Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Jenis Dan Fungsi Pemasangan Kawat (Behel) Gigi

Uncategorized

Jenis Dan Fungsi Pemasangan Kawat (Behel) Gigi

Manfaat atau Fungsi Pemasangan Kawat (Behel) Gigi. Tren pemakaian kawat gigi mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Behel gigi dalam bahasa kedokteran disebut dental braces atau orthodontic braces yaitu alat yang digunakan pada bidang kedokteran gigi untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak teratur. Semula behel gigi digunakan untuk mengencangkan gigi karena gigi terlalu maju (tonggos) serta susunan gigi tak merata. Behel gigi juga berfungsi untuk meratakan susunan gigi yang tumbuh tak beraturan.

Benda yang satu ini dikenal sebagai alat untuk merapikan gigi di zaman modern. Kawat gigi merupakan produk kesehatan yang digunakan pada bidang kedokteran gigi untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak teratur. Tujuan utama dari pemakaian kawat gigi adalah merapikan dan meratakan gigi sehingga gigi lebih mudah untuk dibersihkan dan mampu berfungsi sebagaimana mestinya. Mereka yang direkomendasikan untuk memakai kawat gigi adalah orang yang mengalami rahang maju atau mundur, pertumbuhan gigi yang jarang atau jarak gigi yang satu dengan yang lain jauh gigi yang bertumpuk, dan jumlah gigi yang tidak normal.  

Pemasangan kawat gigi yang tergolong lama kurang lebih dua tahun, membuat tren ini cukup bisa bertahan. Banyak orang yang memakai kawat gigi hanya sekedar untuk melengkapi penampilan. Pemakai kawat gigi pun tak ada batasan usianya. Artinya, memakai kawat gigi sudah menjadi tren di semua lapisan umur dan sosial masayarakat. Fungsi utama dari kawat gigi adalah untuk memperbaiki struktur gigi dan menjaga kualitas gigi agar tetap sehat dan terawat. Sekarang kawat gigi justru dianggap mampu menambah cantik penampilan dan rasa percaya diri pada setiap pemakainya. Menurut jenisnya, bracket (bagian yang menempel) pada kawat gigi bertujuan untuk estetis atau kosmetik, ada yang bisa dilihat dan tidak bisa dilihat.

Berbagai jenis-jenis bracket pada behel atau kawat gigi yaitu: 

  1. Dari logam (Metal Bracket). Terbuat dari baja tahan karat atau stainless steel, ini adalah jenis pertama yang telah digunakan sejak bertahun-tahun lalu. Behel dengan bracket metal adalah behel yang paling sering dipakai karena paling terkenal di antara kawat gigi atau behel lainnya. Jenis ini tergolong awet digunakan.
  2. Dari keramik atau plastik transparan (Ceramic Bracket). Jenis ini tidak begitu terlihat dan tampak lebih alami daripada jenis yang lain. Ini cocok digunkan untuk orang-orang yang malu dalam penggunaan behel.
  3. Dari emas (Gold Bracket). Gold bracket sama dengan metal bracket, bedanya bahan ini khusus untuk pasien yang memiliki alergi terhadap logam atau mereka yang memiliki uang lebih agar terlihat keren.
  4. Kawat Gigi damon (Damon Bracket). Mirip dengan behel berbahan metal akan tetapi memiliki pengunci kawat sendiri, sehingga penggunaan karet tidak diperlukan. Sistem damon memiliki keunggulan lebih higienis, lebih nyaman, dibandingkan dengan behel pada umumnya.
  5. Kawat Gigi Lepasan. Kawat gigi lepasan ini biasanya digunakan untuk orang-orang yg ingin gaya-gayaan saja. Tidak bisa untuk merapikan atau merubah susunan gigi sebagaimana mestinya. Harganya juga sangat terjangkau.
            Sumber gambar: www.dentistanildasilva.com

Fungsi atau manfaat bracket kawat gigi adalah:
  1. Memperbaiki dan mempertahankan kondisi rongga mulut yang sehat
  2. Meringankan sampai menghilangkan rasa sakit sewaktu proses menggigit, pada sendi rahang yang tidak normal
  3. Supaya wajah dan struktur penelanan menjadi seimbang
  4. Memperbaiki cacat yang dapat terlihat saat sedang bicara, sehingga dapat mengembalikan kepercayaan diri seseorang ketika berbicara.
Fungsi utama bracket adalah memperbaiki susunan gigi dengan cara menarik secara perlahan dan bertahap, agar susunan gigi dapat menjadi rapi seperti yang diinginkan. Jika susunan gigi sudah benar, maka orang akan lebih mudah dalam mengunyah makanan dan bila dipandang mata pun akan lebih indah. Manfaat dari pemasangan kawat gigi, membuat gigi menjadi rapi sehingga enak dipandang mata dan membuat senyum terlihat lebih manis

Untuk memasang kawat gigi, butuh banyak persiapan yang harus dilakukan. Sebelum pemasangan dilakukan, segala macam kerusakan yang ada pada gigi harus dibenahi terlebih dahulu. Gigi berlubang harus ditambal atau dicabut. Dengan demikian, ketika mengenakan kawat, gigi-giginya sudah bersih dan kondisinya baik semua. Setelah itu, harus dibuat cetakan model gigi dari susunan gigi pasien, kemudian melakukan roentgen gigi, kepala, dan wajah pasien. Hal ini dilakukan agar perawatan pemakaian kawat gigi benar-benar sempurna dan tidak asal-asalan. Biaya pemasangan kawat gigi tentu tidak murah, mulai dari biaya pembelian kawat, kontrol dan penggantian karet setiap bulannya, pemeliharaan sesudah kawat dilepas, dan mungkin saja biaya pembelian kawat tidak permanen yang diperlukan setelah kawat permanen dilepas

Apalagi bila seseorang menggunakan kawat gigi atau behel tanpa adanya konsultasi dengan dokter gigi sebelumnya, maka bisa mengakibatkan kesalahan fatal pada konstruksi gigi secara permanen. Belum lagi penyakit gusi dan mulut yang bisa timbul akibat dari bahan yang tidak sesuai dengan standar kesehatan yang dipakai. Semoga artikel tentang Jenis dan manfaat pemasangan kawat (behel) gigi ini bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top