Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

11 Efek Samping Minyak Ikan Omega 3 untuk Kesehatan

Uncategorized

11 Efek Samping Minyak Ikan Omega 3 untuk Kesehatan

Minyak ikan omega-3 sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungan minyak ikan omega-3 diantaranya adanya vitamin A dan juga asam lemak. Selain itu juga bermanfaat untuk organ tulang dan otak. Namun sebaiknya sebelum mengkonsumsi minyak ikan omega-3 ada baiknya Anda mengetahui bahaya atau efek samping yang ditimbulkan minyak ikan omega-3. Berikut efek samping minyak ikan omega-3.

11 Efek Samping Minyak Ikan Omega 3 untuk Kesehatan

1. Kanker pancreas

Kadar asam omega 3 yang berlebihan menimbulkan kerusakan jaringan pada pancreas dan memicu terjadinya kanker. Kondisi ini bisa dihubungkan dengan stress oksidatif yang disebabkan karena banyaknya jumlah asamlemak omega-3 didalam tubuh yang merusak DNA.

2. Pendarahan

Konsumsi minyak ikan yang berlebih menyebabkan seseorang akan mengalami pendarahan. Kondisi seperti ini disebabkan adanya tekanan pada system pembuluh darah yang disebabkan oleh kadar asam lemak omega-3. Pendarahan bisa lebih parah apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah lainnya.

3. Pelapukan tulang

Minyak ikan berfungsi sebagai proses pembentukan tulang, akan tetapi apabila penggunaan dengan dosis tidak tepat atau berlebihan akan menimbulkan penumpukan kalsium dibeberapa area tulang lunak. Sebaiknya konsumsi minyak ikan dengan sesuai kebutuhan saja karena bisa menyebabkan pelapukan tulang dini untuk mereka yang masih dalam tahap pertumbuhan tulang.

4. Keracunan vitamin

Sebaiknya jika memilih minyak ikan omega-3 harus dengan cermat. Karena sebagian minyak ikan omega tertentu mengandung senyawa beracun yang berpengaruh system kekebalan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi minyak ikan dengan atau sesuai anjuran dan kebutuhan tubuh.

5. Melemahkan imunitas

System kekebalan tubuh atau imunitas sangat penting yang berperan untuk mengendalikan berbagai jenis infeksi yang kemungkinan muncul. Apabila system kekebalan tubuh terindikasi dengan kadar asam lemak yang ada pada omega-3 maka dapat memepengaruhi beberapa organ tubuh lainnya.

Loading...

6. Alergi

Bahan dasar pembuatan minyak ikan adalah ikan tentunya. Apabila anda mempunyai riwayat penyakit alergi ikan sebaiknya hindari konsumsi minyakikan omega-3. Jika tetap mengkonsumsi dikhawatikan akan membuat alergi semakin parah. Selain dilarang untuk yang menderita atau alergi juga dilarang untuk penderita HIV/AIDS karena akan berdampak buruk bagi keseimbangan hormonal.

7. Kerusakan hati

organ hati sangat berperan penting saat anda mengkonsumsi makanan atau obat dan zat tertentu. Hal ini juga berpengaruh apabila terlalu banyak mengkonsumsi minyak ikan omega-3. Efek yang ditimbulkan adalah kerusakan hati dimana racun yang seharusnya dinetralkan justru bercampur dan berakibat fatal untuk organ hati anda.

8. Kerontokan rambut

Minyak ikan omega-3 mengandung vitamin A. Apabila terlalu banyak dikonsumsi akan memepengaruhi produksi vitamin A dalam rambut. Jika rambut memproduksi terlalu banyak vitamin A mengakibatkan seseorang mengalami kerontokan rambut. Sebaiknya pergunaan minyak ikan omega -3 dengan tepat.

9. Gangguan jantung

Minyak ikan omega-3 banyak mengandung kalisum. Apabila terlalu banyak mengkonsum minyak ikan omega-3 akan menimbulkan timbunan kalsium dan juga merambah area jantung dan sekitarnya. Jika dibiarkan, kondisi seperti ini bisa mengakibatkan resiko serangan jantung atau gangguan pada detak jantung yang tidak berjalan normal.

10. Disfungsi kelenjar ludah

Akibat apabila terlalu banyak mengkonsumsi minyak ikan omega-3, akan mengalami gangguan berupa tidak mampu memproduksi air liur dalam kadar normal. Keadaan ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan mulut dan pencernaan karena memicu munculnya resiko xerostomia atau keadaan mulut menjadi kering. Selain itu juga berakibat mengalami sesak nafas.

Baca Juga: 21 Efek Samping Vape atau Rokok Eelektrik bagi Kesehatan

Selain 10 efek samping diatas, ada beberapa efek samping ikan omega-3 yang lainnya. Berikut beberapa efek samping minyak ikan omega-3 lainnya:

Efek Samping Ikan Omega 3 untuk Kesehatan Lainnya

11. Mual, muntah, sakit kepala

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping minyak ikan omega-3 untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top