Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Efek Samping Susu Kambing Bagi Kesehatan

Uncategorized

12 Efek Samping Susu Kambing Bagi Kesehatan

Susu kambing merupakan susu yang diperoleh dari hewan kambing. Minuman susu kambing memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun dibalik manfaat itu tentu akan ada efek samping susu kambing apabila di konsumsi secara berlebihan.

Susu kambing memang terbukti secara klinis dapat mengobati berbagai penyakit seperti mual, muntah, pusing dan lain sebagainya. Namun manfaat tersebut bisa didapatkan apabila dikonsumsi dengan takaran yang wajar dan tidak berlebihan. berikut ini merupakan beberapa efek samping susu kambing apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Efek Susu Kambing, Bahaya Susu Kambing, Dampak Negatif Susu Kambing

1. Mual

Efek samping susu kambing seperti mual dan muntah memang sangat wajar dialami oleh seseorang yang mengonsumsinya dalam keadaan perut sedang kosong. Saat perut belum terisi makanan, maka pencernaannya akan mengalami masalah sehingga apabila diisi dengan susu kambing akan memicu terjadinya mual dan tidak nyaman pada perut.

2. Sakit kepala

Susu kambing yang berlebihan akan menyebabkan peminumnya merasakan sakit kepala. Efek ini tidak jauh dari proses detoksifikasi yang memerlukan asupan oksigen yang cukup. Saat meminum susu kambing, oksigen yang mengalir di dalam tubuh akan berkurang dan menyebabkan sakit atau nyeri pada bagian kepala.

3. Menghambat pertumbuhan anak

Memang susu sangat baik bagi pertumbuhan anak, namun pada orang tua jangan pernah berpikiran untuk mengganti susu sapi dengan kambing karena harganya yang lebih murah. Justru susu kambing yang di konsumsi secara berlebihan akan menyebabkan pertumbuhan anak menjadi terhambat. Oleh sebab itu lebih baik tetap menggunakan susu yang berasal dari sapi.

4. Asiodosis

Akibat lain yang bisa ditimbulkan oleh susu kambing yaitu akan menyebabkan asisdosis. Asidosis yaitu kelainan pada tubuh dimana tubuh memiliki kadar pH yang jauh lebih rendah daripada biasanya. Secara otomatis tubuh akan lebih asam dari kondisi normal.

Loading...

5. Alergi

Tidak semua orang cocok untuk mengonsumsi susu kambing. Kandungan lemak yang tinggi pada susu kambing akan menyebabkan alergi. Seseorang yang punya riwayat alergi susu sapi juga kemungkinan besar akan mengalami alergi juga apabila mengonsumsi susu kambing.

6. Gatal dan bintik merah

Susu kambing yang dikonsumsi juga akan menyebabkan masalah serius pada kulit. Kulit biasanya akan mengalami bintik merah dan gatal – gatal. Meski akibat ini tidak terlalu serius, namun apabila dibiarkan akan sangat mengganggu aktivitas sehari – hari.

7. Susah tidur 

Berbeda dengan susu sapi yang biasanya akan menyebabkan tubuh mengantuk dan akan membuat seseorang tubuh menjadi cukup istirahat. Susu kambing justru akan menyebabkan seseorang yang meminumnya sulit merasa mengantuk dan tidak bisa tidur. Kondisi ini biasa disebut dengan insomnia. Insomnia juga bisa di sebabkan oleh kafein yang terdapat pada kopi.

8. Dehidrasi pada bayi dan balita

Hati – hati menggunakan susu kambing sebagai susu formula bagi anak Anda, terutama jika masih bayi dan balita. Hal ini karena protein dalam susu kambing sangatlah tinggi dan bahkan lebih tinggi dibanding pada susu sapi. Hal ini akan menyebabkan bayi mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Tidak hanya itu, susu kambing juga akan menyebabkan kadar larut zat ginjal meningkat.

9. Keracunan air 

Tidak banyak yang tahu bahwa susu kambing juga akan menimbulkan kejang – kejang sebagai akibat dari gejala keracunan air. Ketika susu mengalami proses pengenceran dalam tubuh, maka nutrisi juga akan ikut encer sehingga akan menimbulkan efek kejang – kejang.

10. Berat badan meningkat

Minum susu kambing dengan kadar lemak yang tinggi juga akan menyebabkan kenaikan berat badan sehingga akan merusak penampilan. Jadi apabila kamu sedang menjalankan program diet, sebaiknya tidak mengonsumsi minuman berlemak tinggi termasuk susu kambing karena hanya akan membuat keadaan tubuh menjadi sebaliknya.

Baca Juga 8 Dampak Bahaya Minum Air Daun Ketum untuk Kesehatan

2 Efek Susu Kambing Lainnya Bagi Kesehatan:

11. Muntah
12. Feses berdarah

Diatas itulah informasi tentang efek susu kambing bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya apabila seseorang ingin mengonsumsi susu, pilihlah susu sapi yang menyehatkan. Beberapa kandungan dari susu kambing akan menyebabkan beberapa gangguan serius seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Selalu perhatikan makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi agar tetap sehat dan tidak menimbulkan risiko penyakit.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top