Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Fakta Menghirup Embun untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Fakta Menghirup Embun untuk Kesehatan

Kamu mungkin pernah mendengar cerita mitos bahwa embun bahaya bila sampai terhirup. Makanya ketika pagi-pagi sekali kita mesti berkendara motor atau jalan kaki, disarankan pakai masker biar tidak menghirup embun saat bernafas. Benarkah demikian? Mayoritas orang membenarkan, namun dirinya tetap enggan memakai masker. Sebab, embun itu menyegarkan nafas. Justru moment pagi berembun lah yang selalu dicari-cari dan ditunggu banyak orang. Apalagi yang tinggal di perkotaan.

Embun dihasilkan dari pengembunan uap air. Perubahan gas menjadi cair. Biasanya embun dapat kita lihat di pagi hari, di antara rimbun dedaunan ada tetesan air padahal semalam tidak hujan.Itulah embun. Ketika embun sedang tebal, kita juga akan ketetesan air embun itu. Bahkan bisa menghirupnya. Pertanyaannya, bahaya kah menghirup embun?

Rumus kimiawi embun sama dengan air, H20. Pada dasarnya embun saja dengan air. Dalam Islam bahkan dikenal sebagai salah satu air suci yang sah digunakan untuk berwudhu. Maka, sebenarnya embun ini tidak bahaya buat kesehatan. Kita boleh saja menghirup embun. Asalkan masih dalam kondisi wajar.

Tapi mana mungkin seseorang bisa sampai menghirup embun sampai tidak wajar. Biasanya jangka waktu pengembunan uap air di pagi hari kan sebentar doang. Kita hanya bisa merasakan embun kurang lebih dari jam 5 pagi sampai setengah 7 pagi saja. Bahkan jam 6 pun biasanya sudah sangat tipis. Maka tidaklah mungkin seseorang menghirup embun sampai batas wajar.

Tidak masalah kalau kita ingin menghirup embun. Mitos bahwa embun bisa menyebabkan paru-paru basah mungkin saja terjadi. Namanya saja uap air, kalau terhirup kebanyakan tentu saja bahaya buat paru-paru. Di bawah ini sudah kami sajikan 15 fakta menghirup embun untuk kesehatan:

1. Menyebabkan Paru-Paru Basah

Paru-Paru Basah biasanya dialami oleh orang yang suka kena angin malam. Ini sebenarnya nama populer dari penyakit Pneumonia. Apakah dengan kita menghirup embun bisa menyebabkan paru-paru basah? Jawabannya, mungkin saja bisa… tapi kemungkinannya hanya 10% saja. Ini pun kalau kita hirup embun dalam jangka waktu lama sekali dan terus-menerus.

Loading...

2. Membersihkan Rongga Hidung

Embun dapat membersihkan rongga hidung kita. Dibandingkan menghirup udara yang biasa, embun lebih ampuh untuk sweeping rongga saluran nafas manusia. Ini tentu saja baik sekali untuk kesehatan saluran nafas.

3. Menyegarkan Wajah

Ketika kita menghirup embun di pagi hari, wajah pun ikut tersapu embun. Rasanya sangat segar sekali, ya? Ini sungguh baik untuk meremajakan kulit. Sama dengan air, selama ini uap air atau titik-titik air dalam ukuran mikro memang dianjurkan dalam proses peremajaan kulit wajah.

4. Membuat Nafas Jadi Lega

Menghirup embun di pagi hari juga akan menyebabkan nafas terasa lega. Cocok untuk terapi pengidap asma dan gangguan nafas lainnya.  Jadi ketika embun sedang turun, sebaiknya hiruplah nafas dalam-dalam dan rasakan. Betapa bermanfaatnya embun untuk saluran nafas. Bahkan melebihi leganya mengirup selang oksigen murni di rumah sakit.

5. Mengobati Sakit Kepala

Menghirup embun juga dapat mengobati nyeri kepala. Sakit kepala yang tidak kunjung sembuh apapun penyebabnya, bisa disembuhkan oleh embun. Terapi embun benar-benar baik untuk menenangkan syaraf-syaraf di kepala yang menegang.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ternyata embun juga ampuh sekali untuk turunkan hipertensi. Tekanan darah tinggi bisa sembuh pelan-pelan. Silahkan buktikan sendiri terapi embun dalam jangka waktu seminggu sampai sebulan tanpa henti. Niscaya tekanan darah lebih stabil dan normal.

7. Menimbulkan Rasa Senang

Menghirup embun ternyata dapat menimbulkan rasa senang di diri kita. Perasaan antusias dan enerjik mendadak muncul. Diri kita dipenuhi kebahagiaan dan mendadak berubah jadi pribadi yang positif.

8. Mengobati Stress

Karena embun memang memiliki kemampuan mengobati stress. Maka dari itu, baik sekali untuk kesehatan.

9. Membuat Kulit Jadi Lembab dan Bersih

Kulit jadi lebih lembab dan bersih adalah keniscayaan manfaat dari menghirup embun.

10. Menyehatkan Jantung

Jantung juga menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 25 Dampak Berhubungan Intim Setiap Hari untuk Pasangan Muda

5 Fakta Menghirup Embun untuk Kesehatan yang Lainnya:

11. Menghaluskan Kulit Wajah

12. Mencegah Bibir Kering

13. Menyegarkan Mulut

14. Mengatasi Depresi

15. Menambah Stamina

Wah, ternyata banyak sekali fakta manfaat yang dapat kita peroleh dari menghirup embun. Maka jangan takut lagi ya buat menghirupnya! Tidak perlu lah pakai masker di pagi hari ketika embun masih turun. Justru inilah saat yang paling tepat untuk relaksasi jiwa dan raga.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top