Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Efek Samping Pare bagi Kesehatan Tubuh

Uncategorized

14 Efek Samping Pare bagi Kesehatan Tubuh

Pare merupakan sayuran yang memiliki rasa pahit namun juga banyak yang menyukai sayuran ini. Pare biasa diolah sebagai tumisan saja. Semakin berkembangnya zaman, pare sekarang terkadang diolah bersama salad, sambal atau dinikmati sebagai minuman jus. Tanaman yang memiliki nama lain momordica Charantia ini dapat digunakan sebagai obat hebal untu bebagai penyakit seperti stroke, tumor, diabetes.

Sayur pare merupakan salh satu sayuran yang rendag kalori. Kandungan yang ada pada pare diantaranya float, flaflonoid, phytonutrient, B-kompleks, dan juga Vitamin C. Mengkonsumsi pare secara tepat dan tidak berlebihan adalah syarat supaya bisa mendapatkan hasil yang diharapkan. Pare haruslah dimasak dengan matang dan juga mencampurkan dengan berbagai sayuran lainnya.

Pare

Selain mengandung beberapa zat yang berguna untuk beberapa penyakit, pare juga apabila dikonsumsi secara berlebihan dapa menimbul penyakit. Berikut ini beberapa efek samping yang ditimbulkan pare.

1. Keguguran

Asam folat yang terdapat pare bermanfaat untuk pertumbuhan janin. Akan tetapi pare juga mengandung momorcharins yang dapat merangsang Rahim. Oleh karenanya, dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran janin. Sebaiknya ibu Hamil jangan terlalu banyak mengkonsumsi pare.

2. Gula darah turun drastis

Pare sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes. Namun, apabila berlebihan dalam megkonsumsi pare bisa menyebabkan gula darah menurun. Sebaiknya yang memiliki kadar gula normal tidak terlalu banyak mengkonsumsi pare.

3. Nyeri perut

Pare apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan rasa nyeri perut. Apabila terjadi hal demikian, sebaiknya segera diatasi dengan mengrompres perut dengan handuk hangat dan minum air hangat.

Loading...

4. Diare

Nyeri pada lambung disebabkan karacunan pare berlebih bisa menyebabkan seseorang mengalami diare.

5. Kemandulan

Sudah dijelaskan bahawa pare mengandung zat momorcharins. Senyawa tersebut bisa menyebabkan anti infertilitas pada pria. Dari hal itulah, pare bisa memicu seseorang mengalami kemandulan terutama bagi pria.

6. Impotensi

Sebaiknya bagi pria tidak terlalu banyak megkonsumsi pare dikarenakan pare berpotensi meruska buah zakar atau testis yang berakibat impotensi serta ejakulasi dini bagi sebagian pria.

7. Gangguan liver

Bahaya zat momorcharins selain yang telah disebutkan diatas juga bisa menjadikan liver bekerja lebih keras dan mengalami gangguan apabila tidak diimbangi dengan konsumsi sayuran atau buah dengan anti oksidan tinggi. Hal ini terjadi apabila pengolahan getah pare tidak di olah secara benar.

8. Kegagalan operasi

Zar momorcharins yang terkandung dalam pare menyebabkan kondisi kadar gula dalam darah tidak stabil. Oleh sebab itu, pare tidak dianjurkan untuk seseorang yang sedang menjalani proses kemoterapi karena bisa menyebabkan kegagalan operasi disebabkan kondisi tubuh tidak stabil.

9. Perubahan hormone

Kandungan cucurbitacins dalam pare penyebab rasa pahit bisa mempengaruhi hormone seseorang seperti mudah emosi, pelupa,dan sulit konsentrasi.

10. Migraine

Apabila seseorang mengkonsumsi pare secara rutin setiap hari, bisa menyebabkan seseorang mengalami migraine. Sebaiknya mengkonsumsi pare tidak berlebihan karena zat-zat yang terkandung dalam pare sangat membahayakan tubuh.

Baca Juga: 14 Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan bagi Tubuh

Selain 10 efek samping diatas, ada beberapa efek samping pare bagi kesehatan. Berikut beberpa efek samping pare bagi kesehatan lainnya.

4 efek samping pare bagi kesehatan lainnya.

11. Keracunan
12. Alergi
13. Mual
14. Muntah

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping pare bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top