Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

30 Jenis Makanan Mengandung Lemak Jenuh yang Tinggi

Uncategorized

30 Jenis Makanan Mengandung Lemak Jenuh yang Tinggi

Ada banyak jenis makanan mengandung lemak jenuh yang tinggi yang perlu Anda perhatikan jumlah konsumsinya. Lemak jenuh merupakan jenis lemak yang paling banyak menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari obesitas, penyakit jantung, kegemukan, dan penyakit komplikasi lainnya. Tubuh Anda memang membutuhkan lemak namun tidak dalam jumlah yang banyak dengan mengonsumsi makanan berlemak dengan berlebihan.

Lemak sendiri berasal dari dua sumber, lemak hewani yang berasal dari hewan dan lemak nabati yang berasal dari tumbuhan. Jenis lemak hewanilah yang harus diwaspadai karena jika menumpuk di dalam tubuh akan memberikan berbagai ganggaun kesehatan. Jika Anda tidak ingin terjangkit banyak penyakit atau pun gejala gangguan kesehatan lainnya, ada baiknya Anda memperhatikan kandungan lemak jenuh pada makanan yang akan Anda konsumsi.

30 Jenis Makanan Mengandung Lemak Jenuh yang Tinggi

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan mengandung lemak jenuh yang tinggi yang perlu Anda ketahui.

1. Daging

Makanan berupa daging merupakan jenis makanan dengan kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Beberapa daging merah seperti daging sapi, kambing, dan babi, akan memicu penumpukan lemak jenuh di dalam tubuh Anda jika dikonsumsi terlalu sering.

2. Kulit

Bagian dari daging ayam yang memiliki lemak jenuh adalah bagian kulitnya. Itulah mengapa ketika Anda diet, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi daging dengan kulitnya karena bagian kulit inilah yang akan memicu obesitas.

3. Susu full cream

Jenis susu full cream rasanya lebih gurih dibandingkan dengan susu biasa. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan lemak jenuh di dalamnya yang cukup banyak. Sebaiknya Anda memilih susu rendah lemak agar tidak mengonsumsi lemak jenuh terlalu banyak.

Loading...

4. Krim

Jika Anda menyukai roti yang dibuat dengan krim, maka Anda perlu mengonsumsinya dengan porsi yang terbatas. Pasalnya lemak jenuh dalam krim adalah jenis lemak yang kadarnya cukup tinggi jika Anda konsumsi setiap hari.

5. Mentega

Selama ini banyak orang yang menggunakan mentega untuk mengolah masakan. Penggunaan mentega sendiri perlu Anda batasi karena bahan masakan yang satu ini mengandung kadar lemak jenuh yang cukup tinggi.

6. Keju

Keju merupakan makanan yang dibuat dari susu. Maka tak heran jika keju juga digolongkan ke dalam jenis makanan yang mengandung cukup banyak lemak jenuh. Penyuka keju pun wajib untuk memperhatikan komsumsi keju yang mereka makan setiap hari.

7. Minyak kelapa

Anda pastinya sering menggunakan minyak kelapa yang dikemas menjadi minyak goreng untuk digunakan dalam memasak. Perlu Anda ketahui bahwa kandungan lemak jenuh dalam minyak ini cukup besar. Itulah mengapa mengonsumsi makanan yang digoreng juga akan memberikan lemak jenuh yang banyak ke dalam tubuh.

8. Lemak babi

Jenis lemak lainnya yang mengandung cukup banyak lemak jenuh yaitu lemak babi. Lemak ini digunakan dalam masakan karena dapat digunakan sebagai perasa gurih yang cukup lezat. Namun penggunaannya harus dibatasi.

9. Usus ayam

Selain kulit ayam, bagian lainnya yang mengandung lemak jenuh yaitu usus ayam. Mengapa? Karena lemak dari makanan yang dikonsumsi oleh ayam akan menumpuk di bagian ususnya sehingga dapat memberikan kandungan lemak jenuh yang tinggi ke tubuh Anda.

10. Hati

Siapa yang tidak menyukai jeroan? Bagian dalam organ hewan ini menjadi salah satu makanan favorit yang dikonsumsi oleh masyarakat. Kandungan lemak jenuh dalam hati ayam maupun sapi dapat mengganggu kesehatan Anda jika dikonsumsi berlebihan.

Baca Juga: 16 Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan mengandung lemak jenuh yang tinggi lainnya. Berikut ini 20 jenis makanan lainnya:

20 Jenis Makanan Mengandung Lemak Jenuh yang Tinggi Lainnya

11. Kuning telur
12. Rempela
13. Minyak goreng
14. Cokelat
15. Brutu ayam
16. Paru sapi
17. Buntut sapi
18. Lidah sapi
19. Kepiting
20. Kerang
21. Udang
22. Telur puyuh
23. Rolade ayam
24. Nugget
25. Sosis
26. Cakar ayam
27. Santan
28. Kikil sapi
29. Lemak daging
30. Daging babi

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan mengandung lemak jenuh yang tinggi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top