Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Efek Samping Pil KB bagi Kesehatan Wanita

Uncategorized

15 Efek Samping Pil KB bagi Kesehatan Wanita

Pada masa sekarang banyak sekali alat kontrasepsi yang bisa digunakan untuk menunda kehamilan. Diantaranya adalah alat kontrasepsi injeksi, oral hingga spriral atau ditanam. Di Indonesia, penggunaan pil KB cukup banyak diminati karena dinilai cukup aman dan efektif. Jadi wajar jika banyak pasangan yang memilih alat kontrasepsi ini untu membantu menunda terjadinya pembuahan.

Cara kerja pil KB berpengaruh pada kadar esterogen dan progesterone. Selain itu juga mempengaruhi produksi testosterone. Kinerja pil KB ini dirasakan aman saja bagi beberapa wanita. Apalagi hasil yang diinginkan juga sesuai harapan. Akan tetapi, walaupun terlihat aman saja, pil KB juga memiliki efek samping yang bisa mengganggu kesehatan penggunanya. Berikut ini beberapa efek samping pil KB bagi wanita.

15 Efek Samping Pil KB bagi Kesehatan Wanita

1. Pembekuan darah

Pembekuan darah tidak selalu disebabkan pil KB. Namun, beberapa penelitian menujukkan bahwa efek samping konsumsi pil KB menyebabkan pembekuan darah. Gejela pembekuan darah merupakan gejala awal penyakit yang serius, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

2. Bengkak payudara

Penggunaan pil KB menyebabkan tubuh mengalami perubahan hormone. Akibatnya beberapa pengguna pil KB mengalami pembesaran payudara. Akan tetapi kondisi ini juga normal terjadi pada wanita yang menyusui atau sedang hamil.

3. Sakit kepala

Jika wanita yang memiliki riwayat penyakit migraine, apabila mengkonsumsi pil KB beresiko mengalami sakit kepala. Hal ini disebabkan pil KB yang ada pada tubuh menimbulkan penurunan kadar esterogen dalam tubuh yang memicu timbulnya nyeri pada bagian kepala.

4. Mual

Gejala awal akibat konsumsi pil KB adalah merasakan rasa mual tetapi tidak sampai mengalami muntah. Mual tersebut diakibatkan eseterogen yang berpengaruh pada lambung. Kadar esterogen yang tinggi berakibat mual.

Loading...

5. Berat badan naik

Tidak hanya konsumsi pil KB. Sebagian wanita yang menggunakan alat kontrasepsi akan mengalami kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormone yang menyebabkan nafsu makan bertambah.

6. Perubahan mental

Akibat dari penggunaan alat kontrasepsi adalah mudah emosi, sensitive, serin lupa dan konsentrasi sedikit menurun. Selain itu juga meyebabkan depresi untuk pengguna pil KB. Kondisi ini dikarenakan hormone sontetos dala pil KB mempengaruhi keseimbangan neurotransmitter dalam otak. Ketidakseimbangan tersebut dapat mengganggu emosional seta suasana hati bagi pengguna pil KB.

7. Infeksi Jamur

Resiko terkena infeksi jamur sangat rentan dialami pengguna pil KB. Kondisi ini disebabkan pil KB mengubah keseimbangan hormone estrogen dan progesterone pada tubuh yang mengakibatkan infeksi jamur dikarenakan kadar esterogen menurun. Gejala yang dialami biasanya rasa gatal, nyeri, panas atau bisa iritasi yang cukup lama.

8. Pendarahan diluar menstruasi

Perubahan kadar hormone akibat penggunaan pil memicu terjadinya pendarahan diluar sklus menstruasi. Kondisi ini mengakibatkan lapisan endometrium mudah rapuh dan rentan. Selain hal tersebut, pendarahan juga disebabkan karena infeksi bakteri.

9. Gairah seks menuruh

Hormon pada pil KB, berfungsi untuk menetralkan agar tidak terjadi pembuahan. Pil KB bekerja menghambat bahkan menghentikan produksi testosterone. Sehingga hal ini menyebabkan wanita yang menggunakan pil KB mengalami penurunan nafsu untun melakukan berhubungan intim.

10. Gangguan mata

Gangguan mata terjadi apabila pengguna pil KB menggunakan kacamata atau lensa kotak. Hal ini disebabkan bengkaknya kornea mata akibat perubahan hormone. Efek samping yang ditimbulkan penggunaan pil KB adalah berakibat glaucoma ataua kerusakan saraf optic.

Baca Juga: 16 Bahaya MSG bagi Kesehatan Tubuh

Selain 10 efeksamping diatas, ada beberapa efek samping pil KB bagi wanita lainnya. Berikut beberapa efek samping pil KB bagi wanita lainnya.

5 efek samping pil KB bagi kesehatan wanita lainnya.

11. Nyeri dada
12. Bengkak kaki dan Paha
13. Nyeri perut
14. Komplikasi
15. Kemandulan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping pil KB bagi kesehatan wanita yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top