Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

11 Efek Buruk Radiasi Nuklir untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

11 Efek Buruk Radiasi Nuklir untuk Kesehatan Tubuh

Masih banyak orang yang menolah penggunaan nuklir karena ancaman efek buruk radiasi nuklir yang membahayakan kesehatan tubuh. Nuklir merupakan sumber tenaga yang dibuat dengan menggunakan inti atom. Tenaga yang satu ini termasuk ke dalam jenis sumber tenaga yang paling kuat karena dapat menghancurkan benda keras sekalipun. Anda mungkin tidak sadar telah terkena radiasi nuklir karena memang tidak bisa dirasakan langsung oleh tubuh.

Sudah banyak negara yang menggunakan nuklir sebagai sumber daya negara karena memang energi yang dihasilkan jauh lebih besar daripada sumber tenaga lainnya. Penggunaan nuklir sendiri hanya bisa diperuntukkan untuk kepentingan rakyat dalam suatu negara, bukan kepentingan tertentu seperti kepentingan perang. Efek radiasi nuklir tidak hanya berdampak pada satu dua orang saja, tapi semua kehidupam yang ada di sekitarnya.

11 Efek Buruk Radiasi Nuklir untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan efek buruk radiasi nuklir untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Penyakit kanker

Efek buruk dari radiasi nuklir yang pertama yaitu memicu penyakit kanker. Hampir 80% orang yang terkena radiasi nuklir mengalami penyakit ini. Sel kanker akan dengan mudah muncul ke tubuh dan menyebar dengan cepat.

2. Merusak kromosome tubuh

Radiasi nuklir juga dapat membuat tubuh Anda mengalami kerusakan pada sel kromosome. Sel ini merupakan jenis sel yang berkaitan reproduksi tubuh. Jadi ada yang mengatakan bahwa radiasi nuklir dapat memicu seseorang menjadi tidak tertarik untuk memiliki anak.

3. Bayi lahir cacat

Wanita hamil yang terkena paparan radiasi nuklir sangat besar kemungkinannya untuk mengalami kelahiran bayi yang cacat. Atom dalam nuklir akan merusak pertumbuhan janin dalam perut sang ibu sehingga menyebabkan kecacatan fisik ketika lahir.

Loading...

4. Kanker kelenjar tiroid

Salah satu jenis kanker yang akan Anda alami jika terkena radiasi nuklir yaitu kanker kelenjar tiroid. Kanker ini muncul akibat adanya reaksi tubuh yang menolak zat asing masuk ke dalam tubuh. Jenis kanker ini biasanya muncul dengan tanda bengkak di bagian tubuh tertentu.

5. Penyakit jantung

Bahaya dari radiasi nuklir sangat mempengaruhi kesehatan jantung. Jika Anda terkena radiasi ini, maka jantung Anda akan mengalami banyak gangguan kesehatan berupa penyakit, seperti penyakit jantung dan serangan jantung.

6. Rambut rontok

Radiasi nuklit juga mempunyai dampak yang besar terhadap pertumbuhan rambut. Efek ini membuat rambut di tubuh Anda akan rontok bahkan tidak tumbuh lagi sama sekali. Itulah mengapa banyak orang yang akan mengalami kebotakan ketika terkena radiasi nuklir.

7. Aliran darah tidak lancar

Efek dari jantung yang tidak sehat membuat tubuh Anda juga tidak mempunyai aliran darah yang lancar. Hal ini disebabkan oleh serangan paparan radiasi nuklir yang menurunkan fungsi jantung sehingga membuat peredaran darah tidak rata ke seluruh tubuh.

8. Kerusakan sel otak

Sel otak Anda akan mengalami banyak kerusakan ketika terjangkit paparan radiasi nuklit. Kesehatan otak akan menurun, fungsi otak pun juga akan mengalami kerusakan sehingga tidak bisa merespon syaraf dengan baik.

9. Limfosit darah menurun

Limfosit merupakan bagian dari darah di dalam tubuh yang berfungsi sebagai pembantu imun tubuh agar tetap kuat. Jika limfosit darah Anda menurun, maka tubuh Anda akan mempunyai imunitas yang cenderung lemah.

10. Kerusakan saluran pencernaan

Saluran pencernaan akan mengalami banyak kerusakan karena paparan radiasi nuklir. Ginjal dan usus Anda tidak akan bisa mencerna makanan seperti biasanya. Tubuh pun akan mengalami kekurangan nutrisi.

11. Gangguan saluran reproduksi

Saluran reproduksi juga akan terganggu jika tubuh Anda terkena radiasi nuklir. Organ reproduksi pun tidak akan berfungsi di dalam tubuh. Akibatnya banyak orang yang terpapar radiasi nuklir mengalami masalah kesehatan di reproduksinya.

Baca Juga: 15 Bahaya Air Raksa untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk radiasi nuklir untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top