Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Memasang Kawat Gigi untuk Rahang Atas Saja

Uncategorized

15 Bahaya Memasang Kawat Gigi untuk Rahang Atas Saja

Gigi yang rapi dan cantik adalah keinginan semua orang. Tapi pada kenyataannya ada orang yang giginya tidak sempurna. Oleh karena itu dokter gigi membuat inovasi alat bantu untuk membuat gigi kita rapi, cantik,  dan juga sehat. Alat tersebut adalah kawat gigi atau behel. Kawat gigi memiliki harga relatif mahal untuk satu setnya,  tapi saat orang ingin cantik biasanya mereka rela mengeluarkan uang yang banyak. Dokter gigi jaman sekarang bukan hanya di datangi orang yang sedang sakit gigi atau ingin cabut gigi. Justru sekarang lebih banyak yang pergi ke dokter gigi untuk memasang kawat gigi.

Memasang kawat gigi tidak boleh sembarangan atau asal-asalan. Ini butuh teknik yang benar dan pengetahuan yang luas tentang gigi. Karena saat terjadi kesalahan, dampaknya bisa fatal. Sebelum memasang behel biasanya dokter gigi melakukan pemeriksaan dulu.  Dokter memeriksa apakah iya bisa langsung di pasang behel atau harus ada prosedur-prosedur lain. Saat seseorang hanya bermasalah pada rahang atas saja,  dokter gigi tidak bisa memasangkan behel hanya di rah atas.  Ini berbahaya untuk gigi kita.  Berikut ini adalah bahaya memasang kawat gigi hanya di rahang atas saja.

1. Bisa Mengalami Maloklusi atau Gangguan Menggigit

Memasang kawat gigi untuk rahang atas saja bisa menyebabkan gangguan menggigit. Maloklusi atau gangguan menggigit ini membuat kita susah mengunyah makanan dengan baik. Alhasil, rahang akan terganggu dan pencernaan juga menjadi kacau. Padahal seseorang haruslah memiliki sistem pencernaan yang baik, supaya bisa tumbuh sehat. Langkah awalnya adalah dengan mengunyah makanan dengan lembut.

2. Menjadi Rentan Mengalami Open Bite atau Gigitan Terbuka

Open Bite atau gigitan terbuka akan terjadi bila kamu memasang kawat gigi untuk rahang atas saja. Gangguan Open Bite ini bisa menyebabkan kamu susah sekali buat makan. Bahkan untuk mingkem alias mengatupkan mulut saja cukup susah. Open Bite memang jarang terjadi. Namun bilamana kamu memiliki gangguan mengerikan ini, sebaiknya kamu memang segera memasang behel. Namun ingat! Pasangnya untuk semua rahang ya!

3. Mengalami Gigi Tidak Simetris dengan Rahang Atas

Gigi manusia sebenarnya diciptakan secara simetris. Berpasang-pasangan. Bilamana kita memasang kawat gigi hanya untuk rahang atas saja, maka efeknya adalah bisa menyebabkan gigi jadi tidak simetris. Ini amat bahaya sekali buat kesehatan. Untuk itu, kita mesti hati-hati deh! Jangan sampai gegabah hanya dengan memasang behel untuk satu sisi rahang saja. Lagipula, sebenarnya tidak ada satu pun dokter gigi yang mau melakukannya. Karena ini menyalahi prosedur medis.

4. Dapat Terjadi Gangguan Rahang

Gangguan rahang ini misalnya gangguan persendian rahang. Yang membuat kita suka membuka mulut. Memang memasang kawat gigi hanya untuk rahang atas saja, maka bahayanya rentan merusak persendian rahang. Kawat gigi bekerja dengan tekanan tertentu untuk menggerakan gigi dan membentuk lingkar gusi serta memperbaiki postur rahang. Untuk itu, janganlah main-main dengan alat ini!

Loading...

5. Bisa Terjadi Gangguan Gusi

Gangguan gusi adalah sebuah resiko yang sudah pasti akan terjadi bilamana pemasangan behel tidak dilakukan dengan benar. Misalnya dengan hanya memasang kawat gigi untuk rahang atas saja. Gangguan gusi ini meliputi abses dan perubahan warna gusi. Turunnya gusi juga bisa terjadi, bilamana tarikan dari bracket-bracket, kawat dan karetnya dilakukan secara serampangan.

6. Membuat Gigi Rentan Patah

Gigi kita menjadi rentan patah loh kalau hanya memakai kawat gigi untuk rahang atas saja. Padahal ketika gigi menjadi patah, maka efeknya akan sangat mengerikan sekali buat kesehatan.

7. Memicu Susunan Bisa Berantakan Lagi

Susunan gigi kita bisa berantakan lagi bilamana kita memasang kawat gigi hanya untuk rahang atas saja. Hancurnya susunan gigi ini terjadi karena pengaruh gerakan dari alat ortodontik itu yang memang pada awalnya bisa membuat gigi rapi. Namun lama-lama gigi berantakan lago.

8. Sama Sekali Tidak Memberikan Manfaat Ortodontik

Sesungguhnya memasang kawat gigi hanya untuk rahang atas saja bisa menyebabkan kita sama sekali tidak mendapatkan manfaat ortodonti itu. Sama saja bohong!

9. Sama Sekali Tidak Memenuhi Kaidah Perawatan Ortodontik

Orang yang memasang kawat gigi hanya untuk rahang atas saja sama sekali tidak paham tentang prosedur standar pemasangan kawat gigi!

10. Terjadi Kerusakan Gigi dan Jaringan Tulang Penyangga Gigi

Kerusakan gigi dan jaringan tulang penyangga gigi juga bakalan terjadi.

Baca Juga: 15 Bahaya Memasang Kawat Gigi untuk Rahang Bawah Saja

5 Bahaya Memasang Kawat Gigi untuk Rahang Atas Saja yang Lainnya:

11.Mengalami Kesulitan Mengunyah
12. Menglami Gangguan Bicara dan Pengucapan Huruf Tertentu
13. Membuat Gigi Jadi Berjejal
14.Mengalami Patah Tulang Rahang
15. Membuat Gusi Turun

Demikian adalah bahaya yang akan terjadi jika kita memasang behel hanya di rahang atas saja.  Ini akan membuat gigi kita semakin jelek bukan semakin cantik. Jadi pastikan kalian memilih dokter yang tepat untuk memasang kawat gigi kalian.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top