Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Efek Buruk Konsumsi Makanan Pedas untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Efek Buruk Konsumsi Makanan Pedas untuk Kesehatan

Munculnya efek buruk konsumsi makanan pedas untuk kesehatan tubuh Anda tentu saja disebabkan oleh rasa pedas yang kuat. Makanan pedas bukanlah makanan yang tidak memiliki penggemar. Jenis makanan dengan rasa pedas yang panas menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Rasa pedasnya tidak hanya berasal dari cabai saja, namun juga perasa pedas lainnya seperti bawang dan juga lada. Konsumsi makanan pedas tidak boleh terlalu banyak.

Jika Anda hampir setiap hari mengonsumsi makanan yang pedas, maka sudah bisa dipastikan tubuh Anda akan mengalami banyak gangguan kesehatan. Tubuh Anda terutama pencernaan tidak didesain untuk menerima makanan dengan rasa yang sama setiap harinya. Apalagi jika rasa pedas pada makanan tersebut sangatlah kuat. Hal ini tidak baik untuk kesehatan tubuh dan juga dapat memicu banyak penyakit.

15 Efek Buruk Konsumsi Makanan Pedas untuk Kesehatan

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk konsumsi makanan pedas untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Perut mulas

Gejala pertama dari gangguan kesehatan akibat mengonsumsi makanan pedas dengan berlebihan yaitu perut terasa mulas. Efek lanjutannya yaitu Anda akan sering buang air besar dan merasakan perih di area perut.

2. Penyakit diare

Makanan pedas juga dapat memicu adanya bakteri yang mempengaruhi kesehatan usus Anda. Akibatnya, Anda akan diserang penyakit diare. Penyakit ini perlu ditangani dengan segera atau dapat memicu kematian.

3. Sembelit

Sembelit merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Penyakit ini membuat pencernaan Anda menjadi tidak lancar. Jika hal ini dibiarkan, maka usus Anda akan mengalami penurunan kerja.

Loading...

4. Lambung terasa sakit

Selain rasa mulas, lambung yang dimasuki makanan pedas terus menerus juga akan terasa sakit. Mulai dari perih, nyeri, dan rasa seperti ditusuk. Gejala ini merupakan gejala kesehatan lambung yang terganggu akibat rasa pedas makanan.

5. Maag

Penderita penyakit maag sudah sering diperingatkan agar tidak mengonsumsi makanan pedas atau asam lambung mereka akan naik. Sama halnya bagi Anda yang belum terkena maag. Sebaiknya tidak mengonsumsi makanan pedas dengan berlebihan.

6. Asam lambung naik

Naiknya asam lambung di dalam lambung kebanyakan berasal dari jenis makanan yang Anda konsumsi. Jika asam lambung Anda mudah naik, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas atau efeknya akan berujung pada maag kronis.

7. Radang usus

Tidak hanya lambung saja yang akan terkena efek buruk dari konsumsi makanan pedas yang berlebihan, namun juga usus Anda. Kemungkinan besar usus Anda akan mengalami peradangan yang cukup parah.

8. Gangguan penglihatan

Konsumsi makanan pedas dapat berdampak pada kesehatan mata Anda. Hal ini berkaitan dengan aroma pedas makanan yang kuat dan dapat memicu keluarnya air mata dan juga rasa perih pada mata ketika melihat.

9. Lidah mati rasa

Bagian tubuh yang juga akan mengalami gangguan kesehatan yaitu lidah. Ketika Anda mengecap makanan dengan rasa pedas yang kuat, maka lidah Anda akan bereaksi untuk menolaknya sehingga terasa mati.

10. Mencret

Makanan pedas biasanya akan sering membuat Anda mengalami mencret dan ingin buang air besar lebih sering dari sebelumnya. Ini merupakan gejala dari efek makanan pedas yang menjadi pencahar pencernaan Anda.

Baca Juga: 30 Jenis Makanan Sehat untuk Penyakit Asam Lambung

Selain 10 efek buruk diatas, ada beberapa efek buruk konsumsi makanan pedas untuk kesehatan lainnya. Berikut ini 5 efek buruk lainnya:

5 Efek Buruk Konsumsi Makanan Pedas untuk Kesehatan Lainnya

11. Kerongkongan terasa panas
12. Sulit tidur
13. Menurunkan fungsi usus
14. Memicu penyakit pencernaan
15. Batuk

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk konsumsi makanan pedas untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top