Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Komplikasi Diabetes Tipe 1 yang Perlu Diwaspadai

Uncategorized

13 Komplikasi Diabetes Tipe 1 yang Perlu Diwaspadai

Diabetes merupakan penyakit yang bisa terjadi pada siapa saja baik itu anak – anak ataupun orang dewasa. Penyakit ini merupakan suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat memproduksi hormon insulin dengan baik. Sedangkan komplikasi diabetes tipe 1 merupakan jenis diabetes yang berintikan rendahnya produksi hormon insulin.

Oleh sebab itu tidak heran bahwa seseorang penderita diabetes tipe satu ketergantungan dengan insulin. Apabila kamu sedang mengalami beberapa gejala diabetes sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter dengan segera agar tidak terjadi beberapa komplikasi diabetes tipe 1 seperti berikut ini.

Kompikasi Diabetes Tipe 1, Kompikasi Penyakit Diabetes Tipe 1, Gejala Kompikasi Diabetes Tipe 1

1. Komplikasi oral

Komplikasi diabetes tipe 1 yang pertama adalah komplikasi oral. Pada komplikasi ini terjadi peningkatan kadar gula darah yang sudah seharusnya diwaspadai. Biasnya akan memberikan efek pada kesehatan mulut dan gusi, dan apabila dibiarkan akan menyebabkan gigi tanggal.

2. Disfungsi seksual

Kerusakan pembuluh darah halus juga bisa di sebabkan oleh penyakit diabetes. Bagi seseorang yang sedang mengalami diabetes tipe 1 harus mewaspadai hal ini terutama yang memiliki kebiasaan merokok karena akan menimbulkan kegagalan ereksi. Tidak hanya terjadi pada pria, wanita pun bisa mengalami disfungsi seksual seperti kegagalan orgasme, keringnya vagina, dan gairah seks berkurang. Namun masalah tersebut biasanya masih dapat ditangani dengan obat – obatan.

3. Cacat lahir

Komplikasi diabetes tipe 1 yang lain akan menyebabkan bahaya pada kandungan, yakni seseorang akan memungkinkan untuk mengalami cacat pada bayi. Risiko ini bisa saja terjadi pada ibu hamil yang tidak dapat mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuhnya.

4. Kelahiran mati

Risiko diabetes 1 memang sangat berbahaya terutama pada ibu yang sedang hamil, sebaiknya mencari cara untuk segera menanganinya. Hal ini dikarenakan seseorang yang menderita diabetes tipe 1 akan memiliki risiko kematian bayi yang cukup besar. Selalu memantau kadar gula darah dan rajin check up ke dokter merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko tersebut.

5. Risiko keguguran

Ibu hamil yang sedang mengalami diabetes tipe 1 juga sangat mungkin akan mengalami keguguran. Seseorang yang hamil muda sangat mungkin terjadi keguguran apabila penyakit diabetes tipe 1 tidak segera ditangani dengan tepat.

Loading...

6. Kerusakan saraf

Pengaruh lainnya saat seseorang mengidap penyakit berbahaya tersebut yakni akan menimbulkan kerusakan pada beberapa saraf. Biasanya pada tahap ini akan ditandai oleh seringnya kesemutan pada beberapa bagian tubuh. tidak hanya itu biasanya penderita akan sering merasakan nyeri pada bagian tangan dan kaki.

7. Penyakit ginjal

Apabila ginjal mengalami gangguan, maka darah yang berada dalam tubuh pun tidak dapat disaring dengan efektif. Disamping itu penyakit diabetes tipe 1 dapat berpotensi untuk mengganggu kesehatan organ ginjal sehingga mengalami kerusakan atau penurunan fungsi yang signifikan.

8. Luka dan infeksi pada kaki

Jangan pernah menganggap luka kecil pada bagian kaki sebagai masalah yang enteng ketika kamu sedang mengidap penyakit diabetes tipe 1. Hal ini dikarenakan pembentukan ulkus kaki oleh luka dimana akhirnya akan menyebabkan infeksi atau luka yang tak kunjung sembuh. Bahkan banyak orang yang mengalami pembusukan pada luka dan harus menjalani pilihan operasi.

9. Stroke

Diabetes tipe 1 mampu membuat aliran darah ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar karena adanya penyumbatan. Apabila terjadi dalam waktu yang lama makan akan menyebabkan stroke. Hal ini dikarenakan darah yang tersumbat tidak dapat memberikan suplai oksigen yang cukup ke otak sehingga akan menimbulkan stroke.

10. Daibetes retinopati

Diabetes tipe 1 juga dapat memicu kerusakan pada pembuluh darah retina atau sering disebut reitnopati. Kurasakan yang bisa terjadi karena penyakit ini yaitu penyumbatan, kebocoran, dan pertumbuhan yang terjadi secara acak sehingga mampu untuk menghalangi cahaya yang masuk ke retina.

Baca Juga 4 Metode Cara Diagnosis Diabetes Tipe 1

3 Komplikasi Diabetes Tipe 1 Lainnya:

11. Serangan jantung
12. Angina
13. Sakit kepala

Itulah 13 penyakit komplikasi diabetes tipe 1 yang sering terjadi pada penderita. Diabetes disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. sudah sebaiknya untuk mengubah pola hidup menjadi lebih baik agar terhindar dari penyakit mematikan seperti diabetes.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top