Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Efek Buruk Makanan Berdebu untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

12 Efek Buruk Makanan Berdebu untuk Kesehatan Tubuh

Banyak efek buruk makanan berdebu untuk kesehatan tubuh yang akan membuat Anda terjangkit penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Makanan yang berdebu bukanlah lagi jenis makanan yang layak untuk Anda konsumsi. Itulah mengapa Anda disarankan untuk selalu menutup hampir semua hidangan yang sudah Anda buat agar tidak terkena debu. Tidak hanya dari serangan debu saja, Anda juga perlu memastikan peralatan dan bahan masakan yang akan Anda gunakan.

Ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa peralatan makan yang mereka gunakan telah berdebu. Hal ini juga berlaku bagi bahan makanan yang akan Anda olah. Jika Anda membeli bahan makanan berupa sayur, buah, dan juga bumbu di pasar tradisional, pastikan bahan-bahan tersebut bebas dari kotoran. Karena terkadang kita tidak mengetahui bahwa debu yang dibawa angin dan menempel ke makanan bisa berasa dari debu yang dikeluarkan oleh asap kendaraan.

12 Efek Buruk Makanan Berdebu untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk makanan berdebu untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Pemicu penyakit diare

Debu pada makanan akan membuat makanan tersebut kotor dan penuh dengan bakteri. Bakteri inilah yang akan memicu penyakit diare jika Anda mengonsumsinya. Pencernaan Anda pun akan terganggu kesehatannya.

2. Gejala flu

Sebagian orang mungkin menganggap flu merupakan penyakit ringan. Padahal penyakit yang satu ini dapat berubah menjadi penyakit yang berbahaya. Flu bisa menyerang Anda melalui debu yang menempel pada makanan yang dikonsumsi.

3. Rasa sakit perut

Makanan jenis apapun jika sudah kotor dan dilapisi oleh debu, maka akan membuat perut Anda menjadi terasa sakit. Hal ini bisa berasal dari lambung yang bereaksi dengan debu yang masuk ke tubuh Anda.

Loading...

4. Gejala batuk

Debu sering menjadi penyebab utama dari gejala penyakit batuk. Makanan yang ditempeli oleh debu akan masuk ke tenggorokan Anda dan besar kemungkinan debu tersebut juga akan menempel di tenggorokan dan menyebabkan batuk.

5. Sariawan

Gejala sariawan sering dikaitkan dengan kurangnya vitamin C yang ada di tubuh Anda. Padahal bakteri serta kuman yang menempel pada makanan yang berasal dari debu juga bisa menyebabkan Anda terjangkit sariawan.

6. Gangguan kesehatan paru-paru

Debu merupakan kotorang yang paling mudah masuk ke paru-paru kita melalui udara yang kita hirup. Makanan yang dilapisi oleh debu besar kemungkinan akan masuk pula ke saluran paru-paru di tubuh Anda dan menyebabkan gangguan kesehatan paru-paru.

7. Asma

Makanan dengan kotoran berupa debu juga merupakan hal yang perlu dihindari oleh penderita penyakit asma. Jangan sampai debu yang menempel masuk ke saluran pernapasan sehingga menyebabkan asma Anda kambuh.

8. Diare

Bakteri yang ada makanan berdebu akan dengan mudah menggaggu kesehatan pencernaan Anda. Akibatnya, Anda akan terjangkit penyakit diare yang akan membuat pencernaan Anda menjadi tidak lancar

9. Gangguan pencernaan

Kuman dan bakteri dalam makanan berdebu tentu saja akan membuat pencernaan Anda terganggu. Usus Anda pun akan dijangkiti oleh kuman dan bakteri penyakit. Organ pencernaan menjadi tidak berfungsi dengan optimal.

10. Sembelit

Makanan berdebu bisa membuat Anda mengalami sembelit. Hal ini disebabkan karena gangguan bakteri dan kuman yang menjadikan sisa makanan tidak dapat diolah dengan benar sehingga sisa makanan akan cenderung menumpuk dalam usus.

11. Alergi

Banyak orang yang akan mengalami gejala alergi jika terkena debu. Sama halnya dengan debu yang menempel pada makanan Anda. Sebaiknya Anda memperhatikan dulu makanan yang Anda konsumsi, telah diolah serta disimpan dengan benar atau tidak.

12. Susah buang air besar

Penyakit susah buang air besar biasanya tidak hanya terjadi karena tubuh Anda kekurangan serat, namun juga karena kuman dan bakteri yang masuk ke dalam usus. Kuman dan bakteri ini bisa berasal dari makanan yang telah berdebu.

Baca Juga: 10 Bahaya Kentang Goreng untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk makanan berdebu untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top