Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Gejala Dehidrasi Pada Anak dan Orang Dewasa

Uncategorized

20 Gejala Dehidrasi Pada Anak dan Orang Dewasa

Gejala Dehidrasi – Dehidrasi adalah dimana kondisi tubuh lebih banyak kehilangan cairan di banding mendapat cairan. Sehingga menyebabkan keseimbangan gula-garam terganggu akibatnya tubuh tidak bisa menjalankan fungsi normalnya. Kandungan air dalam manusia sehat sebanyak 60%total berat badan. Jika seseorang mengalami dehidras berarti kandungan air di dalam tubuh berkurang. Orang yang mengalami dehidrasi awalnya akan mengalami gejala dehidrasi.

Jika anda telah mengalami gejala dehidrasi seperti yang telah kami tuliskan berikut, segeralah untuk minum dan lebih di anjurkan minum air putih. Walaupun sekarang telah banyak minuman isotonic yang di tawarkan, tetapi jangan terburu-buru minum minuman berisotonik. Karena jika anda mengalami ketidak cocokan salah satu kandungan minuman tersebut akan memberikan dampak buruk.

Gejala Dehidrasi

1. Mulut Kering

Ketika tubuh kekurangan cairan pastinya produksi saliva atau air liur juga akan berkurang sehingga membuat mulut menjadi kering. Mulut yang kering menjadikan aroma napas tidak sedap, karena bakteri di dalam mulut tidak ada yang memersihkan. Bakteri di dalam mulut dapat di bersihkan dengan menggunakan sikat gigi dan juga ketika minum yang akan di buang bersamaan dengan air kencing.

2. Haus

Dehidrasi memang penyebab utamanya jarang minum, maka tidak heran ketika mengalami dehidrasi akan mudah merasa haus. Karena selama kita tidak minum berarti tenggorokan kita juga akan kering. Supaya tidak menjadikan dehidrasi tingkat tinggi sebaiknya segera anda minum, dan lebih baik lagi ketika anda mengonsumsi minuman air putih.

3. Kulit Kering

Bukan hanya mulut saja yang menjadi kering akibat kekurangan cairan dalam tubuh, melainkan kulit juga akan kering sehingga ketika di garuk akan bersisisk. Hal ini di sebabkan oleh sel yang ada di permukaan kulit kehilangan kemampuan untuk menolak dan menetralkan jamur, bakteri dll bersama keringat. Karena udara dan radikan bebas tidak mampu di tahan lagi untuk tidak masuk ke dalam permukaan kulit.

4. Jarang Buang Air Kecil

Pada kebanyakan kasus ketika tubuh mengalami dehidrasi maka otomatis buang air kecil pun jarang di lakukan. Walaupun, terkadang juga masih ada beberapa orang yang mengalami dehidrasi sering buang air kecil. Sangat masuk akal jika saat dehidrasi buang air kecil juga jarang di lakukan, karena cairan yang masuk ke dalam tubuh hanya sedikit maka kotoran air yang di buangnya juga jarang.

Loading...

5. Perubahan Warna Urin

Warna urin memang kerap kali di kaitkan dengan kesehatan, memang pada obat-obatan tertentu yang di konsumsi orang biasanya juga akan mempengaruhi pada warna urinya. Walaupun tidak meminum obat tertentu terkadang warna urin juga dapat berubah sewaktu-waktu, hal ini di mungkinkan anda mengalami dehidrasi.

Biasanya orang yang tubuhnya kekurangan cairan warna urinnya akan berubah menjadi sedikit tua hampir seperti warna madu. Jika anda sekarang mengalami hal yang demikian, segeralah minum air putih sebelum tubuh anda mengalami dehidrasi yang tinggi.

6. Sakit Kepala

Ketika cairan tubuh tidak tercukupi otomatis volume darah juga berkurang yang artinya peredaran darah ke otak juga rendah. Karena cairan yang di butuhkan tubuh untuk bekerja tidak terpenuhi aliran darah ke otak kekurangan suplai oksigen, sehingga menjadikan kepala sakit.

7. Tubuh Kram

Seperti yang telah katakana sebelumnya, dehidrasi bukan hanya membawa dampak pada kerongkongan tenggorokan yang merasa haus saja. Tetapi akan berdampak ke semua tubuh, akibat seluruh badan penderita dehidrasi akan menjadi kram. Kram pada seluruh tubuh bisa jadi berkaitan dengan sodium dan kehilangan cairan khusus pada orang yang keringatnya asin. Cera cepat mengatasi kram akibat dehidrasi anda harus mengonsumsi minuman cairan elektrolit atau air kelapa.

8. Lapar Walaupun Telah Matang

Dehidrasi bukan hanya akan mengalami rasa haus saja, tetapi juga akan merasakan lapar walaupun telah makan. Hal ini di sebabkan oleh sinyal yang haus dan lapar berasal dari area yang sama pada otak. Ketika anda mengalami hal yang demikian jangan di turuti untuk mengonsumsi makanan lagi karena dapat menyebabkan dehidrasi lebih tinggi. Pertolongan pertama yang wajin anda gunakan adalah segera mengonsumsi air putih sebanyak 2 gelas, sehingga perut anda akan terasa kenyang karena air dan juga tubuh akan sedikit lebih tercukupi cairannya.

9. Tubuh Lemas

Ketika kekurangan cairan tubuh akan menjadi lemas hal ini di sebabkan karena normal tubuh saat sehat mengandung mengandung air 60%-70% dari berat tubuh. Ketika terjadi dehidrasi mungkin kandungan air dalam tubuh kita kurang dari rata-rata. Pengguanan cairan sebenarnya lebih di fokukan ke otak dan jantung sedangkan lainnya hanya sisa. Ketika cairan hanya tercukupi ke dua organ tersebut makan organ tubuh lain seperti otot beroperasinya akn lambat.

10. Mata Cekung

Jika orang yang mengalami dehidrasi tetapi tidak segera di atasi makan dehidrasi akan mencapai level lebih tinggi. Gejala yang di tibukannya dapat terlihat pada fisik yakni mata menjadi cekung. Apabila penderita dehidrasi telah mengalami hal ini segeralah mencukupi kebutuhan cairan sebelum dehidrasi yang di alami menuju ke level berikutnya.

Gejala Dehidrasi Lainnya :

11. Kebingungan
12. Demam
13. Tekanan Darah
14. Napas Cepat
15. Detak Jantung Cepat
16. Delirium
17. Kejang-kejang
18. Mudah Marah
19. Muntah diseratai Darah

Dehidrasi pada umumnya diakibatkan oleh kekurangan cairan. Namun yang paling penting untuk diingat yaitu bagaimana anda paham betul penyebab dan gejala timbutnya dehidrasi tersebut. Perbanyak minum-minuman yang banyak mengandung ion agar tubuh anda sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top