Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Efek Buruk Permen Karet untuk Kesehatan Jika Tertelan

Uncategorized

10 Efek Buruk Permen Karet untuk Kesehatan Jika Tertelan

Anda perlu waspada akan efek buruk permen karet untuk kesehatan jika tertelan karena akan menimbulkan gangguan kesehatan pada tubuh. Jenis permen yang satu ini sangat disukai oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Cara mengonsumsi permen ini yaitu dikunyah sampai rasa manis permennya hilang kemudian membuang sisanya. Namun kebanyakan orang masih belum bisa berhati-hati ketika mengonsimsi permen lengket yang satu ini.

Jika Anda tidak sengaja menelan permen karet, maka permen ini kemungkinan besar akan menempel di organ pencernaan Anda dan cukup sulit untuk dilumatkan oleh organ pencernaan. Selain itu, ada beberapa jenis permen karet yang mengandung bahan-bahan yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh Anda. Sehingga Anda perlu mengecek lebih detail tentang bahan yang digunakan untuk membuat permen karet yang Anda konsumsi.

10 Efek Buruk Permen Karet untuk Kesehatan Jika Tertelan

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk permen karet untuk kesehatan jika tertelan yang perlu Anda ketahui.

1. Kurangnya nutrisi untuk tubuh

Dengan adanya permen karet, kebanyakan orang akan memilih untuk mengonsumsinya sebagai camilan dibandingkan dengan konsumsi makanan sehat lainnya. Akibatnya, tubuh Anda akan kekurangan nutrisi yang penting.

2. Gangguan persendian

Konsumsi permen karet memerlukan tenaga yang berasal dari persendian pada tulang rahang di mulut Anda. Jika Anda sering mengonsumsi permen ini, besar kemungkinan persendian pada rahang mulut ini akan ngilu dan terasa sakit.

3. Kembung

Proses mengunyah permen karet kebanyakan membuat perut Anda menjadi kembung. Hal ini diakibatkan banyaknya udara yang masuk ke lambung Anda ketika mengunyah. Tidak hanya kembung, namun juga mual.

Loading...

4. Sakit perut

Efek buruk selain kembung ketika mengunyah permen karet adalah sakit perut. Rasa sakit ini bisa berasal dari naiknya asam lambung karena kurangnya makanan yang Anda konsumsi. Permen karet hanya mengandung perasa yang tentunya kurang bagi pencernaan.

5. Merusak gigi

Terlalu sering mengunyah permen karet tentunya hanya akan membuat gigi Anda menjadi rusak. Gula yang digunakan untuk memberikan rasa manis pada permen karet cukup tinggi dan dapat merusak gigi jika dikonsumsi terus menerus.

6. Menurunkan selera makan

Setelah lama mengunyah permen karet, rasa selera makan akan lebih banyak berkurang. Jika Anda tidak mempunyai selera untuk makan, maka tubuh Anda tidak akan mempunyai sumber energi untuk dibakar. Bahkan tubuh pun akan kekurangan gizi.

7. Merusak gigi yang sedang ditambal

Jika Anda mempunyai kesehatan gigi yang kurang baik dan memerlukan perbaikan di beberapa bagian, maka Anda tidak diperkenankan untuk mengonsumsi permen karet. Permen ini dapat merusak gigi Anda, terutama bagian yang ditambal.

8. Memicu penyakit kanker

Permen karet juga mengandung pengawet dan beberapa zat yang jika dikonsumsi terlalu banyak maka akan memicu beberapa penyakit. Salah satu penyakit yang cukup parah yang dapat Anda dapatkan yaitu penyakit kanker.

9. Diabetes

Kandungan gula dalam permen karet yang tinggi tidak bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jika Anda belum terjangkit penyakit ini, Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsinya terlalu banyak atau kadar gula dalam darah Anda akan naik.

10. Kerusakan ginjal

Senyawa atau zat pengawet dalam pemen karet tidak hanya merusak sel di tubuh Anda dan memicu kanker, namun juga dapat merusak organ tubuh lainnya. Mulai dari organ hati, organ pencernaan, sampai dengan organ lambung.

Baca Juga: 77 Jenis Makanan Mengandung Anti Oksidan yang Tinggi

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk permen karet untuk kesehatan jika tertelan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top