Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Efek Buruk Teh Pahit untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

16 Efek Buruk Teh Pahit untuk Kesehatan Tubuh

Teh sudah menjadi minuman rakyat yang melegenda. Produsen Teh terbaikpun ada pada negara Indonesia. Minuman Teh ini sangat menghangatkan dan mampu menjadi pilihan utama sebagai minuman dikala sore dan hujan. Fungsi teh sendiri juga sangat bermanfaat untuk kesehatan disamping aroma yang harum.

Namun, teh ini juga memiliki efek yang kurang baik untuk Anda jika dikonsumsi berlebih dimasa depan. Apalagi, teh pahit juga bisa mampu menimbulkan efek kurang menyehatkan. Padahal, banyak dari kalangan orang tua lebih suka dengan teh pahit tanpa gula atau susu dan warnanya yang pekat.

16 Efek Buruk Teh Pahit untuk Kesehatan Tubuh

Lantas apa saja efek samping dari teh pahit ini untuk kesehatan? Berikut pemaparanya :

1. Gangguan Pada Jantung

Gangguan yang biasa terjadi akibat konsumsi teh pahit adalah detak jantung yang tidak beraturan. Biasa dikenal dengan ritme jantung dalam bahasa medis. Efek samping ini timbul akibat kandungan kafein dan katekin pada teh pahit. Sehingga aliran darah yang mengalir menuju jantung bisa tersumbat. Inilah yang menyebab ritme jantung Anda akan mengalami perubahan yang tidak teratur. Jika demikian maka efek selanjutnya adalah dada akan terasa sesak dan nyeri.

2. Asam Lambung Naik

Konsumsi teh pahit ini secara medis memamng memiliki fungsi yang lebih baik daripada ditambahkan dengan gula. tetapi, jika dikonsumsi secara terus menerus dan berlebihan maka akan berakibat pada penyakit asam lambung. Kafein dan katekin pada setiap tetas seduh air teh mampu meningkatkan cairan asam pada lambung Anda. Sehingga Anda akan beresiko terkena magh atau gejala nyeri pada area perut.

3. Penyakit Magh

Seperti yang sudah dikatakan tadi, bahwa senyawa dalam teh mampu meningkatkan cairan asam pada lambung yang berakibat pada penyakit magh. ternyata teh pahit ini juga sangat memicu penyakit magh dengan sendirinya. senyawa yang tajam di dalam teh pahit mampu menggerus dan melukai usus sehingga dapat memunculkan penyakit ini.

Loading...

4. Tekanan Darah Naik

Sangat beresiko bagi seseorang yang memiliki riwayat darah tinggi jika mengkonsumsi teh pahit secara berlebihan. Hal ini diakibatkan adanya kafein dalam teh yang mampu menghambat kelancaran otot arteri pembuluh darah. Jika dikonsumsi secara berkelanjutan dan bertahun tahun maka penyakit darah tinggi akan menerpa Anda.

5. Malnutrisi

Seseorang yang sedang mengalami pengobatan kimia sangat tidak dianjurkan meminum teh pahit. Hal ini berkaitan dengan beberapa obat yang bercampur dalam teh tidak bisa bekerja secara maksimal. sehingga nutrisi obat akan berkurang efektifitasnya yang berujung pada penyembuhan penyakit secara lambat.

6. Meningkatkan Demam

seseorang yang sedang mengalami demam tidak dianjurkan mengkonsumsi teh apapun apalagi teh pahit. Kandungan kafein dan tanin dalam teh pahit mampu meningkatkan suhu tubuh. Sehingga metabolisme akan terganggu dan demam Anda tidak kunjung reda.

7. Gangguan Tenggorokan

Beberapa orang yang mengalami gangguan tenggorokan akibat teh pahit ini karena memiliki riwayat penyakit pada tenggorokan. Biasanya tenggoroan penderita yang sangat sensitif terhadap obat atau senyawa kimia bisa menjadi penyebabnya. Jika sudah tahu akan hal ini, sebaiknya jangan konsumsi teh pahit karena mampu memicu nyeri dan peradangan.

8. Kerapuhan Tulang dan sendi

Efek ini merupakan yang paling mengerikan. kerapukan pada tulang dan persendian akan terjadi jika Anda mengkonsumsi teh pahit secara berlebihan dan terus menerus. Kandungan senyawa flouride dalam darah dapat dipicu oleh teh pahit sehingga meningkat. senyawa ini jika terlalu banyak dalam darah maka akan mengakibatkan rasa nyeri pada tulang dan sendi. Flouride ini juga mengikat kalsium sehingga kepadatanya akan tergerus secara perlahan.

9. Sembelit

sesorang yang sering mengkonsumsi teh pahit bisa mengalami penyakit sembelit. Kandungan senyawa asam tannad berlebihan mampu menggangu fungsi dan proses penghancuran makanan dalam usus. Sehingga fases akan padat dan belum hancur secarah utuh yang mengakibatkan lambatnya proses pelumasan pada saluran pembuangan.

10. Pebentukan batu ginjal

setiap cairan yang masuk dalam tubuh pasti diolah pada ginjal. Ginjal akan mengalami peningkatan zat oxalate yang dipicu akibat teh pahit. Zat ini lah yang nantinya akan membentuk batu ginjal jika Anda mengkonsmsi teh pahit secar terus menerus.

Baca Juga: 14 Bahaya Minuman Cepat Saji untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa efek samping lainya akibat konsumsi teh pahit yang terus menerus dapat adalah :

11. Mengganggu siklus haid
12. Mengurangi kelenjar ASI
13. Insomnia
14. Kontraksi pada Rahim
15. Penurunan Hemoglobin
16. Tubuh Menjadi Kurus

Sejatinya teh pahit memang memiliki fungsi yang baik untuk pelepas dahaga dan minuman yang menghangatkan.Tetapi ketahui ada efek samping ini akan sangat berbahaya jika dilanjutkan begitu secara terus menerus dan mengganggu kesehatan Anda dimasa depan.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top