Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Inilah 5 Cara Sehat Makan Mie Instan

Uncategorized

Inilah 5 Cara Sehat Makan Mie Instan

Mie instan diketahui sebagai makanan yang cepat disajikan, tapi termasuk golongan makanan kurang sehat. Kamu tak perlu khawatir ada cara sehat makan mie instan untuk mengurangi efek makan mie instan setiap hari. Dengan memasak dan menyajikan mie instan yang benar akan membuatmu tetap sehat meski mengkonsumsi makanan ini.

Harga mie instan yang terjangkau dan selalu ada dimanapun berada membuatnya digandrungi hampir setiap orang Indonesia. Terlebih lagi anak kos yang hidupnya pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mie instan menjadi solusi yang efektif. Mie ini mengandung bahan-bahan yang bisa menyebabkan tubuh terkena beragai penyakit.

Bahaya mie instan yang dikhawatirkan para ahli kesehatan adalah obesitas, kolesterol, darah tinggi dan kadar gula darah tinggi. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara sehat makan mie instan agar terhindari dari penyakit-penyakit tersebut. Lantas bagaimana cara masak mie instan yang enak dan sehat? Simak yuk ulasannya!

Cara sehat konsumsi mie instan

Terdapat beberapa tahapan dalam memasak mie instan agar aman dikonsumsi dan meminimalisir akibat makan mie instan bagi kesehatan tubuh. Inilah caranya :

Lihat tanggal kadaluarsa
Sebelum kamu membeli mie instan, periksa dulu tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasannya. Umumnya, mie ini mempunyai batas expired sampai 6 bulan. Jangan pilih yang masa expirednya sudah dekat atau yang kurang sehari lagi. Karena sangat berbahaya, terutama bumbu-bumbunya. Oleh karena itu, kamu harus lebih teliti sebelum membeli dan mengkonsumsinya.

Konsumsi seminggu sekali saja
Perlu diingat mie instan sangat sulit dicerna oleh tubuh, zat yang terkandung di dalamnya baru bisa terurai selama 3 hari. Itulah kamu dianjurkan tidak boleh terlalu sering makan mie instan. Cara sehat makan mie instan adalah mengkonsumsinya seminggu sekali, sehingga tubuh tidak kesulitan menyerapnya dan terhindari dari bahaya makan mie instan.

Loading...

Ikuti cara penyajian yang tertera di kemasan
Agar kamu terhindari dari akibat makan mie instan, sebaiknya ikut cara penyajiannya yang sudah tertera pada kemasan. Ketika kamu ingin mengkonsumsi mie instan pastikan kamu merebusnya dulu supaya lapisan lilin pada mie hilang. Setelah direbus, buang air rebusannya dan baru tiriskan. Itu cara makan indomie yang sehat.

Hindari makan mie instan mentah dengan langsung mencampurkan semua bumbunya. Yang sudah matang saja beresiko tinggi terkena penyakit apalagi yang masih mentah. Tentu kemungkinan terserang penyakit lebih tinggi.

baca juga : Efek Akibat Makan Mie Instan Setiap Hari

Jangan mencampur bumbu saat sedang memasaknya
Jika kamu masih mencampur bumbu-bumbu mie instan saat sedang memasak, lebih baik hilangkan kebiasaan itu. Sebab, bisa membuatmu terkena bahaya makan mie instan yakni penyakit serius yang sulit disembuhkan. Meski tampaknya sepele, mencampur semua bumbu ketika suhu tinggi membuat kandungan mie semakin aktif.

Cara masak mie instan yang sehat adalah angkat dulu mie dari kompor dan taruh di mangkok atau piring. Baru setelah itu tambahkan semua bumbu dan aduk merata.

Lengkapi dengan makanan seimbang
Sebetulnya mie instan memberikan nutrisi untuk tubuh. Akan tetapi asupan karbohidrat yang mengakibatkan tidak berimbangnya gizi yang masuk ke dalam tubuh. Cara makan mie instan yang sehat yaitu dengan menyertakan makanan bergizi lainnya. Misalnya, tambahkan sawi, wortel, tomat dan sayuran lainnya. Selain itu, kamu juga bisa melengkapi dan menambah kenikmatannya dengan dagin ayam dan telur sebagai asupan protein untuk tubuh.

Cukup mudah bukan cara sehat makan mie instan? Sekarang, kamu bisa mencegah bahaya makan mie instan pada tubuhmu.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top