Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Efek Samping Asam Mefenamat untuk Kesehatan

Uncategorized

13 Efek Samping Asam Mefenamat untuk Kesehatan

Asam mefenamat merupakan obat yang biasa masyarakat konsumsi apabila merasakan rasa sakit seperti nyeri ketika haid, arthritis, dan juga nyeri pasca operasi. Manfaatnya memang banyak, namun tidak banyak yang mengetahui efek samping obat asam mefenamat untuk kesehatan tubuh apabila terlalu banyak dan sering konsumsi obat tersebut.

Berikut ini beberapa efek samping asam mefenamat untuk kesehatan tubuh apabila penggunaan obat tidak sesuai anjuran dokter atau dosis yang tidak tepat.

13 Efek Samping Asam Mefenamat untuk Kesehatan

1. Nyeri pada ulu hati

Penggunaan asam mefenamat yang tidak sesuai anjuran dokter, bisa menyebabkan nyeri pada ulu hati. Hal ini juga dikareanakan tubuh tidak beraksi positif  terhadap obat ini. Rasa nyeri yang dirasakan hamper sama yang dialami oleh penderita maag atau asam lambung. Apabila terjadi hal demikian, sebaiknya menghentikan pemakaian obat ini terlebih dahulu dan segera periksakan ke dokter.

2. Cepat lelah

Efek samping yang ditimbulkan apabila mengkonsumsi obat adalah seseorang akan mengalami mudah lelah ketika sedang beraktifitas. Hal ini juga akan dirasakan seseorang apabila mengkonsumsi asam mefenamat dengan dosis yang tinggi atau tidak sesai anjuran dokter. Jika merasa lelah setelah mengkonsumsi obat ini, sebaiknya dihentikan dahulu supaya tubuh tidak terlalu banyak bereaksi dengan asam mefenamat.

3. Mudah mengantuk

Sama seperti obat lainnya, asam mefenamat juga mengakibatkan seseorang akan mengalami kantuk. Sebaiknya hentikan konsumsi asam mefenamat apabila akan berkendara atau beraktifitas dikarenekan efek kantuk yang ditimbulkan bisa mengganggu dan menghambat rutinitas seseorang.

4. Sakit kepala

Penggunaan obat asam mefenamat yang tidak sesuai anjuran dokter atau dosis yang tidak tepat bisa menyebabkan seseorang menderita sakit kepala. Apabila rasa sakit kepala yang dirasakan disesebabkan mengkonsumsi asam mefenamat, sebaiknya penggunaan dihentikan atau hubungi dokter.

Loading...

5. Mual dan muntah

Telah dijelaskan bahwa efek samping yang ditimbulkan asam mefenamat adalah nyeri dibagian ulu hati. Hal ini bisa menyebabkan seseorang akan mengalami mual dan muntah. Kondisi seperti ini dipicu karena penggunaan asam mefenamat dengan dosis berlebihan atau overdosis. Sebaiknya tidak mengabaikan kondisi seperti ini hanya karena sama seperti yang ditimbulkan penyakit asam lambung.

6. Tidak selera makan

Efek yang ditimbulkan seperti nyeri di bagian ulu ati, mual dan muntah bisa menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan atau tidak selera makan. Oleh karena itu, penggunaan obat haruslah dengan dosis yang tepat dan benar sesuai anjuran dokter.

7. Pendarahan lambung

Gangguan pencernaan bisa juga berupa pendarahan dibagian lambung dikarenanakan seseorang mengkonsumsi asam mefenamat terlalu banyak atau overdosis. Kondisi seperti ini sangat berbahay, sebaiknya periksakan ke dokter segera.

8. Diare

Apabila seseorang terlalu sering konsumsi asam mefenamat dan dengan dosis yang tidak tepat, bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan pencernaan yaitu diare.

9. Penglihatan kabur

Tidak hanya gangguang pencernaan, konsumsi asam mefenamat juga mengakibatkan seseorang mengalami gangguang penglihatan. Apabila kondisi seperti ini dirasakan seseorang setelah konsumsi asam mefenamat mungkin ini disebabkan konsumsi obat dengan dosis yang berlebih.

10. Telinga berdenging

Tidak hanya lambung dan mata, telingapun akan mengalami gangguan apabila konsumsi asam mefenamat dengan berlebih atau tanpa anjuran dokter yang benar.

Baca Juga: 12 Bahaya Kaporit bagi Tubuh Manusia dan Kesehatan

Selain 10 efek samping diatas, ada beberapa efek samping asam mefenamat untuk kesehatan lainnya. Berikut ini 3 efek samping lainnya.

3 Efek Samping Asam Mefenamat untuk Kesehatan Lainnya

11. Berkeringat berlebihan
12. Kejang
13. Alergi

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping asam mefenamat untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top