Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Gejala Tipes dan Cara Mengobatinya

Uncategorized

Gejala Tipes dan Cara Mengobatinya

Untuk mengetahui dengan jelas apakah penyakit yang anda derita itu tipes atau bukan, anda harus tahu dulu gejala tipes. Tubuh akan menunjukkan tanda-tanda setiap mengalami suatu infeksi atau gangguan, termasuk penyakit tipes. Tipes dalam bahasa medis dikenal dengan demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi atau Salmonella Paratyphi.

Bakteri Salmonella biasanya terdapat pada makanan atau minuman. Seseorang dapat menderita demam tifoid sebab mengkonsumsi minuman atau makanan yang terkontaminasi bakteri itu. Penyakit ini bisa muncul secara tiba-tiba maupun secara bertahap dalam waktu beberapa minggu. Apabila tidak diobati maka, gejala tipes semakin memburuk dan butuh waktu lama untuk pemulihan.

Kondisi seseorang yang menderita demam tifoid dan tidak segera melakukan cara mengobati tipes maka penyakit akan semakin parah. Yang umumnya disertai dengan perut kembung, bintik merah di dada dan berat badan menurun. Gejala tipes pada anak dan orang dewasa adalah sama, baik durasi berlangsungnya demam ataupun tanda-tanda dan cara mengatasinya.

Inilah gejala tipes

Gejala demam tifoid atau tipes dapat secara ringan atau berat, tergantung kondisi tubuh seseorang, usia dan riwayat vaksinasi penderita. Untuk lebih jelasnya perhatikan ulasan berikut ini tentang gejala tipes pada anak dan orang dewasa!

  • Demam tinggi bisa mencapa 40⁰C.
  • Mengalami sakit perut dan dapat disertai diare.
  • Tubuh terasa mudah lelah, lemah dan tubuh pegal-pegal merupakan gejala tipes yang umum.
  • Sakit kepala.
  • Terasa nyeri pada tenggorokan.
  • Sembelit.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Terjadi pembesaran hati dan limfa.
  • Muncul lapisan pada lidah.

Gejala demam tifoid pada anak, umumnya jarang sampai menyebabkan komplikasi atau masalah kesehatan yang serius. Apabila berujung pada komplikasi, biasanya berupa gangguan pencernaan yang disebabkan oleh adanya lubang di usus. Kondisi tersebut termasuk sangat serius dan harus segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat di rumah sakit.

Cara mengobati tipes atau demam tifoid

Jika kamu atau anakmu mengalami gejala tipes seperti di atas, segera lakukan cara mengobati tipes dengan cepat. Cara menyembuhkan tipes melalui dua tahap, yakni langkah perawatan di rumah sakit dan perawatan di rumah.

Loading...

Pengobatan tipes secara medis
Cara menyembuhkan tipes secara medis di lakukan di rumah sakit. Penderita demam tifoid akan memperoleh penanganan sebagai berikut :

Antibiotik
Saat seseorang terkena penyakit tipes dan mengalami gejala tipes pada anak dan orang dewasa, dokter akan memberikan antibiotik. Antibiotik akan diberikan untuk 1-2 minggu dan merupakan cara mengobati tipe pada tahap awal. Jenis antibiotik yang diberikan oleh dokter berbeda-beda sesuai kondisi pasien dan gejala yang dirasakan.

Pasien demam tifoid harus mengkonsumsi semua antibiotik hingga waktu yang ditentukan dokter dan jangan menyisakannya. Sebab, jika tidak tuntas, dapat membuat penyakit datang lagi dan tidak mempan dengan antibiotik tersebut. Untuk mengatasinya dokter harus meresep antibiotik baru. Jadi, harus habis dan sesuai petunjuk dokter ya! Setelah obat antibiotik habis, tetaplah datang ke dokter lagi untuk perawatan lanjutan.

Rawat inap
Apabila anda mengalami gejala yang berat seperti demam tinggi hingga 40⁰C atau lebih, perut bengkak, muntah terus dan diare berat dokter akan menyarankan penderita untuk rawat inap di rumah sakit. Kemudian, dokter akan memasukkan asupan nutrisi pada tubuh penderita melalui infus dan antibiotik suntik.

Pasien demam tifoid dapat segera pulih dan menjalani perawatan selama 3-5 hari. Tapi, untuk memulihkan kondisi pasien sepenuhnya, dokter akan meminta pasien istirahat lebih lama di rumah sakit.

Cara menyembuhkan penyakit tipes di rumah
Tak hanya menjalani perawatan penyakit tipes di rumah sakit, pasien perlu juga melakukan perawatan di rumah, seperti :

Mengasup banyak cairan
Cara mengobati tipes secara total adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak cairan. Anda bisa minum air putih, jus buah atau air kelapa untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Asupan cairan sangat penting untuk penderita demam tifoid. Karena mengalami diare dan demam tinggi yang membuat tubuh kehilangan banyak cairan atau dehidrasi.

Jaga asupan makanan
Penyakit tipes menyebabkan penderita khususnya anak-anak mengalami kekurangan gizi. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan gizi tersebut konsumsilah makanan yang tepat dan seimbang. Makanlah nasi, roti dan pisang karena jenis makanan yang mudah dicerna oleh tubuh dan bisa meredakan mual maupun diare.

Selain itu, jus buah juga merupakan pilihan yang tepat, asal tidak ditambahkan dengan gula. Sebab, gula bisa memperburuk kondisi diares yang dialami penderita tipes. Sayuran pun dapat memenuhi kebutuhan vitamin untuk tubuh saat mengalami demam tifoid.

baca juga : Penyakit Campak Pada Balita Maupun Orang Dewasa

Konsumsi madu
Menambahkan madu dalam minuman merupakan cara mengobati penyakit tipes yang efektif. Tambahkan 1-2 sdm madu ke teh hangat atau minuman anda. Madu akan berguna untuk meredakan gejala demam tifoid atau tipes. Sifat madu yang menenangkan bisa menyembuhkan usus yang teriritasi dan melindungi sistem pencernaan. Tetapi, jangan berikan madu pada anak dibawah usia 1 tahun karena menyebabkan botulisme.

Sebaiknya, kamu konsultasikan dulu cara menyembuhkan penyakit tipes di rumah. Sehingga, tidak bertolak belakang dengan pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter untuk menghindari resiko masalah kesehatan lainnya.

Apabila pasien demam tifoid tidak mempunyai gangguan kesehatan lainnya, gejala tipes akan sembuh selama 3-4 minggu. Walaupun sudah sembuh, penyakit ini kapan saja bisa datang lagi. Oleh sebab itu, jaga kebersihan makanan dan minuman yang anda sekeluarga konsumsi.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top