Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

19 Kandungan Dalam Vitamin B6 Pada Makanan Sehat

Uncategorized

19 Kandungan Dalam Vitamin B6 Pada Makanan Sehat

Buah, nasi, sayur dan beragam lauk pauk adalah makanan-makanan yang masuk dalam tubuh kita. Semuanya tentu memiliki kandungan masing-masing dan sehat untuk tubuh. Semua makanan tersebut tidah semata-mata masuk lewat mulut dan keluar melalui anus Anda seketikan menjadi kotoran begitu saja, dalam tubuh Anda terjadi penyaringan gizi dan nutrisi yang di bawa oleh makanan tadi dan di proses menjadi tenaga serta lainnya. Termasuk vitamin B6, vitamin ini adalah anak dari vitamin B tunggal yang memiliki banyak manfaat. Anda perlu mengetahui apa saja kandungan dalam vitamin B6 yang ada di makanan sehat.

Kandungan Dalam Vitamin B6 Pada Makanan Sehat

Anda akan di perkenalkan tentang kandungan vitamin B6 pada makanan yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Selain vitamin B6, beberapa gizi dan nutrisi yang ada pada makanan lain juga sangat di butuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, fosfor, kalium, natrium, kalsium, nutrient, protein, vitamin A, C, D dan K serta lainnya.

Alasan vitamin B6 Sangat Penting Untuk Tubuh

Pyriodoxine adalah sebutan lain dari vitamin B6 yang merupakan salah satu sub vitamin dari vitamin B tunggal dan berperan aktif dalam mengatasi proses bio kimia di dalam tubuh. vitamin B6 bisa Anda dapat dari makanan dengan kandungan vitamin B6 yang banyak dan akan berfungsi baik dalam mengatasi gagalnya pembentukan eritrosit sel darah merah.

Eritrosit ini sangat penting untuk tubuh karena dapat membawa oksigen mengalir ke seluruh tubuh. Fungsi lainnya adalah menghindarkan diri dari anemia yang disebabkan karena kurang fungsinya penyebaran oksigen melalui darah ke seluruh anggota tubuh. Vitamin B6 juga berfungsi aktif dalam meningkatkan dan melancarkan system metabolisme dalam tubuh. Tidak hanya itu, vitamin B6 juga berfungsi membantu dalam mengubah kandungan dalam makanan seperti karbohidrat, kalori menjadi energy yang akan di gunakan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas.

Meski sangat penting, mengkonsumsi vitamin B6 dalam jumlah banyak dalam sehari akan membuat kesehatan tubuh tak stabil karena membuat asupan gizi dan nutrisi lainnya menjadi terganggu. Selain itu, dengan mengkonsumsi terlalu banyak vitamin B6 dapat berakibat buruk pada tubuh seperti menganggu dalam system saraf pada bagian lengan, kaki dan bagian tubuh lainnya. Jadi, Anda disarakan tetap mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B6 yang cukup tidal lebih dari takaran anjuran.

Anjuran Tubuh Dalam Mengkonsumsi Asupan Vitamin B6

Tubuh membutuhkan kadar yang pas untuk vitamin B6 karena jika berlebihan atau kekurangan, bisa mengakibatkan beberapa penyakit serius pada tubuh. Manusia memerlukan 400 mcg dalam tubuh, itu adalah batasnya dan cocok di gunakan untuk laki-laki atau wanita dewasa.

Loading...

Makanan Dengan Kandungan Vitamin B6 Tertinggi:

1. Bayam

Bayam adalah sayur hijau yang sangat banyak mengandung vitamin C yang banyak. Selain itu, bayam juga di kenal memiliki kandungan vitamin B6 yang banyak yaitu sekitar 0,44 mcg.

2. Kuaci

Kuaci berasal dari biji bunga matahari dan memiliki manfaat luar biasa khususnya bagi jantung. Kuaci memiliki kandungan vitamin B6 mencapai 0,47 mcg.

3. Kentang Masak

Kentang yang sudah direbus atau di masak memiliki kandungan vitamin B6 yang cukup banyak yaitu 0,54 mcg. Kentang juga sangat cocok sebagai bahan diet pengganti dari nasi atau gandum.

4. Sawi Hijau

Sawi memang hanya memiliki kandungan vitamin B6 sekitar 0,14 mcg, tetapi sawi dikenal memiliki kestabilan gizi dan nutrisi yang tinggi dan hal tersebut sangat bermanfaat.

5. Lobak

Lobak juga bisa dijadikan makanan diet pengganti nasi atau gandum. Salah satu manfaatnya adalah membantu dalam mengatasi diabetes, kanker dan lainnya. Lobak mengandung sekiranya 0,26 mcg vitamin B6.

Makanan Dengan Kandungan Vitamin B6 Lainnya:

6. Kembang Kol
7. Apel
8. Brokoli
9. Paprika
10. Asparagus
11. Pisang
12. Alpukat
13. Tomat
14. Melon
15. Semangka
16. Daging
17. Ikan Tuna
18. Ikan COD
19. Ikan Salmon

Baca juga: 15 Dampak Sering Minum Obat Gatal untuk Kesehatan

Seperti yang dikatakan tadi, vitamin B6 memang sangat bermanfaat untuk tubuh dan mutlak harus ada dalam tubuh, namun mengkonsumsinya secara berlebihan juga tidak baik dalam menjaga kestabilan gizi dan nutrisi dalam tubuh.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top