Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Efek Minum Kopi setelah Makan Jengkol untuk Tubuh

Uncategorized

8 Efek Minum Kopi setelah Makan Jengkol untuk Tubuh

Jengkol merupakan buah yang memiliki aroma khas, yang sering dijadikan sebagai lalapan atau sayuran oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Selain rasanya yang nikmat, buah jengkol memiliki kandungan protein, zat besi, kalsium, fosfor, dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Akan tetapi, di balik kenikmatan buah jengkol tersebut, timbul bau mulut  kurang sedap yang sering dikeluhkan setelah mengkonsumsi buah jengkol. Namun bagi Anda yang menggemari minuman kopi, ternyata sangat bermanfaat dalam menghilangkan bau tidak sedap yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi jengkol.

8 Efek Minum Kopi setelah Makan Jengkol untuk Tubuh

Namun manfaat minum kopi setelah makan jengkol, tentunya dapat memberikan efek positif dan negatif, tergantung  seberapa banyak Anda mengkonsumsi kedua jenis makanan dan minuman tersebut. Adapun efek-efek yang di timbulkan sebagi berikut :

1. Menghilangkan bau mulut

Manfaat minum kopi dapat menghilangkan bau mulut yang kurang sedap setelah mengkonsumsi jengkol. Sudah menjadi rahasia umum, apabila wangi biji kopi sering di jadikan sebagai zat penetralisir  pada saat tester parfum di toko parfum. Sehingga sudah terbukti, keampuhan kopi dalam mengusir bau jengkol yang kita konsumsi.

Namun perlu diingat bahwa, kopi yang kita minum haruslah kopi hitam murni tanpa campuran. Karena kandungan senyawa pada kopi hitam tanpa adanya campuran dari susu atau krimer, masih mengandung zat kafein yang memberikan aroma khas.

2. Membuat Anda merasa lebih pede

Apabila bau yang tidak sedap setelah mengkonsumsi jengkol hilang, tentunya akan membuat kita semakin pede. Kita tidak akan merasa canggung apabila harus berhadapan dan  berbicara secara langsung dengan sesorang, walaupun baru saja mengkonsumsi jengkol. Namun, yang terpenting  dari itu semua adalah untuk terus memotivasi diri sendiri dengan energi  positif agar kita tetap pede dengan siapapun.

Loading...

3. Menurunkan diabetes

Meminum kopi setelah makan jengkol dapat menurunkan resiko diabetes. Kandungan senyawa dalam kopi dapat menghalangi zat yang dapat menimbulkan polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein yang diluar batas normal yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu kandungan senyawa kafein yang ada dalam kopi, berguna untuk memproses glukosa  yang dihasilkan setelah makan. Sehinggga apabila glukosa dapat diproses secara menyeluruh, resiko kemungkinan terserang penyakit gula darah menjadi sangat kecil.

4. Menyebabkan anemia

Kandungan kafein yang tinggi pada secangir kopi hitam dapat menyebabkan anemia bagi peminumnya setelah selesai menyantap makanan. Hal ini disebabkan karena zat besi besi dalam darah larut dalam kafein yang dihasilkan oleh secangkir kopi hitam. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya untuk memberikan jeda setelah makan. Agar tidak terburu-buru untuk langsung meminum kopi.

5. Menyebabkan dehidrasi

Meminum kopi setelah selesai makan jengkol, dapat menyebabkan dehidrasi. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang berlebih saat membuat kopi yang dapat membuat tenggorokan menjadi kering. Oleh karena itu alangka baiknya untuk meminum air terlebih dahulu setelah makan atau dengan memberi jeda waktu 2 jam
sebelum meminum kopi.

6. Berkurangnya kadar penyerapan zat besi

Kandungan kopi dalam secangkir kopi dapat menyebabkan berkurangnya kadar penyerapanzat besi dalam tubuh. oleh karena itu sebaiknya kita menghindari terlebih dahulu untuk meminum kopi setelah makan jengkol. Kita bisa meminum air putih terlebih dahulu dan memberikan jeda sebelum ingin meminum kopi hitam.

7. Membuat badan menjadi lemas

Kandungan kafein yang terlalu  banyak dalam secangkir kopi  hitam dapat membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga daya tahan tubuh menurun dan badan menjadi lemas. Untuk itu tidak dianjurkan untuk minum kopi setelah makan jengkol.

Karena kandungan kafein yang berlebih dalam kopi akan menyerap mineral dan vitamin yang sebenernya diperlukan tubuh. Kekurangan mineral dan vitamin yang ada dalam tubuh menyebabkan menjadi lemas dan malas untuk beraktifitas.

8. Membuat kepala menjadi pusing

Efek kafein yang terdapat dari kopi dapat menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat. Sehingga aliran darah yang masuk ke otak menjadi berlebih dan menjadikan perasaan mudah menjadi cemas. Sehingga apabila Anda tidak terbiasa dalam meminum kopi setelah makan jengkol untuk menghindarinya.

Baca Juga: 5 Penyebab Kepala Pusing Setelah Minum Kopi yang Perlu Diwaspadai

Meminum kopi sangatlah bermanfaat, karena kandungan kafeinnya berguna untuk memproses glukosa dan zat kafein berguna untuk menenangkan pikiran. Namun apabila kita selesai makan jengkol dan langsung meminum kopi dapat memberikan dampak negatif untuk ubuh. Untuk kita harus meberikan jeda terlebih dahulu setelah makan, dengan meminum air putih dan mengkonsumsi buah-buahan lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top