Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Efek Buruk Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

15 Efek Buruk Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Adanya efek buruk jeruk nipis untuk kesehatan tubuh membuat Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsi jenis jeruk yang satu ini. Jeruk nipis bukanlah jeruk yang bisa Anda konsumsi langsung karena rasanya yang kecut cenderung pahit. Ukuran buah jeruk yang satu ini lebih kecil seperti bola pimpong dengan warna hijau kekuningan. Jeruk nipis banyak digunakan dalam berbagai jenis masakan, terutama dalam memberikan kesegaran dan menghilangkan bau amis.

Banyak perawatan kecantikan yang juga menyarankan Anda untuk menggunakan jeruk nipis. Tips diet dan mengatasi kegemukan pun juga sering mengandalkan jeruk nipis. Namun tahukah Anda jika jeruk nipis juga dapat memberikan efek yang buruk untuk kesehatan tubuh? Terutama jika Anda terlalu sering menggunakan jeruk ini dalam jumlah yang terlalu banyak. Kesehatan tubuh Anda dapat terganggu dengan berbagai gejalanya.

15 Efek Buruk Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk jeruk nipis untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Sakit perut

Jeruk nipis memiliki rasa kecut yang cukup kuat. Rasa kecut ini bukan merupakan rasa yang bersahabat bagi pencernaan Anda, terutama lambung dan usus. Maka tak heran jika Anda akan mengalami sakit perut setelah mengonsumsinya.

2. Naiknya asam lambung

Kandungan dalam jeruk nipis dengan rasa kecutnya akan langsung membuat lambung Anda memiliki asam lambung dengan kenaikan yang cukup tinggi. Hal ini akan membuat perut Anda sakit dan memicu penyakit maag.

3. Gangguan pencernaan

Berbagai jenis gangguan pencernaan bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi jeruk nipis terlalu banyak. Mulai dari maag, perut yang terasa perih, dan gejala penyakit lainnya. Segeralah konsumsi air putih setelah mengalami semua gejala tersebut.

Loading...

4. Kerusakan pada gigi

Rasa kecut pada jeruk nipis yang kuat serta tajam dapat merusak gigi dengan mengikis lapisan permukaan gigi. Itulah mengapa banyak orang yang akan mengalami gejala ngilu dan sakit pada bagian giginya.

5. Bau mulut

Kandungan senyawa yang ada dalam jeruk nipis dapat membuat mulut Anda mengidap bau yang tidak sedap. Hal ini disebabkan oleh bercampurnya senyawa jeruk nipis dengan asam atau enzim yang ada di dalam mulut Anda.

6. Keluar banyak air liur

Air liur yang keluar cukup banyak dari dalam mulut setelah mengonsumsi jeruk nipis disebabkan oleh adanya reaksi tubuh Anda terhadap senyawa jeruk nipis yang dikonsumsi berlebihan. Hal ini biasanya juga diakibatkan oleh gejala maag.

7. Sakit gigi

Jangan heran jika Anda akan merasakan sakit gigi serta rasa ngilu yang berlebihan setelah mengonsumsi jeruk nipis. Rasa jeruk nipis yang kuat sangat mempengaruhi syaraf yang ada dalam gigi Anda.

8. Perut melilit

Jenis rasa sakit yang akan Anda rasakan dari konsumsi jeruk nipis yang berlebihan salah satunya adalah rasa melilit pada perut. Rasa sakit ini cukup mengganggu bahkan bisa membuat Anda mengalami gangguan kesehatan pada pencernaan.

9. Batu ginjal

Siapa sangka jika jeruk nipis juga dapat memicu terbentuknya penyakit batu ginjal di dalam tubuh Anda. Penyakit yang satu ini muncul karena kandungan vitamin C berlebihan yang disebabkan oleh konsumsi jeruk nipis terlalu banyak.

10. Kelebihan vitamin C

Kelebihan vitamin C pada tubuh dengan konsumsi jeruk nipis yang terlalu banyak tidak hanya akan mengganggu kesehatan ginjal Anda, namun juga memberikan dampak buruk lainnya. Bahkan bisa menyebakan kerusakan sistem pada tubuh.

Baca Juga: 17 Cara Mengatasi Keracunan Makanan pada Tubuh

Selain 10 efek buruk diatas, ada beberapa efek buruk jeruk nipis untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 5 efek buruk lainnya:

5 Efek Buruk Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Sering buang air kecil
12. Sakit kepala
13. Migrain
14. Iritasi kulit
15. Mengganggu penyerapan gula dalam tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk jeruk nipis untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top