerusakan otak
40. Pikun

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk ganja untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top