Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Jenis Vitamin B Kompleks Beserta Manfaatnya

Uncategorized

7 Jenis Vitamin B Kompleks Beserta Manfaatnya

Vitamin B kompleks menjadi salah satu gizi dan nutrisi yang harus dikonsumsi untuk membuat keseimbangan gizi dan nutrisi tubuh menjadi seimbang. Mengetahui makanan dengan kandungan vitamin B kompleks sangat perlu Anda tahu. Beberapa manfaat vitamin B kompleks yang dapat Anda rasakan adalah memperlancara proses karbohidrat menjadi tenaga, menjaga hubungan otot dan otak serta terus meningkatkan kinerja syaraf.

Jenis-Jenis Vitamin B Kompleks

Untuk orang dewasa, kandungan vitamin B kompleks yang diperlukan sekitar 1mg/hari untuk laki-laki, sedangkan untuk perempuan dewasa, Anda memerlukan sekiranya 0.8mg/hari untuk memenuhi asupan nutrisi dalam tubuh Anda perharinya. Untuk mendapatkan semua itu, Anda perlu mengkonsumsi makanan dengan vitamin B dan mengetahui jenis-jensi dari vitamin B kompleks.

1. Vitamin B1

Anda bisa mendapatkan vitamin B1 dari sayur segar, buah, hati, telur, roti gandum, sereal dan kacang-kacangan.

2. Vitamin B2

Disebut juga riboflavin, vitamin B2 memiliki manfaat sebagai dapat memecah karbohidrat, menjaga kesehatan mata, hati, kulit, rambut dan membantu dalam memperlancar metabolisme tubuh. Vitamin B2 yang diperlukan manusia dewasa berkisar antara 1.1 mg/hari sampai 1.3 mg/hari.

Jika Anda kurang dalam mengkonsumsi vitamin B2, banyak hal negative banyak terjadi seperti bibir lebih cepat terluka, gangguan kulit, lelah, tak nafsu makan dan cemas. Anda bisa mendapatkan vitamin B2 dari bayam, telur, kacang, roti gandum dan ikan makarel.

3. Vitamin B3

Niasin Atau juga vitamin B3 merupakan zat yang terdiri dari inositol hexanicotenate dan niasinamin. Manfaatnya adalah mengubah karbohidrat menjadi energy, menjaga otot, syarat, rambut, mata, kulit, memperlancar sirkulasi darah dan menjaga hormon adrenal.

Loading...

Vitamin B3 yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu 14mg/hari sampai 17mg/hari. Jika kekurangan vitamin B3, Anda bisa diserang diare, gangguan memori, sakit perut, gangguan kulit dan lainnya. Anda bisa mendapatkan vitamin B3 dari tepung, telur, daging, ikan dan sayur hijau.

4. Vitamin B5

Vitamin B5 atau asam pantotenat sama halnya vitamin B lainnya yaitu laru dalam air dan memiliki tak bisa menyimpan cadangan vitamin. Vitamin B5 bermanfaa untuk membantu metabolsime, mengatasi stress, menjaga kesehatan mata, rambut, hati, syaraf dan otot. Anda bisa mendapatkan vitamin B5 dari sayur hijau, ikan salmon, daging sapi, alpukat, ubi kalar, biji bunga matahari dan gandum.

5. Vitamin B6

Vitamin B6 atau piridoksi sangat penting untuk tubuh karena dapat membantu pembentukan sel-sel darah merah, memecah karbohidrat menjadi tenaga dan menjaga kesehatan organ seperti limfa dan kelenjar getah bening. Orang dewasa memerlukan sekitar 1.2 sampai 1.4 mg/hari. Jika Anda kekurangan vitamin B6, dapat berakibat buruk seperti gangguan pada lidah, kulit, perut, syaraf, otot, kekeurangan darah, gangguan emosional dan dapat berakibat buruk bagi janin dan ibu hamil.

6. Vitamin B9

Asam folat atau vitamin B9 memiliki manfaat mendorong sel-sel darah merah, mengubah karbohidrat menjadi energy serta menjaga kesehatan syaraf dan otot. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B9 setiap hari, manusia memerlukan sekitar 0.2 mg/hari sampai 0.4 mg/hari untuk ibu hamil. Jika kekurangan asam folat dapat berakibat buruk yaitu menyebabkan randang gusi serta lidah, mengurangi pertumbuhan tubuh, asma, diaera dan gangguan emosional.

7. Vitamin B12

Disebut juga sebagai kabalimin memiliki manfaat membentuk sel-sel darah merah, menjaga kesehatan syaraf, mengubah karbohidrat menjadi energy dan mengelola asam folat pada tubuh. Anda memerlukan sekitar 0.0015mg untuk pria dewasa maupun wanita dewasa.

Banyak hal buruk yang dapat terjadi jika Anda kekurangan vitamin B12, salah satunya adalah mengalami gangguan anemia, kerusakan syaraf, gangguan otak dan lainnya. Untuk memenuhi kandungan vitamin B12 pada tubuh Anda, Anda bisa mendapatkan kandungan vitamin B12 dari daging sapi, telur, keju, ikan salmon, sereal dan susu.


Baca juga: 22 Jenis Makanan yang Bikin Badan Gemuk

Makanan dengan kandungan vitamin B sangat penting untuk Anda konsumsi agar gizi dan nutrisi yang diperlukan tubuh dapat seimbang. Bisa Anda lihat sendiri betapa pentingnya kandungan berbagai jenis vitamin B diatas.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top