Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Gejala Hepatitis C Perlu Diwaspadai

Uncategorized

15 Gejala Hepatitis C Perlu Diwaspadai

Gejala Hepatitis C – Hepatitis adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang organ hati, hepatitis memiliki 3 jenis yaitu hepatitis A,B da C. Semua jenis hepatitis ini sangat berhubungan dengan hati, dan yang di anggap paling bahaya adalah hepatitis C karena hepatitis jenis ini dapat menyebabakan kematian. Kebanyakan orang yang mengalaminya tidak sadar sehingga di anaggap remeh. Agar anda segera mendiagnosa ketahui gejala hepatitis C.

Menurut kasus, orang yang telah mengalami gejala hepatitis C dan yang telah berkembang akan menjadi sirosis hati. Sirosis hati lamba alun akan menjadi gagal hati, kanker ataupun pembengkakan pembuluh darah di lambung. Sebelum anda mengalami hal-hal tersebut sebaiknya mulailah hidup sehat seperti pola makan, karena datangnya penyakit juga dapat di sebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Berikut ini beberapa gejala  timbulnya penyakit hepatitis yang perlu anda pahami.

Hepatitis C

1. Mudah Lelah

Mudah lelah merupakan gejala awal yang di alami hepatitis C, biasanya orag-orang menganggap mudah lelah hanya hal yang biasa. Selain itu karena tuntutan waktu bekerja mereka enggan untuk beristirahat. Sekitar hanya 25%penderita hepatitis yang mengalami gejala awal. Hal ini mungkin di karenakan orang-orang yang menganggap mudah lelah adalah hal yang remeh.

2. Nyeri Otot dan Nyeri Sendi

Gejala hepatitis C lainnya adalaah adanya rasa nyeri do otot dan di persendian. Nyeri di sendi dan otot ini karena damapak meningkatnya racun di dalam tubuh, walaupun bukan hanya gejala hepatitis C yang dapat menyebabkan nyeri sendi dan otot tetapi anda harus berwaspada. Hepatitis C merupakan penyakit yang menyerang organ hati sehingga membuat hati rusak dan otomatis proses metabolism tubuh akan terganggu.

3. Demam

Selain mudah lelah gejala awal lainnya adalah demam. Gejala-gejala awal hepatitis C mungkin tidak membuat anda berfikir akan mengalami hepatitis C karena gejala awalanya hanya penyakit yang ringan-ringan saja. Tubuh menjadi demam menandakan adanya aktivitas sistem kekebalan tubuh melawan infeksi virus hepatitis C. Orang yang mengalami gejala hepatitis C ditandai dengan demam lebih banya jika di bandingakan dengan gejala yang mudah lelah.

4. Sakit Kuning

Sakit kuning merupakan gejala yang langkah bagi orang yang mengalami hepatitis C. Menurut data, sakit kuning yang merupakan gejala hepatitis C hanya sekitar 20 lebih sedikit jika di bandingkan dengan hepatitis A. Kondisi ini muncul karena kadar bilirubin dalam darah meningkat, sehingga membuat kulit dan bola mata menjai kuniing. Bilirubin adalah racun yang harus di keluarkan dari dalam tubuh karena fungsi hati rusak sehingga bilirubin menumpuk di aliran darah hal ini yang membuat kulit menjadi kuning.

Loading...

5. Gatal-gatal di Kulit

Selain kulit berubah warna menjadi kuning juga dapat mengakibatkan gatal-gatal. Orang yang mengalami hal ini berarti telah mengalami gejala hepatitis C kronis. Kondisi gatal-gatl ini muncul akibat meningkatnya kadar bilirubin atau racun yang ada dalam darah, sehingga membuat kulit menjadi gatal-gatal.

6. Sakit Kepala

Segala macam hal yang berhubungan dengan kepala akan membahayakan, maka jika hepatitis C sudah mengalami gejala sakit kepala termasuk dalam gejala kronis. Jika sistem kekbalan tubuh mampyu melawan virus penyebabnya hepatitis akan sembuh dengan sendirinya, namun hal itu tidak terjadi pada semua orang yang mengalami hepatitis C hanya sekitar 25%. Sisanya menurt kasusu, gejala kronis ini akan sampai menahun.

7. Urin Berwarna Lebih Pekat

Ketika hepatitis C telah mengalami gejala yang kronis dapat menyebabkan komplikasi pada organ lain yakni ginjal. Urin berwana lebih pekat di sebabkan oleh kadar bilirubin dalam darah meningkat dan organ ginjal yang meningkat sehingga membuat urin berwarna leih pekat. Mungkin hal itu terjadi akibat racun dan kotoran yang berasal dari darah di cuci dalam ginjal dan di keluarkan bersamaan dengan urin.

8. Tinja Berwarna Abu-abu

Bukan hanya urin saja yang dapat berubaha warna menjadi lebih pekat melainkan tinja juga terpengaruhi sehingga berwarna abu-abu. Pada orang yang normal tinja berwarna kuning hal itu di sebabkan oleh kadar bilirubin yang normal dan di keluarkan bersamaan kotoran manusia. Sedangkan pada orang yang mengalami hepatitis C kadar bilirubinnya tidak normal melainkan d atasnya, sehingga bilirubin tidak dapat keluar bersamaan dengan tinja.

9. Nafsu Makan Berkurang

Hepatits C dapat membuat nyri di perut sehingga orang yang mengalaminya juga akan kehilangan nafsu makan. Pada dasarnya nafsu makan berkuranng bukan hanya di alami pada hepatitis C, hepatitis A dan B juga akan mengalami gejala nafsu makan yang berkurang juga. Namun, orang-orang yang mengamalami gejala ini tidak menyadari dan menganggap hal ini sudah umum.

10. Mual dan Muntah

Mual dan muntah juga merupakan gejala awal yang di alami hepatitis C, gejala ini lah yang membuat nafsu makan terganggu. Munculnya gejala mual dan muntah banyaknya racun sehingga menumpuk, sehingga muncul komplikasi berupa sakit perut yang menimbulkan rasa mual hingga muntah.

Gejala Hepatitis C Lainnya :

11. Sakit Perut
12. Sulit Berkonsentrasi
13. Depresi

Gejala hepatitis C di atas dapat mengganggu kesehatan anda. Jika anda mengalami gejala-gejala seperti di atas sebaiknya anda perksakan ke dokter agar mendapat penangan yang tepat. Sebelum gejala hepatitis menjadi bertambah serius dan sakitnya dapat menyiksa anda. 

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top