Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Gejala Awal TBC yang Sering Diabaikan

Uncategorized

14 Gejala Awal TBC yang Sering Diabaikan

Gejala Awal TBC – TBC atau tuberculosis merupakan sebuah peradangan pada paru-paru dengan gejala batuk yang tak henti-henti dan disertai darah yang keluar. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit mematikan yang sangat berbahaya karena menyerang organ vital. Maka dari itu, perhatikanlah gejala awal TBC yang biasanya anda abaikan.

TBC merupakan penyakit menular yang akan ditularkan melalui media bersin ataupun batuk dari penderita TBC. Maka berhati-hatilah bagi anda yang hidup di sekitar orang pengidap TBC. Selalu kenakan masker untuk melindungi pernapasan anda. Kenali lah satu persatu gejala awal TBC berikut agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.

TBC

1. Batuk Darah

Gejala awal TBC yang pertama adalah batuk darah pada penderita. Saat anda mulai batuk darah, harusnya anda curiga terhadap kondisi kesehatan anda dan mulai periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak terjadi risiko yang berbahaya. Karena, batuk berdarah bisa menjadi gejala awal terjadinya TBC.

2. Sesak Napas

Sesak napas biasa terjadi saat saluran pernapasan mengalami gangguan seperti batuk. Anda akan merasakan sesak napas saat anda batuk dan perlu diperiksakan ke dokter anda sesegera mungkin untuk didiagnosis dan diberikan penanganan yang tepat agar tidak terjadi penyakit yang berbahaya.

3. Tubuh Terasa Pegal

Tubuh yang terasa pegal biasanya diakibatkan oleh rasa lelah yang diakibatkan oleh tubuh yang bekerja seharian dengan keras. Anda juga akan merasakan tubuh pegal saat gejala awal TBC. Hal ini diakibatkan batuk yang keras. Periksakan diri anda apabila merasakan tubuh yang pegal-pegal.

4. Hilangnya Nafsu Makan

Kehilangan nafsu makan biasanya disebabkan oleh batuk yang tak kunjung sembuh disertai demam yang tinggi. Tetapi gejala tak nafsu makan harus anda lawan, karena saat anda malas makan maka anda akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Anda juga harus segera memeriksakan diri ke dokter saat mengalami gejala yang satu ini dan disertai gejala lain.

Loading...

5. Batuk

Batuk merupakan penyakit yang umum terjadi pada masyarakat di Indonesia. Batuk biasanya disebabkan oleh peradangan tenggorokan dan memberikan reaksi gatal di tenggorokan. Tetapi, anda harus waspada jika batuk yang anda alami sangat parah dari awal, bisa jadi itu merupakan gejala awal TBC.

6. Lelah Berlebihan

Kelelahan merupakan hal wajar bagi anda yang sudah bekerja seharian. Tetapi, hal itu patut dicurigai saat anda tidak melakukan pekerjaan berat tetapi mengalami kelelahan. Hal tersebut bisa jadi gejala awal dari penyakit TBC yang sangat berbahaya. Periksakan diri anda ke dokter saat anda mengalami gejala itu.

7. Warna Urine Berubah

Warna urine yang biasanya kuning bening akan berubah warna menjadi lebih keruh dan agak merah, maka anda perlu mencurigai hal tersebut sebagai gejala awal dari TBC. Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat untuk mengobati TBC agar tidak terjadi risiko yang lebih berbahaya.

8. Berat Badan Turun

Dikarenakan nafsu makan yang hilang, maka penderita akan kehilangan beberapa kilo dari berat badan mereka. Saat anda merasa malas makan, itu hanya akan mempersulit dalam proses penyembuhan. Maka dari itu, anda sebaiknya memaksakan diri untuk makan agar kebutuhan akan nutrisi bisa tercukupi.

9. Demam

Demam merupakan salah satu penyakit yang sangat umum dan sering dialami oleh masyarakat saat ini. Namun anda perlu hati-hati saat demam sangat tinggi dan disertai dengan keringat. Itu bisa jadi merupakan tanda awal diserangnya TBC yang perlu anda waspadai. Periksakan segera ke dokter.

10. Tubuh Panas Dingin

Saat anda mengalami suhu tubuh yang panas dingin dan disertai gejala lain seperti batuk, bisa jadi itu merupakan gejala awal dari TBC. Periksakan diri anda ke dokter agar diberikan penanganan yang tepat. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit yang lebih berbahaya.

Gejala Awal TBC Lainnya :

11. Rasa Nyeri pada Dada
12. Dada akan terasa tertekan saat batuk
13. Mengeluarkan dahak dengan warna aneh
14. Batuk dengan durasi yang panjang dan tak kunjung sembuh

Beberapa gejala awal TBCdiatas memang sering anda abaikan atau sepelekan. Anda dapat menghindarinya dengan selalu menggunakan masker untuk melindungi dari tertular nya TBC. Selalu jaga kondisi tubuh anda agar sistem imun anda kuat untuk melawan virus yang masuk untuk menyerang tubuh anda. Lalu, periksakan ke dokter saat anda mengalami batuk agar diberikan penanganan yang tepat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top