Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Efek Samping Buah Kelengkeng untuk Tubuh

Uncategorized

15 Efek Samping Buah Kelengkeng untuk Tubuh

Ternyata ada efek samping buah kelengkeng yang bisa Anda dapatkan ketika terlalu banyak mengonsumsi buah yang satu ini. Kelengkeng merupakan buah berukuran kecil dengan warna coklat terang di bagian kulitnya. Daging buahnya berwarna putih dan rasanya manis. Kelengkeng selalu menjadi camiln favorit karena rasanya yang manis dan mudah untuk dikonsumsi. Harga buah ini pun tidak terlalu mahal di pasaran.

Buah kelengkeng mengandung beberapa vitamin dan senyawa lainnya seperti kalori, karbohidrat, serat pangan, protein, besi, mangan, kalium, seng, vitamin B1, C, B2, dan masih banyak lagi. Kandungan nutrisi dalam buah ini memang baik untuk tubuh Anda namun bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Kelengkeng juga mempunyai efek samping tertentu yang akan menyerang tubuh Anda.

15 Efek Samping Buah Kelengkeng untuk Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan efek samping bawang merah untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Naiknya kadar gula dalam darah

Rasa manis pada buah kelengkeng memang kuat. Kandungan gula alami dalam buah ini dapat menyehatkan tubuh Anda namun jika dikonsumsi terlalu banyak, maka kadar gula dalam darah Anda akan naik dan memicu penyakit diabetes.

2. Kegemukan

Buah kelengkeng juga dapat membuat Anda menjadi lebih gemuk. Hal ini masih disebabkan oleh faktor yang sama, yaitu rasa manis yang berasal dari kandungan gulanya. Gula yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh Anda memicu obesitas.

3. Kurangnya nafsu makan

Konsumsi buah kelengkeng bukanlah sebuah konsumsi makanan yang bisa dikatakan makan berat. Jika dalam sehari Anda hanya mengonsumsi buah ini, maka nafsu makan Anda akan berkurang dan tubuh Anda akan kekurangan nutrisi lainnya.

Loading...

4. Keracunan

Efek samping konsumsi kelengkeng yang terlalu banyak juga dapat menimbulkan keracunan di tubuh Anda. Pastikan Anda tidak mengonsumsi buah ini dalam kadar yang berlebihan atau nutrisi di dalamnya justru akan memicu efek racun dalam tubuh.

5. Gangguan hormone pria

Buah kelengkeng yang banyak diproses dengan disemprotkan sejumlah zat pestisida tentunya akan membahayakan kesehatan tubuh Anda jika dikonsumsi. Salah satu efeknya yaitu membuat hormone pria menjadi menurun.

6. Penghambat proses kelahiran

Bagi pada ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi buah kelengkeng dalam porsi yang banyak. Buah ini dapat menjadi sumber penghambat dari lambatnya proses kelahiran karena sifat buah ini yang tergolong panas.

7. Sakit perut

Semua makanan yang Anda konsumsi tidak selalu memberikan efek yang baik. Apalagi jika dikonsumsi secara terus menerus. Buah kelengkeng juga sama. Justru akan menimbulkan rasa sakit pada perut jika dikonsumsi berlebihan.

8. Iritasi lambung

Efek lainnya yang masih berkaitan dengan rasa sakit pada perut yaitu munculnya iritasi pada lambung. Lambung Anda akan mengalami gangguan kesehatan jika dipaksa mengolah makanan yang sama dengan kandungan yang sama berulang kali.

9. Mengganggu pertumbuhan janin

Buah kelengkeng memang mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan namun ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi buah ini. Efek sampingnya yaitu dapat mengganggu pertumbuhan janin.

10. Keguguran

Efek yang paling parah dari konsumsi buah kelengkeng dengan kandungan pestisidanya yaitu keguguran. Saat ini cukup sulit memilih jenis buah segar karena hampir semua proses panennya menggunakan bahan kimiawi.

Baca Juga: 16 Jenis Makanan Pemicu Gatal pada Kulit di Tubuh

Selain 10 jenis efek samping diatas, ada beberapa efek samping buah kelengkeng untuk tubuh lainnya. Berikut ini 5 efek samping lainnya:

5 Efek Samping Buah Kelengkeng untuk Tubuh Lainnya

11. Sakit kepala
12. Sembelit
13. Terganggunya motorik anak
14. Penyakit ginjal
15. Diare
16. Mencret

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping buah kelengkeng untuk tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top