Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Efek Samping Acetaminophen bagi Kesehatan Tubuh

Uncategorized

14 Efek Samping Acetaminophen bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu obat penghilang rasa atau pereda rasa sakit sekaligus pereda demam adalah acetaminophen. Acetaminophen juga merupakan jenis obat analgesic. Obat ini efektif mengurangi produksi prostaglandin yang ada didalam otak. Meskipun acetaminophen sangat membantu meredakan rasa sakit, namun tidak menutup kemungkinan obai ini memiliki efek samping. Berikut ini beberapa efek samping acetaminophen yang harus diwaspadai pengguna acetaminophen.

14 Efek Samping Acetaminophen bagi Kesehatan Tubuh 

1. Tubuh lemas dan cepat lelah

Apabila seseorang mengkonsumsi Acetaminophen merasakan tubuh lemas dan cepat lelah sebaiknya segera waspada pada obai ini, bisa jadi kondisi seperti ini efek samping konsumsi acetaminophen. Kondisi seperti ini bisa terjadi bukan hanya konsumsi acetaminophen tetapi juga aktifitas yang berlebihan.

2. Bengkak pada Bibir, Lidah dan Wajah

Sebagian orang tertentu saat mengkonsumsi acetaminophen mengalami pembengkakan. Biasanya pembengkaan dialami dibagian tertentu seperti bibir, wajh, lidah atau bahkan semua bagian tertentu. Sebaiknya segera hentikan apabila mengalami pembengkaan. Kondisi seperti ini dikarenakan tubuh menolak atau alergi terhada acetaminophen.

3. Perdarahan

Acetaminophen biasa digunakan seseorang untuk menghilangkan rasa nyeri. Namun juga terkadang seseorang mengalami perdarahan ketika mengkonsumsi acetaminophen. Hal ini terjadi dipicu karena penggunaan dosis obat acetaminophen tidak tepat atau overdosis. Perdarahan bisa terjadi dalam bentuk memar atau perdarahan secara langsung tanpa sebab yang jelas. Sebaiknya jika terjadi kondisi seperti ini segera konsultasikan ke dokter untuk penangaan segera.

4. Gangguan pernafasan

Efek samping yang sering dialami pengguna obat acetaminophen adalah mengalami sesak nafas. Sebaiknya segera hentikan pemakaian apabila mulai mengalami gangguan pernafasan setelah konsumsi obat ini. Jika masih sering terjadi segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

5. Demam

Selain merupakan tanda-tanda gejala flu dan batuk, demam juga merupakan efek samping penggunaan acetaminophen. Kondisi ini dikarena tubuh tidak beraksi positif terhadap acetaminophen. Jika terjadi demikian, segera hentikan penggunaan acetaminophen untuk mencegah timbulnya penyakit lainnya.

Loading...

6. Radang tenggorokan

Bukan hanya merasakan demam, penggunaan acetaminophen juga menimbulkan radang tenggorokkan. Apabila anda merasakan hal demikian ketika setelah mengkonsumsi acetaminophen, sebaiknya hentikan dahulu. Jika masih merasakan sakit radang pada tenggorokan segera hubungi dokter dan mintalah obat yang sesuai kesehatan tubuh.

7. Sakit kuning

Penggunaan acetaminophen dengan dosis yang salah, bisa mempengaruhi kinerja fungsi hati. Jika ini terjadi, maka bisa berakibat perubahan warna kulit serta mata bagian warna putih menjadi kuning. Kondisi demikian harus segera ditangani dokter.

8. Kulit mengelupas

Apabila anda mengkonsumsi acetaminophen dengan dosis yang tidak tepat, hal ini bisa mengakibatkan pengelupasan kulit. Hal ini dipicu karena tubuh menolak bereaksi dengan acetaminophen atau bisa juga dosis yang digunakan tidak sesuai anjuran dokter. Sebaiknya konsultasikan dahulu sebelum mengkonsumsi acetaminophen.

9. Sakit kepala

Biasanya yang sering dialami seseorang dimana tubuhnya tidak cocok dengan acetaminophen, adalah sakit kepala. Hal ini dipicu karena penggunaan dosis yang tidak tepat. Sakit kepala merupakan efek samping ringan yang ditimbulkan acetaminophen. Cukup hentikan pemakaian dan istirahat cukup efek samping ini akan hilang.

10. Mual

Selain sakit kepala, efek samping ringan yang ditimbulkan acetaminophen lainnya adalah rasa mual. Jika terjadi demikian, cukup hentikan penggunaan acetaminophen rasa mual akan hilang. Kondisi ini terjadi karena tubuh menolak apabila bereaksi dengan acetaminophen.

Baca Juga: 12 Efek Samping Penggunaan KB Implan atau Susuk untuk Kesehatan

Selain 10 efek samping diatas, ada beberapa efek samping acetaminophen bagi tubuh lainnya. Berikut efek samping acetaminophen bagi tubuh lainnya.

4 efek acetaminophen bagi kesehatan tubuh lainnya.

11. Sakit perut
12. Ruam pada kulit
13. Gatal-gatal
14. Urin berwarna gelap

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping acetaminophen bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top