Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

22 Efek Buruk Kafein untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

22 Efek Buruk Kafein untuk Kesehatan Tubuh

Kebiasaan mengonsumsi kafein tidak diimbangi dengan pengetahuan tentang efek buruk kafein untuk kesehatan tubuh. Jika banyak orang mengetahui efek buruknya, mungkin mereka akan berpikir dua kali untuk mengonsumsi makanan dan juga minuman yang mengandung kafein. Kafein merupakan jenis senyawa yang akan banyak Anda temukan pada kopi dan teh. Konsumsi kafein memang diperbolehkan namun dalam kadar yang wajar saja.

Kafein sangat mempengaruhi sistem syaraf pusat di tubuh Anda. Konsumsi kafein yang cukup banyak dapat menghilangkan rasa kantuk. Itulah mengapa banyak orang yang mengonsumsi kopi untuk mencegah ngantuk ketika bekerja. Konsumsi kafein memang bisa membantu tubuh Anda agar lebih segar, namun jika konsumsi senyawa ini terlalu banyak masuk ke dalam tubuh maka Anda akan mengalami banyak efek samping yang mengganggu kesehatan.

22 Efek Buruk Kafein untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan efek buruk kafein untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Sakit kepala

Konsumsi minuman berkafein yang terlalu banyak dapat menyebabkan Anda merasakan sakit kepala yang menyakitkan. Sakit kepala ini bisa berupa migrain atau sakit kepala seluruhnya yang dapat menyerang beberapa bagian di sekitar kepala.

2. Cemas

Kandungan kafein yang masuk ke dalam tubuh juga akan membuat Anda merasa cemas berlebihan.
Cemas, was-was, serta khawatir yang berkepanjangan akan membuat Anda tidak tenang dan berdampak pada psikis.

3. Gangguan tidur

Kafein bisa membuat tubuh Anda tidak mudah mengantuk. Hal ini jika terjadi terus menerus akan mengganggu aktivitas tidur Anda. Anda akan menjadi terbiasa untuk tidak tidur dalam waktu jangka tertentu.

Loading...

4. Kecanduan

Konsumsi kafein hampir sama dengan mengonsumsi alkohol, dapat membuat Anda menjadi kecanduan. Maka tak heran jika Anda akan merasa ada yang kurang ketika tidak mengonsumsi minuman berkafein dalam sehari.

5. Overdosis

Terlalu banyak mengonsumsi kafein akan membuat tubuh Anda mengalami overdosis. Kondisi ini akan memicu banyak penyakit di dalam tubuh karena kelebihan senyawa tertentu dapat merusak organ dalam tubuh Anda.

6. Gangguan pencernaan

Kandungan kafein yang banyak masuk ke dalam tubuh Anda juga akan membuat pencernaan Anda menjadi terganggu. Hal ini dapat memicu penyakit pencernaan seperti sembelit, diare, bahkan radang pada organ pencernaan.

7. Haus berlebihan

Kafein juga bisa membuat Anda terus menerus merasa haus. Rasa haus ini dipicu oleh senyawa dalam kafein yang membuat Anda merasa kekurangan cairan. Anda akan terus menerus mengonsumsi jenis minuman berkafein yang sama.

8. Tekanan darah tidak stabil

Gangguan kesehatan yang akan muncul jika Anda mengonsumsi banyak kafein yaitu tekanan darah Anda menjadi tidak stabil. Anda bisa terjangkit tekanan darah tinggi maupun rendah dalam waktu yang cukup dekat.

9. Osteoporosis

Penyakit tulang seperti osteoporosis ternyata juga bisa disebabkan oleh konsumsi teh maupun kopi yang mengandung banyak kafein. Sebaiknya Anda menghentikan konsumsi kafein berlebih jika sudah terlebih dahulu memiliki penyakit tulang.

10. Gangguan kesehatan ibu hamil

Ibu hami tidak bisa mengonsumsi minuman dan makanan dengan kandungan kafein yang banyak. Selain membahayakan kesehatan, kafein juga dapat mengganggu kesehatan janin dengan gejala penyakit tertentu.

Baca Juga: 26 Bahaya Konsumsi Alkohol untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa efek buruk kafein untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 12 bahaya lainnya:

12 Efek Buruk Kafein untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Keguguran
12. Sulit hamil
13. Encok
14. Sering buang air kecil
15. Menopause datang terlalu cepat
16. Penyakit jantung
17. Kolesterol jahat
18. Pusing
19. Rematik
20. Stroke
21. Gangguan kesehatan otak
22. Merusak pembuluh darah

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk kafein untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top