Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Jenis Minuman Beralkohol yang Perlu untuk Anda Ketahui

Uncategorized

14 Jenis Minuman Beralkohol yang Perlu untuk Anda Ketahui

Minuman beralkohol merupakan minuman yang memiliki banyak bahaya bagi kesehatan. Minuman beralkohol dibuat dari bahan dasar etanol. Etanol sendiri merupakan bahan psikoaktif yang akan menurunkan kesadaran. Karena efek moderenisasi, semakin lama banyak produsen minuman keras yang membuat banyak variasi produk.
Akibat banyak kerugian yang ditimbulkan oleh minuman keras ini, baik dari sisi agama dan negara tidak mengijinkan warga negaranya untuk mengonsumsi minuman yang memabukkan. Namun disisi lain minuman beralkohol memberikan pendapatan negara berupa pajak sehingga pemerintah membolehkan dengan penggunaan yang wajar. Berikut ini merupakan beberapa jenis minuman beralkohol yang marak di pasaran.
Jenis Minuman Beralkohol, Jenis Minuman Berbahaya,
Loading...

1. Anggur (Wine)

Jenis minuman beralkohol ini dibuat dari bahan dasar sari anggur khusus yaitu Vitis vinifera. Pembuatan Wine ini melewati proses fermentasi panjang dari gula yang terkandung pada buah anggur. Banyak sekali jenis minuman anggur ini yang sering di pasarkan seperti Fortified wine, Sparking wine, Red wine, Sweet wine, Rose wine, dan White wine.

2. Rum

Rum merupakan salah satu jenis minuman beralkohol yang sangat familiar di Indonesia. Minuman ini sebagai hasil fermentasi dan distilasi dari air tebu / molase. Bentuk dan rupa dari rum berwarna kuning bening dan akan mengalami pematangan sempurna ketika disimpan dalam tong kayu.

3. Brendi

Brendi atau dalam bahasa inggris brandy diambil dari bahasa Belanda brandewijn. Minuman jenis ini merupakan hasil dari proses distilasi dengan kadar alkohol sekitar 40-60 persen. Sama dengan anggur, Brendi juga dibuat dari bahan dasar sari buah. Dalam budaya Barat, minuman ini biasanya disajikan setelah makan malam bersama kerabat.

4. Tequila

Tequila merupakan salah satu jenis minuman beralkohol yang sangat populer dikalangan orang dewasa. Minuman ini merupakan hasil penyulingan atau distilasi yang dibuat dari bahan utama tanaman agave. Penyajiannya pun unik, biasanya ditambah dengan jeruk nipis atau garam.

5. Bir

Bir saat ini menjadi minuman paling populer di dunia setelah air dan teh. Proses pembuatan bir melalui proses fermentasi dari bahan utama berpati tanpa melalui proses penyulingan seperti sejumlah jenis minuman beralkohol lainnya.

6. Ciu

Ciu atau sering di sebut dengan ciu rantai merupakan sejenis minuman yang mengandung kadar alkohol cukup tinggi yang di peroleh dari proses fermentasi ketela pohon cair dan sebenarnya berasal dari proses pembuatan tape yang terbuang. Ciu ini sangat terkenal di salah satu daerah di Jawa tengah yaitu Cikakak Ajibarang.

7. Wiski

Wiski atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan whiskey merupakan jenis minuman beralkohol hasl fermentasi serealia dengan proses penghalusan atau mashing lalu dipanaskan setelah dicampur dengan air. Setelah mengalami proses distilasi atau penyulingan, wiski kemudian disimpan dalam tong kayu untuk proses pematangan. Kadar alkhol yang dikandung wiski 20-50 persen karena akan berbeda setiap produksinya.

8. Abshinte

Minuman beralkohol ini memiliki nama lain Anise atau perisa adas. Bahan utama yang digunakan untuk membuatnya yaitu apsintus atau lebih dikenal dengan wormwood. Proses pembuatannya sangat unik, yaitu dengan menyuling alkohol bersama dengan rempah – rempah seperti pala, ketumbar, juniper, hisop, dittany, apsintus, fennel, atau adas.

9. Tuak

Minuman berlakohol yang satu ini merupakan hasil fermentasi dari nira, berasm atau buah serta bahan makanan yang mengandung gula tinggi. Tuak dibuat dengan kadar alkohol yang berbeda – beda. Hal ini tergantung dari tempat dimana tuak ini dibuat.
Bali merupakan daerah yang dikenal sebagai penghasil tuak jenis arak dan oleh masyarakat sekitar disebut dengan brem Bali. Kandungan alkohol pada brem Bali termasuk dalam klasifikasi kadar alkohol yang tinggi. Berbeda dengan kebanyakan orang yang menganggap minuman beralkohol sangat berbahaya dan sangat dihindari, masyarakat Tapanuli di Sumatera Utara justru menganggap minuman ini berefek baik bagi kesehatan.

10. Vodka

Minuman beralkohol ini juga minuman yang sangat populer di berbagai tempat di dunia karena kadar alkohol yang dikandung dikenal cukup tinggi. Vodka tidak memiliki warna atau transparan dan merupakan proses distilasi dari gandum yang telah mengalami proses fermentasi. Kandungan terbesar dalam vodka yaitu alkohol dan air kecuali untuk beberapa varian.
Meskipun kandungan vodka yang paling sempurna menurut museum vodka yang berada di Rusia sebesar 38%. Namun yang banyak di pasarkan saat ini yaitu vodka dengan kadar 40%. Hal ini dikarenakan jaman dahulu pajak yang dikenakan pada minuman beralkohol tergantung dari kadarnya. Oleh sebab itu untuk memudahkan perhitungan pajak, kadar alkohol vodka dibulatkan menjadi 40%.

4 Jenis Minuman Beralkohol Lainnya:

11. Sake
12. Jagermesiter
13. Margarita
14. Soju
Diatas itulah jenis minuman beralkohol yang perlu untuk diketahui. Minuman beralkohol ini sangatlah berbahaya dan tidak baik untuk dikonsumsi.
Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top