Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Gejala Ini Mengartikan Jika Liver mu Mengalami Masalah

Uncategorized

9 Gejala Ini Mengartikan Jika Liver mu Mengalami Masalah

Gejala penyakit liver dapat kamu ketahui dengan cara memperhatikan perubahan-perubahan pada tubuhmu. Liver atau organ hati merupakan organ terbesar tubuh yang memiliki banyak fungsi, diantaranya sebagai pengganti sel yang rusak. Namun, apabila sel-sel hati hilang, maka tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan tubuh.

Sudah semestinya kamu dan kita semua menjaga kesehatan liver yang sangat penting bagi tubuh ini. Penyakit liver mempunyai banyak jenis, seperti hepatitis, kanker hati, sirosis hati dan lainnya. Penyebab penyakit liver yang paling lazim adalah infeksi virus. Agar kamu tahu jika organ hati bermasalah, perhatikan gejala-gejala yang terjadi pada tubuhmu.

9 gejala penyakit liver yang ditunjukkan oleh tubuh

Sering kram atau nyeri di perut
Organ ini terletak pada bagian dada sebelah kanan bawah dan diatas perut. Ketika mengalami masalah, maka bagian tersebut akan mengalami kram dan sakit di sekitarnya. Gejala ini akan berulang atau justru bertambah parah apabila tidak segera ditangani secara tepat.

Sembelit
Proses produksi empedu yang terhambat dapat menyebabkan sembelit atau sulit buang air besar. Sembelit biasa, dapat segera sembuh jika kamu mengkonsumsi makanan berserat atau obat pencahar. Tapi, berbeda dengan sembelit yang ditimbulkan karena liver bermasalah. Kondisi itu bisa berlangsung selama beberapa minggu dan tak kunjung sembuh sebelum organ hati diberi penanganan.

Nafsu makan menurun
Gejala penyakit liver selanjutnya adalah nafsu makan menurun. Salah satu fungsi hati adalah memproduksi empedu yang berfungsi dalam memecah sari-sari makanan dan menimbulkan rasa lapar. Jika organ liver terganggu tentu membatasi produksi empedu lalu memperlambat proses metabolisme tubuh dan akhirnya perut terus terasa kenyang. Itulah mengapa penderita kerusakan hati kehilangan nafsu makan yang pada akhirnya berat badan menurun.

Loading...

Ingin mual dan muntah
Saat hati bermasalah, tubuh menunjukkan gejala liver yakni mual dan muntah. Sebab, terjadi penumpukan racun di dalam tubuh, khususnya di saluran pencernaan. Untuk menetralisir hal itu, tubuh merangsang rasa mual sampai akhirnya racun itu dimuntahkan. Jika kamu sering mengalami mual dan muntah tanpa sebab jelas, segera bawa dirimu ke dokter.

Warna urin dan feses berubah
Penderita liver pada umumnya mengalami perubahan warna feses dan urin. Karena jumlah bilirubis yang diproduksi oleh ginja tidak bisa lagi disaring oleh hari. Sehingga, warna urin menjadi lebih gelap dan warna feses pun menjadi lebih kuning atau abu-abu.

baca juga : Kenali Penyakit Liver yang Menyerang Organ Hati

Perut membesar dan terasa kembung
Jika kondisi liver sudah pada tahap cukup parah, perut nampak lebih besar mengembang dan terasa kembung. Karena terjadi penumpukan cairan hati di saluran pencernaan. Kondisi itu mengartikan kalau penyakit liver sudah berbahaya dan membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat.

Tangan dan kaki membengkak
Selain tertimbun dalam perut, cairan yang dihasilkan oleh hati akan menjalar ke bagian lainnya yakni tangan dan kaki. Gejala ini sangat lazim diarasakan oleh penderita penyakit liver. Tak hanya bengkak, tetapi juga terasa lembek saat disentuh.

Cepat lelah
Saat liver tak lagi bisa mengolah dan membuang racun di dalam tubuh. Membuat racun tersebut menjalar ke aliran darah, jaringan otot dan organ tubuh lainnya. kondisi ini akan menghambat metabolisme tubuh, sehingga menimbulkan rasa lelah yang tidak hilang walau sudah beristirahat. Waspada, jika tubuhmu merasa lelah tanpa alasan. Segera pergi ke dokter untuk memeriksakannya dan mendapatkan penanganan.

Kulit menjadi sensitif
Gejala penyakit liver yang terakhir yaitu kulit menjadi lebih sensitif. Meski tidak terkena gigitan serangga atau apapun, kulit penderitanya bisa terasa gatal-gatal, memerah dan uratnya menonjol.

9 gejala penyakit liver di atas dapat kamu jadikan acuan untuk mengetahui kesehatan organ hati dalam tubuhmu.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top