Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Gerakan Simple Untuk Mengusir Rasa Kantuk di Siang Hari

Uncategorized

Gerakan Simple Untuk Mengusir Rasa Kantuk di Siang Hari

Siang hari adalah waktunya seseorang untuk beraktivitas, entah itu belajar ataupun bekerja. Rasanya, pasti tak menyenangkan jika rasa kantuk datang. Pasti akan mengganggu kegiatan dan konsentrasi yang sedang dilakukan. Untuk itu, kita perlu mengusir rasa kantuk di siang hari agar bisa beraktivitas maksimal.

Rasa kantuk bisa dihilangkan dengan minum kopi atau mencari suasana sejuk. Tapi, kalau minum kopi terus rasanya tidak baik untuk kesehatan dan kalau untuk mencari suasana lain akan menghambat pekerjaan. Rasa lelah dan kantuk bisa membuat kita malas mengerjakan sesuatu, padahal itu kewajiban yang harus diselesaikan. Jika tidak dikerjakan kita sendiri yang rugi nantinya. Lantas hal apa yang harus dilakukan untuk mengusir rasa kantuk ini?

Kamu percayakan jika melakukan gerakan-gerakan ringan dapat membuat tubuh kembali bugar. Nah, ternyata gerakan bisa membantumu dalam mengusi rasa kantuk. Bukan berarti bergerak asal-asalan, tapi ada gerakan khusus untuk mengatasi rasa kantuk. Yuk, simak ulasannya pasti berguna bagimu yang sedang bekerja di siang hari. 

 

Inilah gerakan simple untuk mengusir rasa kantuk di siang hari

Duduk tertelungkup

 Gerakan yang pertama harus kamu lakukan adalah atur posisi duduk di kursi yang ideal. Lalu bungkukkan tubuhmu dan tundukkan kepalamu ke bawah hingga berada diantara kedua kaki. Posisikan kedua tanganmu menggantung tanpa ada penyangga lalu tahan selama 20 detik. Setelah itu, kembali ke posisi semula secara perlahan.
Umumnya, seseorang yang melakukan gerakan ini walau hanya satu kali, rasa kantuknya segera hilang. Tapi, kalau rasa kantuk itu begitu berat ulangi gerakan tersebut beberapa kali. Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi oksigen pun menjadi lancar. Dengan lancarnya sirkulasi darah dan oksigen, tubuh kembali bugar dan rasa kantuk hilang seketika.

Cubit pipi
Selama berjam-jam bekerja di kantor, memaksamu untuk berkegiatan terus sampai jam kerja selesai. Mata memandang komputer, pasti akan lelah dan otot-otot tubuh tegang. Jika mata sudah lelah bisa menimbulkan rasa kantuk, untuk mengatasinya kamu bisa melakukan gerakan cubit pipi. Bukan karena kamu gemes dengan pipimu, tapi gerakan ini mampu membuat wajahmu kemali rileks dan dalam keadaan sadar penuh.
Cubit pipimu beberapa kali sembari melakukan pijatan lembut ke seluruh wajah. Maka, peredaran darah di bagian wajahmu menjadi lancar dan wajah kembali segar, rasa kantuk pun enyah.

Loading...

Putar-putar lehermu
Gerakan yang ketiga untuk mengusir rasa kantuk adalah dengan memutar leher. Itu merupakan gerakan peregangan yang biasa dilakukan saat berolahraga. Putarlah lehermu ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Geleng-gelengkan kepalamu kekanan dan kekiri berulang kali. Fungsi gerakan ini adalah meregangkan otot-otot leher yang kaku agar kembali rileks.

baca juga : Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Gerakan itu juga membuatmu terus terjaga, karena otot dan syaraf di area leher lebih santai. Dalam melakukan gerakan itu, jangan menutup mata karena dapat membuat kepalamu pusing. Praktikkanlah jika merasa sudah lelah bekerja dan rasa kantuk datang.

Tersenyum degan lebar
Tersenyum sendiri, dikiranya seseorang mengalami gangguan jiwa atau sedang stres. Tapi taukah kamu jika tersenyum lebar itu dapat mengusir rasa kantuk. Gerakannya dimulai dari pelototkan mata selama 10 detik, lalu tersenyum lebar hingga otot pipi tertarik. Kemudian pejamkan matamu, niscaya rasa kantuk segera musnah. Aktifnya otot-otot sekitar wajah, dapat menyegarkan kembali wajahmu yang sudah lesu.

Nah, itu gerakan sederhana yang ampuh untuk mengusir rasa kantuk di siang hari. Sangat efektif kamu lakukan ketika jam kerja atau sekola atau kuliah. Ada hal yang perlu diingat, rasa kantuk ini merupakan mekanisme tubuh dalam memberitahu kalau sedang lelah. Jadi, solusi terbaik menghilangkan rasa lelah adalah dengan istirahat yang cukup yakni tidur.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top