Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

24 Efek Buruk Mie Instan yang Membahayakan Kesehatan

Uncategorized

24 Efek Buruk Mie Instan yang Membahayakan Kesehatan

Ada efek buruk mie instan yang membahayakan kesehatan tubuh Anda jika dikonsumsi setiap hari. Siapa tidak mengenal makanan yang satu ini? Selain murah, mie instan juga sangat mudah didapatkan. Rasanya yang enak dengan penyajian yang tidak memakan waktu lama menjadi favorit banyak orang untuk dinikmati. Makanan yang satu ini juga sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi bagi mereka yang merasa bosan dengan konsumsi nasi setiap hari.

Jika Anda menyukai mie instan, ada baiknya Anda tidak mengonsumsinya terlalu sering. Kandungan pengawet dan kalori yang cukup banyak dalam mie instan akan membuat Anda terjangkit beberapa jenis penyakit. Mulai dari penyakit yang menyerang organ tubuh, sampai dengan penyakit yang akan memicu kematian. Hal ini yang perlu Anda waspadai, terutama bagi Anda yang menyukai makanan serba praktis seperti mie instan dan jenis mie lainnya.

24 Efek Buruk Mie Instan yang Membahayakan Kesehatan

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk mie instan yang membahayakan kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Memicu kanker

Zat lilin yang terdapat dalam mie instan berfungsi sebagai pengawet mie agar tidak mudah rusak. Jika Anda sering mengonsumsi mie instan, otomatis zat ini akan masuk dan menumpuk di dalam tubuh Anda terlalu banyak. Akibatnya, Anda dapat terjangkit kanker.

2. Pemicu penyakit asma

Selain zat lilin, mie instan juga mempunyai zat pewarna buatan yang ada dalam bumbunya. Jika zat pewarna buatan ini Anda konsumsi rutin setiap hari, maka kesehatan sistem pernapasan Anda akan terganggu dan menimbulkan asma.

3. Menyebabkan penyakit hipertensi

Bagi Anda yang mempunyai penyakit darah tinggi atau hipertensi, ada baiknya Anda tidak mengonsumsi mie instan terlalu sering. Kandungan natrium dan garanm yang cukup tinggi tidak baik untuk penderita hipertensi.

Loading...

4. Mengganggu kesehatan jantung

Tidak hanya buruk untuk penderita hipertensi, namun juga tidak dianjurkan bagi Anda yang mempunyai masalah kesehatan pada jantung. Mie instan jika dikonsumsi terlalu banyak akan menimbulkan beberapa penyakit jantung.

5. Merusak ginjal

Organ lainnya yang dapat terpengaruh kesehatannya jika Anda mengonsumsi mie instan terlalu banyak yaitu ginjal. Ginjal dapat terganggu dengan gangguan penyakit, terutama jenis penyakit gagal ginjal.

6. Makanan yang kurang bernutrisi

Tubuh Anda memerlukan asupan nutrisi yang cukup, tidak hanya berasal dari satu makanan saja. Mie instan tidak mengandung cukup banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh karena kebanyakan hanya mengandung karbohidrat saja.

7. Menyebabkan obesitas

Kandungan karbohidrat dalam mie instan yang cukup banyak dapat membuat tubuh Anda terjangkit obesitas. Setidaknya satu bungkus mie instan mengandung 500 kkal. Jika Anda terjangkit obesitas, maka Anda akan terjangkit komplikasi penyakit lainnya.

8. Memicu penyakit stroke

Kandungan sodium yang banyak dalam mie instan jika Anda konsumsi terlalu sering akan memicu timbulnya penyakit stroke. Sodium memang diperlukan oleh tubuh, namun jika kadarnya berlebihan dapat membahayakan tubuh Anda.

9. Gejala mual serta muntah

Kandungan MSG yang ada dalam mie instan bisa memicu gejala mual dan muntah. Zat ini terdapat cukup banyak dalam mie instan. Jika Anda mempunyai alergi terhadapt MSG, maka mie instan bukan makanan yang tepat untuk Anda konsumsi.

10. Susah buang air besar

Efek buruk dari konsumsi mie instan yang terlalu banyak dapat mengganggu kesehatan pencernaan Anda. Akibatnya, Anda akan sering terjangkit penyakit pencernaan, salah satunya yaitu susah untuk buang air besar.

Baca Juga: 16 Jenis Makanan Sehat untuk Kesehatan Paru-Paru Perokok

Selain 10 efek buruk diatas, ada beberapa efek buruk mie instan yang membahayakan kesehatan lainnya. Berikut ini 14 efek buruk lainnya:

14 Efek Buruk Mie Instan yang Membahayakan Kesehatan Lainnya

11. Mengganggu kesehatan organ hati
12. Memicu penyakit pada liver
13. Melemahkan metabolisme tubuh
14. Mengganggu kesehatan ibu hamil
15. Merusak pertumbuhan janin
16. Menghambat pertumbuhan anak
17. Merusak jaringan otak
18. Memicu penyakit kecing manis
19. Merusak pancreas
20. Mengganggu kesehatan usus
21. Menyebabkan penyakit maag
22. Melemahkan sistem kekebalan tubuh
23. Menambah racun dalam tubuh
24. Mengurangi nafsu makan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk mie instan yang membahayakan kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top