Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

11 Efek Samping Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

11 Efek Samping Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh

 Secara umum kebanyakan orang memenuhi nutrisi dalam tbuh dengan menambah susu sebagai penyempurna. Kebiasaan ini seriang dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Kebanyakan orang mengkonsumsu susu sapi yang secara umum mudah ditemukan dan sudah memiliki banyak penggemar.

Tetapi ada juga orang yang menggunakan susu kambing yang dinilai memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi. ternyata anggapan ini juga tidak sepele secara medis susu kambing mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Konsumsinyapun harus dibatasi jika tidak ingin efek dibawah ini menyerang Anda.

11 Efek Samping Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa efek konsumsi susu kambing secara berlebihan yang wajib diketahui :

1. Mual

Kadang orang merasakan susu sapi seperti biasanya tidak memilki efek samping yang berarti akibat sudah terbiasa dengan rasa dan baunya. Berbeda dengan susu kambing yang memiliki bau jauh lebih menyengat dan rasa yang sedikit lebih amis. Jika Anda mengkonsumsi  susu ini yang belum terbiasa maka Anda akan merasakan efek mual pada diri Anda. Kemungkinan besar Anda belum terbiasa dengan rasa dan baunya yang lebih menyengat.

2. Kepala Sakit

Efek ini memang bisa dirasakan ketika Anda sudah terbiasa meminum susu kambing tapi Anda lakukan secara berlebihan. Hal ini terjadi akibat proses detoksifikasi dalam tubuh Anda yang kekurangan oksigen. Kandungan nutrisi dalam susu kambing mampu mengikat oksigen dalam tubuh sehingga alirannya ke seluruh tubuh berkurang. Ini yang menyebabkan kepala Anda merasa nyeri dan pusing.

3. Menghambat pertumbuhan

Secara medis memang susu kambing memiliki khasiat yang bisa membantu metabolisme tubuh bagi orang dewasa. Stamina memang bisa terjaga karena susu ini kaya manfaat. tetapi bagi anak anak, susu kambing tidak direkomendasikan. Susu kambing memang lebih murah tetapi bagi pertumbuhan anak, susu kambing tidak disarankan karena mampu menghambat pertumbuhan anak Anda. Jangan sekali kali mengganti susu sapi dengan susu kambing kepada anak Anda.

Loading...

4. Perubahan Kadar PH tubuh

Perubahan ini diakibatkan karena kelabihan konsumsi susu kambing. Secara medis dikenal dengan asiodosis. Keadaan ini merupakan kelainan pada tubuh yang memiliki kadar pH yang lebih rendah dari keadaan normal. Sehingga tubuh Anda akan memiliki tingkat keasaam lebih pada kondisi normal.

5. Alergi

Keadaan ini memang bisa dirasakan secara langsung. Sebagian orang bisa saja tidak merasa nyaman dan tubuh menerima asupan gizi dari susu kambing. Kandungan lemak yang tinggi bisa menyebabkan alergi. Lebih baik jika Anda me seringalami hal ini, segera hindari konsumsi susu kambing agar tidak menyebabkan penyakit serius lainya.

6. Penyakit Kulit

Penyakit serius pada kulit juga bisa terjadi akibat mengkonsumsi susu kambing secara berlebihan. Biasanya efek yang ditimbulkan adalah timbulnya rasa gatal dan bintik bintik merah. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, bisa jadi Anda terkena infeksi kulit karena menggaruk area gatal pada permukaan kulit Anda yang menyebabkan penyakit herpes, kudis dan kurap.

7. Gejala Insomnia

Penyebab gejala ini adalah konsumsi susu kambing yang berlebih. Biasanya susu bila dikonsumsi secara normal akan menyebabkan rasa kantuk. Tetapi berbeda dengan susu kambing, dimana dalam keadaan tubuh biasa, susu ini mampu membangkikan energi dan aliran darah semakin cepat.

Tubuh Anda akan terasa panas dan susah untuk tidur. Jika demikina Anda biarkan saja, kemungkinan Anda akan mengalami penyakit susah tidur yang sering disebut insomnia.

8.  Mengakibatkan Dehidrasi

Kenapa demikian? Kandungan  protein tinggi pada susu kambing mampu menyebabkan dehidrasi jika digunakan pada balita atau Bayi. Berhati hati dalam menggunakannya harus dilakukan apalagi untuk anak Anda. Selain itu, kandungan susu ini ampu meningkatkan kadar larut zat pada ginjal. Sehingga sangat berbahaya dikonsumsi bagi orang yang belum cukup usia.

9. Efek Kejang Kejang

Efek ini akan timbul karena sisitem pencernaan Anda mengalami kontraksi akibat konsumsi susu kambing berlebihan. Gejala ini sering disebut keracunan air. Nutrisi susu dalam pencernaan akan bercampur pada makanan lain yang mampu mengakibatkan tingkat keencerannya tinggi. Sehingga Anda akan mengalami kejang kejang.

10. Muntah

Bagi Anda yang belum terbiasa dengan konsumsi susu kambing, Anda bisa mengalami efek samping pencernaan yang membuat Anda merasa mual dan ingin muntah. Hal ini akan membuat pencernaan Anda terganggu kesehatannya.

11. Fases Berdarah

Anda juga perlu berhati-hati jika ada gejala fases berdarah ketika Anda buang air besar. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa tubuh Anda tidak bisa menerima kandungan yang ada di dalam susu kambing. Anda bisa menghentikan konsumsi ini segera setelah gejala ini muncul.

Baca Juga: 8 Efek Minum Kopi setelah Makan Jengkol untuk Tubuh

Berhati hati mengkonsumsi susu kambing yang kaya manfaat perlu diperhatikan. Nutrisi dan protein tinggi memang cocok untuk pertumbuhan. Tetapi ingat ada bahaya yang mengancam bila tidak tepat guna dan berlebihan. Cobalah untuk mengonsumsi minuman yang sekiranya cocok untuk tubuh Anda.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top