Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Ketahui Jenis Penyakit Menurut Golongan Darah

Uncategorized

Ketahui Jenis Penyakit Menurut Golongan Darah

Kamu bisa mengetahui beberapa jenis penyakit menurut golongan darah. Umumnya, golongan darah dikelompokkan menjadi 4, yakni A, AB, B dan O. Setiap orang pemilik golongan darah mempunyai sifat dan kepribadian tertentu. Masing-masing tipe darah juga mempunyai kebutuhan tersendiri dari segi asupan makanan dan jenis olahraga.

Salah dalam mengkonsumsi makanan dan berolahraga yang tidak tepat justru bisa mendatangkan gangguan kesehatan atau penyakit. Oleh karena itu, kenalilah karakter dan keperlua dari setiap tipe darah untuk menghindari penyakit. Yuk, pelajari lebih lanjut mengenai penyakit yang bisa ditimbulkan berdasarkan golongan darah yang kamu miliki.

Inilah jenis penyakit menurut golongan darah 

Kemungkinan penyakit yang akan kamu alami bisa diketahui dari karakter tipe darah kamu. Golongan darah A, tidaklah sama jenis penyakitnya dengan tipe darah B. Begitu juga tipe darah O dengan golongan darah B, kemungkinan penyakitnya berbeda. Berikut penjelasannya!

Tipe darah A
Seseorang yang mempunyai golongan darah A mempunyai sel darah merah dengan antigen A pada permukaan membran sel serta memproduksi antibodi terhadap antigen B di dalam serum darahnya. Maka dari itu, individu yang bergolongan darah A-negatif hanya bisa menerima donor darah dari golongan darah A-negatif atau O-negatif saja.

Beberapa jenis penyakit menurut golongan darah A yaitu serangan jantung, kanker perut dan gangguan peredaran darah. Tak hanya itu, tipe darah A lebih cepat marah dan banyak yang mengalami obesitas. Pemilik golongan darah ini mempunyai lambung dengan kadar lektin rendah.

Disamping itu, mereka juga menghasilkan lendir atau dahak yang lebih banyak. Itulah mereka golongan darah A rentan terjangkit alergi, asma, infeksi telinga serta gangguan pernapasan. Jenis olahraga yang disarankan untuk golongan darah A yaitu olahraga fisik dengan memusatkan pikiran dan menenangkan seperti taichi dan yoga.

Loading...

Golongan darah B
Jenis penyakit menurut golongan darah B yaitu Kerusakan sistem syaraf, susah tidur, sakit kepala atau migrain. Selain itu, tipe B rentan terhadap penyakit organ hati, penyakit hati, gangguan saluran empedu, gangguan mestruasi, sakit tulang belakang, serangan jantung dan kegemukan. Olahraga yang cocok untuk golongan darah ini adalah yang mengandung mental, misalnya hiking, berenang dan tenis.

Seseorang pemilik golongan darah B mempunyai antigen B di permukaan membran sel darah merahnya serta menghasilkan antibodi pada antigen A dalam serum darahnya. Makanya, individu yang bergolongan darah B-negatif hanya mampu menerima donor darah dari dia yang mempunyai tipe darah B-negatif atau O-negatif.

Tipe darah AB
Pemilik tipe darah AB mempunyai antigen A dan B di permukaan sel darah merahnya dan tak menghasilkan antibodi pada antigen A dan B. Oleh sebab itu dia yang mempunyai golongan darah AB-positif bisa menerima donor darah dari orang yang bergolongan darah A, B, O atau apapun. Itulah mengapa golongan darah AB disebut sebagai resipien universal.

Tetapi, orang yang mempunyai golongan AB-positif tidak bisa memberikan atau mendonorkan darahnya kecuali sesama AB-positif. Tipe darah ini adalah darah yang cenderung beresiko terhadap penyakit modern. Karena itu, sangat disarankan tipe AB berolahraga dengan teknik-teknik relaksasi dan meditasi untuk mengurangi stres. Dan untuk melawan sistem kekebalan tubuh yang buruk.

Adapun beberapa jenis penyakit menurut golongan darah AB adalah penyakit kanker dan penyakit jantung. Selain penyakit itu, yang sering dialami oleh golongan ini adalah anemia, depresi, gangguan sistem syaraf, komplikasi hati dan empedu, parkinson dan alzheimer.

baca juga : Pola Makan Sesuai Golongan Darah A, AB, B dan O

Golongan darah O
Golongan O mempunyai sel darah tanpa antigen, tetapi menghasilkan antibodi pada antigen A dan B. Maka, seseorang yang mempunyai golongan O-negatif bisa memberikan darahnya ke seseorang dengan tipe darah A, B, AB dan O. Sehingga, golongan darah O disebut dengan donor universal.

Namun, pemilik darah O-negatif hanya bisa menerima darah sesama O-negatif. Menurut penelitian, golongan darah O paling banyak dimiliki didunia. Secara umum, jenis penyakit menurut golongan darah O adalah kencing manis, gangguan usus dan pencernaan serta gangguan peredaran darah.

Sakit pinggang dan tulang belakang, obesitas, kolesterol tinggi, asam urat tinggi, kanker dan serangan jantung juga paling sering dialami oleh pemilik golongan darah O. Sebaiknya, pemilik darah O melakukan olahraga aerobik, lari dan beladiri.

Setelah kamu mengetahui, jenis penyakit menurut golongan darah sekarang kamu harus lebih waspada. Konsumsi makanan sehat dan jangan lupa olahraga teratur.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top