Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Efek Samping Teh Pahit Bagi Kesehatan Tubuh

Uncategorized

16 Efek Samping Teh Pahit Bagi Kesehatan Tubuh

Teh pahit pada saat ini mulai banyak dikonsumsi dan digemari oleh berbagai macam kalangan karena memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat selain itu juga mengenyangkan. Tetapi perlu anda ketahui bahwa efek samping teh pahit juga telah ada bagi kesehatan tubuh pada masa depan.
Mengkonsumsi teh yang terlalu pekat tanpa ada sebuah tambahan gula, susu, air lemon bisa membuat anda terkena gangguan kesehatan. Untuk anda yang ingin mencegah terjadinya penyakit dari teh pahit, alangkah baiknya anda mencegahnya. Lalu apa saja efek samping teh pahit bagi kesehatan, berikut inilah efek sampingnya.
Loading...

1. Gangguan Ritme Jantung

Mengkonsumsi teh pahit secara berlebihan bisa membuat anda terkena oleh gangguan ritme jantung. Efek samping ini terjadi karena kandungan kafein dan katekin yang telah ada menyumbat aliran darah kita yang sedang menuju ke jantung. Apabila jantung mengalami detak jantung tidak beraturan, maka bisa membuat seseorang terkena sesak nafas atau nyeri dada.

2. Tekanan darah tinggi

Efek samping teh pahit lainnya bisa membuat anda terkena oleh serangan darah tinggi. Kandungan kafein, katekin dan juga senyawa lainnya yang telaha da di dalam teh ini bisa menghambat kelancaran arteri ataupun pembuluh darah. Tentu, hal ini bisa menghambat darah yang menyebar dengan lancar pada seluruh tubuh. Jika anda mengkonsumsi teh pahit bertahun-tahun, maka bisa membuat tekanan darah menjadi naik.

3. Maag

Kandungan senyawa yang telah ada di dalam teh pahit ini sanagatlah tajam karena bisa menggerus dan melukai usus. Tentu, hal ini merupakan salah satu efek samping teh pahit yang bisa memunculkan penyakit maag.

4. Insomnia

Mengkonsumsi teh pahit secara berlebihan juga bisa membuat sistem saraf otak tetap aktif dan hal ini akan meningkatkan metabolisme dan membuat perasaan menjadi gampang panik. Hal ini sendiri terjadi karena kandungan kafein yang telah ada di dalamnya yang mampu menyebabkan kita kesulitan tidur atau insomnia.

5. Meningkatkan demam

Untuk seseorang yang sedang mengalami demam, sebaiknya tidak mengkonsumsi jenis teh apapun salah satunya teh pahit. Kandungan kafein dan tanin yang tinggi di dalam minuman teh ini bisa menyebabkan munculnya efek samping yang meresahkan yaitu meningkatkan suhu tubuh. Tentu, hali ini nantinya akan mempengaruhi kestabilan metabolisme tubuh dan juga keseimbangan tubuh anda.

6. Sakit Tenggorokan

Sebagian orang biasanya mereka memiliki saluran tenggorokan yang sangatlah sensitif terhadap senyawa kimia, salah satunya pada teh pahit. Tenggorokan biasanya mudah terkena serangan radang dan nyeri yang bisa membuat anda menjadi kesulitan pada saat menelan makanan.

7. Mengalami Kerapuhan Tulang dan Sendi

Salah satu efek samping teh pahit yang paling mengerikan yaitu bisa menyebabkan kerapuhan pada tulang dan persendian. Kandungan fluoride yang terlalu banyak di dalam darah bisa membuat anda mengalami rasa nyeri pada tulang dan persendian. Fluoride ini nantinya akan mengikat dan akan mengendalikan kalsium pada tulang sehingga nantinya kepadatan tulang bisa menjadi berkurang.

8. Sembelit

Kandungan senyawa asam tannat yang berlebihan pada tubuh bisa beresiko terkena gangguan fungsi usus dimana terjadi pelemahan proses yang menghancurkan makanan pada saluran usus. Kondisi ini nantinya bisa menyebabkan efek samping pada teh pahi tidak bisa untuk dihindari. Lambatnya proses pelumasan feses pada saluran pembuangan bisa menjadi sembelit.

9. Pembentukan Batu Ginjal

Mengkonsumsi minuman teh pahit secara terus menerus bisa menyebabkan zat oxalate yang telah ada di dalam teh bisa mudah membentuk batu ginjal. Tentu, untuk anda yang terlalu banyak zat oxalate pada tubuh anda bisa mempersulit kinerja ginjal yang berguna untuk mengendalikan cairan tubuh dan akan memicu pengeran batu ginjal.

10. Mengganggu Siklus Haid

Untuk anda seorang wanita yang sedang me. ngalami siklus haid, alangkah baiknya untuk tidak meminum teh pahit. Kandungan senyawa dan zat yang telah ada di dalam pahit ini bisa memunculkan efek samping teh pahit yang berupa hormon berlebihan. Salah satunya bisa memunculkan stress, sakit kepala dan juga perut anda tidak nyaman.
Selain 10 efek samping teh pahit untuk kesehatan, ada lagi 6 efek samping lainnya yang perlu anda ketahui. Berikut inilah efek samping lainnya.

6 Efek Samping Teh Pahit bagi Kesehatan Tubuh Lainnya:

11. Asam Lambung Naik
12. Tubuh Kurus
13. Kontraksi Rahim
14. Mengurangi produksi kelenjar ASI
15. Penurunan hemoglobin
16. Kerapuhan Persendian
Diatas itulah efek samping teh pahit yang akan anda rasakan jika anda meminumnya. Meminum sebenarnya boleh saja asalkan tidak terlalu berlebihan dan sesuai takaran. Jadi mulai sekarang sebaiknya jaga kesehatan anda dengan meminum minuman sehat dan tidak berlebihan.
Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top