Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Gejala Radang Usus Paling Sering Terjadi

Uncategorized

15 Gejala Radang Usus Paling Sering Terjadi

Gejala Radang Usus – Radang usus adalah dimana kondisi usu sedang mengalami peradangan, kondisi radang usus di sebabkan oleh reaksi keliru dari sistem kekebalan tubuh terhadap jaringan pencernssn yang normal dan sehat. Radang usus merupakan penyakit janga panjang dengan gejala yang muncul sesaat kemudian hilang selama beberapa waktu. Penderita yang mengalami radang usus awalnya akan mengalami gejala radang usus.

Setiap orang yang menderita radang usus tidak memiliki gejala yang sama antara penderita satu dengan yang lainnya. Radang usus dapat di sebabkan oleh bebrapa factor yakni bisa dari usia, keturunan, merokok dan juga pengobatan. Orang yang mengalami gejala radang usus biasanya akan mengalami beberapa atau salah satu yang terjadi seperti di bawah ini. Beberapa gejala radang usus yang sering orang alami.

Gejala Radang Usus

1. Demam

Demam sering kali di remehkan karena orang-rang mengira jika demam hanya sakit ringan dan bisa pulih dengan sendirinya. Kebanyakan orang-orang tidak menyadari jika demam merupakan suatu gejala akan datangnya penyakit yang lebih parah. Seperti typhus, demam derdarah dan juga radang usus. Biasanya orang yang mengalami demam karena radang usus bukan hanya terkena demam saja melainkan juga akan mengalami gangguan pencernaan, maka bila anda mengalami hal yang demikian bisa jadi anda sedang terkena infeksi pada usus.

2. Sembelit

Seperti yang kita bahas barusan, orang yang mengalami gejala radang usu juga akan mengalami gangguan pencernaan. Salah satunya sembelit atau di kenal dengan istilah kontipasi yang mana di sebabkan oleh pergerakan feses pada usus yang berjalan lambat sehingga konsistensinya feses menjadi keras dan kering.

3. Perut Terasa Perih

Sembelit menjadikan BAB tidak lancar sehingga mengakibatkan perut merasa mual dan kembung. Bahkan radang usus juga akan menjadikan rasa sakit perut menjadikan perih dan tidak tertahankan. Jika telah mengalami hal seperti ini jangan langsung mengonsumsi obat biasa yang hanya dapat menjadikan BAB normal kembali, karena dikhawatirkan obat yang anda konsumsi tambah menjadikan peradangan usus lebih parah. Maka dari itu sebaiknya anda ke dokter jika perut yang anda keluhkan lebih dari satu.

4. Keluar Darah Saat BAB

Sulitnya feses yang akan keluar sehingga menjadikan sembelit dan perut akan terasa perih. Seperti yang telah kita bahas tadi konsistensinya sembelit menjadikan feses kering dan keras sehingga saat feses keluar akan akan keluar sedikit darah juga. Keluarnya darah di akibatkan oleh bagian pencernaan mengalami luka.

Loading...

5. Kram Perut

Karena banyaknya keluhan di perut sehingga perut menjadi kram, kram perut menurut istilah medis di sebut juga dengan colic abdomen. Kram perut ini menggambarkan rasa sakit perut melilit akibat kontraksi otot polos yang terdapat pada organ dalam rongga perut atau abdomen. Kram perut karena radang usus ini disebabkan kaarena proses pencernaan bekerja berlebihan untuk menghaluskan makanan, sehingga menjadikan hal ini beban berat bagi usus. Usus akan memberikan respon terhadap diri dengan cara merasakan kram perut.

6. Hilangnya Nafsu Makan

Banyak keluhan yang terjadi di perut karena sakit otomatis nafsu makan juga berkurang. Hal ini di gambarkan dengan sistem pencernaan sudah mulai ngambek karena peradangan yang sangat menyiksa. Sehingga untuk bekerja kembali sudah tidak mampu hal ini yang menjadikan nafsu ingin makan menurun.

7. Diare

Bukan hanya terjadi sembelit jika mengalami gejala radang usus tetapi diare juga akan di alami. Diare terjadi karena pathogen (organisme penyebab) bergerak lebih jauh ke dalam saluran pencernaan, sehingga kan menjadikan diare, diare ini juga bisa di akibatkan oleh iritasi pada usus atau dapat juga tubuh sedang berusaha untuk memberssihkan kotoran lewat BAB.

8. Berat Badan Menurun

Karena nafsu makan yang menurun otomatis berat badan menjadi turun. Karena saat nafsu makan menurun nutrisi yang masuk kedalam tubuh juga akan berkurang di tambah lagi tubuh masih harus di tuntut dengan adanya pekerjaan. Sehingga tubuh menjadi kurus dan mengeluarkan keringat yang tidak sehat.

9. Anemia

Bukan hanya menyebabkan berat badan menurun saja tetapi anemia juga akan datang. Anemia di sebabkan karena kurangnya nutrisi dan zat besi sehingga mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah. Zat besi sangat di perlukan oleh tubuh untuk menghasilkan komponen sel darah merah yang di sebut juga dengan hemoglobin. Hemoglobin di gunakan untuk mengikat dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh organ.

10. Sakit Kepala

Saat terjadi anemia pasti akan merasakan sakit kepala, hal ini terjadi karena transportasi sel darah merah terganggu dan jaringan tubuh penderita akan mengalami kekurangan oksigen yang berguna untuk menghasilkan enerdgi. Sehingga inilah yang menjadikan anemia menjadi sakit kepala, terkadang juga akan merasa cepat, lelah, pucat dan gelisah.

Gejala Radang Usus Lainnya :

11. Adanya Benjolan di Perut
12. Mual-mual
13. Berkeringat Saat Malam
14. Kehilangan Siklus Haid

Radang usus bisa saja terjadi pada anak-anak atau orang dewasa. Gejala radang usus diatas biasa terjadi pada umumnya. Penyakit radang usus memang awalnya hanya sakit yang ringan-ringan saja sehingga kerap kali di remehkan oleh orang-orang. Jika anda mengalami gejala-gejal di atas yang tak kunjung sembuh sebaiknya segeralah periksakan ke dokter untuk di diagnosa dan di beri obat yang sesuai dengan sakit yang anda derita. 

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top