Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Efek Buruk Telur Mentah untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Efek Buruk Telur Mentah untuk Kesehatan Tubuh

Ada beberapa efek buruk telur mentah untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara terus-menerus, terutama dalam menyebabkan munculnya penyakit. Beberapa jenis masakan yang akan Anda temui saat ini banyak yang menggunakan telur mentah sebagai bahannya. Jika selama ini kita mengolah telur dengan cara digoreng atau direbus, maka Anda juga perlu mengenal pemakaian bahan makanan yang satu ini secara langsung.

Baiknya, bahan makanan yang akan Anda konsumsi perlu dilakukan pengolahan terlebih dahulu dengan cara dimasak. Konsumsi bahan makanan bukanlah hal yang dianjurkan untuk kesehatan tubuh mengingat banyak bahan makanan saat ini yang sudah banyak terkontaminasi zat berbahaya. Telur termasuk ke dalam bahan makanan yang kemungkinan besar akan merusak kesehatan tubuh Anda jika dikonsumsi mentah-mentah.

10 Efek Buruk Telur Mentah untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk telur mentah untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

10 Efek Buruk Telur Mentah untuk Kesehatan Tubuh

1. Keracunan makanan

Ada beberapa zat dalam telur mentah yang dapat membuat Anda keracunan jika dikonsumsi langsung. Zat tersebut akan menghilang ketika Anda memasak telur dengan baik. Itulah mengapa Anda disarankan untuk mengolah telur terlebih dahulu.

2. Gejala alergi

Saat ini banyak orang yang memiliki jenis alergi tertentu, termasuk alergi terhadap makanan seperti telur. Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa mengonsumsi makanan secara sembarangan karena alergi, sebaiknya Anda menghindari konsumsi telur mentah.

3. Gatal pada kulit

Jenis alergi yang akan timbul ketika Anda mengonsumsi telur mentah yaitu adanya rasa gatal yang muncul pada kulit. Kulit yang gatal akan menyebabkan infeksi. Jika kulit Anda termasuk sensitive, Anda tidak disarankan untuk memakan telur dalam keadaan mentah.

Loading...

4. Pembengkakan

Gejala gangguan kesehatan lainnya yang akan Anda dapatkan dari telur mentah yaitu timbulnya pembengkakan di beberapa bagian tubuh, terutama bagian kulit. Pembengkakan ini juga tidak bisa sembuh dengan cepat.

5. Rusaknya metabolisme tubuh

Zat avidin yang terdapat dalam telur mentah akan memberikan efek buruk ke metabolisme tubuh Anda. Metabolisme tubuh yang terganggu dapat memicu gejala gangguan tidur, gangguan kulit, serta nyeri pada otot.

6. Pemicu penyakit eksim

Eksim adalah jenis penyakit kulit yang ditandai dengan melepuhnya kulit. Hal ini didapatkan dari kandungan zat adivin dalam telur mentah. Zat ini akan mengakibatkan beberapa jenis penyakit kulit di tubuh Anda.

7. Mengganggu sistem pernapasan

Telur mentah juga dapat mengganggu kesehatan sistem pernapasan. Kandungan ovomucoid dalam telur mentah sangat mempengaruhi kesehatan pernapasan di tubuh Anda. Ada akan mengalami gejala sesak napas.

8. Gangguan organ ginjal

Banyak telur mentah yang sekarang dihasilkan dari jenis ayam yang diberi senyawa kimia tertentu. Senyawa kimia ini akan masuk ke tubuh Anda jika Anda mengonsumsi telur ayam mentah secara terus menerus.

9. Kekurangan nutrisi

Jenis telur mentah yang ada saat ini mengandung nutrisi yang tidak bisa diserap oleh tubuh Anda dengan mudah. Lain halnya jika Anda mengonsumsi telur yang sudah matang, maka tubuh Anda akan lebih mudah mendapatkan kandungan protein di dalamnya.

10. Gangguan pencernaan

Telur mentah juga dapat mengakibatkan beberapa gangguan pencernaan. Apalagi jika jenis telur yang Anda konsumsi mengandung bakteri yang berbahaya bagi pencernaan. Anda akan dengan mudah terjangkit penyakit pencernaan.

Baca Juga: 10 Efek Buruk Daging Bebek untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk telur mentah untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top