Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Efek Samping Aspirin Jangka Panjang untuk Kesehatan

Uncategorized

12 Efek Samping Aspirin Jangka Panjang untuk Kesehatan

Aspirin merupakan jenis obat anti inflamasi non-steroid yang juga mempunyai efek samping jangka panjang. Biasanya dokter memeberikan resep penggunaan obat aspirin digunakan untuk mengurangi rasa sakit seperti demam yang berkepanjangan. Aspirin biasa digunakan untuk penyakit radang juga digunakan untuk penyakit jantung yang berfungsi menghindari kelebihan kadar trombosit darah.

Aspirin apabila dikonsumsi secara terus menerus dan berlebihan juga merugikan bagi tubuh. Berikut beberapa efek samping yang ditimbulkan apabila konsumsi aspirin dalam jangka panjang.

12 Efek Samping Aspirin Jangka Panjang untuk Kesehatan

1. Sesak napas

Sesak nafas sering dialami seseorang apabila mengkonsumsi obat tidak sesuai dokter atau dosis yang berelebihan dengan penggunaan obat dengan waktu yang lama. Begitupun apabila seseorang mengkonsumsi aspirin terlalu banyak dan dengan jangka waktu lama, seseorang akan mengalami sesak nafas terutama pada malam hari. kondisi seperti ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi beberapa obat sesak nafas oral atau dengan nebule bagi seseorang yang memiliki riwayat sesak nafas.

2. Gangguan ginjal

Manfaat aspirin adalah untuk menekan saraf dan berfungsi meredakan rasa sakit. Efek samping penggunaan jenis obat analgesic adalah menyebabkan gangguan pada ginjal yang bisa menyebabkan fatal pada fungsi ginjal. Indikasi gangguan ginjal dirasakan apabila muncul rasa nyeri pada kandung kemih yang bisa dirasakan saat buang air kecil.

3. Gangguan liver

Liver berfungsi sebagai penetral racun yang masuk ke dalam tubuh. Munculnya bahan asing seperti kandungan Acetosal yang berlebihan akan menyebabkan tubuh merasa terganggu. Gangguan liver disertai munculnya pembengkakan pada ulu hati serta rasa nyeri pada bagian tersebut dalam waktu yang lama. Gejala-gejala tersebut disebabkan penggunaan aspirin dengan jangka waktu yang lama.

4. Infeksi lambung

Lambung dan usus merupakan saluran pencernaan yang sangat sensitive terhadap zat asing yang masuk secara terus menerus. Penggunaan obat secara keseluruhan dapat menimbulkan dampak bagi saluran pencernaan. Aspirin mengandung acetosal, yang bisa menyebabkan infeksi pada lambung dan maag ringan jika asam lambung terus naik. Hal ini juga dipicu penggunaan aspirin yang terus menerus tanpa resep dokter yang pasti.

Loading...

5. Pendarahan

Acetosal yang ada dalam aspirin, selain sebagai obat demam juga bisa menimbulkan peradangan pada beberapa pembuluh darah yang mengalami kenaikan tekanan. Kondisi yang seperti ini bisa menyebabkan seseorang mengalami pendarahan san akan berdampak buruk bagi keadaan seseorang.

6. Alergi

Reaksi tubuh yang tidak menunjukkan kondisi positif apabila terdapat benda asing seperti obat masuk kedalam tubuh, bisa menyebabkan seseorang mengalami alergi. Hal ini juga dikarenakan acetosal yang ada pada aspirin.

7. Peradangan saluran pencernaan

Usus merupakan saluran penceranaan yang sangat peka apabila terdapat zat tertentu muncul secara signifikan. Akibat maag juga memicu munculnya radang bagian usus terutama usus besar.

8. Kekebalan jenis obat tertentu

Penggunaan aspirin yang berlebihan menyebabkan seseorang mengalami kejang atau demam tinggi disertai kesulitan tidur. Hal ini dikarenakan pemakaian aspirin menimbulkan reaksi negative pada tubuh.

9. Gagal jantung

Resep dokter untuk penderita jantung biasanya disarankan mengkonsumsi aspirin. Akan tetapi apabila penggunaannya yang tidak sesuai anjuran dokter bisa menyebabkan seseorang mengalami gagal jantung. Kondisi seperti ini, apabila tidak segera ditangani akan menyebabkan kematian.

10. Gangguan kehamilan

Beberapa wanita hamil, saat kondisi kehamilah trisemester pertama dan kedua biasanya menggunaka aspirin untuk menghilangkan rasa nyeri kehamilan. Akan tetapi penggunaan aspirin bisa mengakibatkan wanita hamil mengalami gangguan pada janin dan juga keguguran.

Baca Juga: 9 Efek Samping Daun Kumis Kucing bagi Kesehatan

Selain 10 efek samping diatas, ada beberapa efek samping aspirin jangka panjang bagi kesehatan tubuh lainnya.

2 Efek Samping Aspirin Jangka Panjang untuk Kesehatan Lainnya:

11. Infeksi saluran kencing
12. Kesulitan buang air kecil

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang 11 efek samping aspirin jangka pangjan bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top