Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Komplikasi Serangan Jantung yang Perlu Diwaspadai

Uncategorized

13 Komplikasi Serangan Jantung yang Perlu Diwaspadai

Tentunya semua orang mengetahui penyakit komplikasi serangan jantung ini, penhyakit ini sudah umum dan mengerikan pula. Bahkan serangan jantung termasuk dalam penyakit yang menyebabkan paling tinggi di dunia. Walaupun serangan jantung ada yang ringan dan memilki kemungkinan yang besar tidak terjadi komplikasi, namun anda perlu untuk tetap berwaspada. Ketahui beberapa penyakit yang menyebabkan komplikasi serangan jantung.

Perlu anda ketahui saat jantung sudah kehilangan fungsi maksimal, hal ini biasanya terjadi karena penggumpalan darah sehingga menyumbat pembuluh darah atau nadi coroner yang menjadi kencang. Jika kondisi ini sudah terjadi pada seseorang, maka jangan dianggap remeh segeralah meminta penanganan dokter supaya tidak terjadi komplikasi serangan jantung.

Komplikasi Serangan Jantung, Komplikasi Penyakit Serangan Jantung, Dampak Komplikasi Serangan Jantung

1. Jantung Pecah

Awal terjadinya komplikasi serangan jantung biasanya ditandai gejala jantung pecah terlebih dahulu. Ketika jantung rupture atau pecah berpotensi terjadi saat ketup, otot atau dinding jantung mengalami pembelahan, hal ini kemungkinan dapat terjadi ketika otot jantung yang rusak pada level serius. Umumnya serangan jantung dialami penderita 1-5 hari setelah itu sangatlah berpeluang untuk terjadi jantung rupture. Meskipun hal ini sudah menjadi hal yang umum sebaiknya anda jangan remehkan, karena dapat membahayakan nyawa penderita dimana gejala ini sama dengan syok kardiogenik.

2. Gagal Jantung

Gagal jantung terjadi karena darah tak dapat terpompa sempurna oleh jantung untuk mengalir keseluruh tubuh. Waspadai gejala gagal jantung akibat serangan jantung, tanda-tanda bagi orang yang sedang mengalami  bengkak di bagian kaki dan lengan, kelelahan dan juga sesak nafas. Segera periksa kedokter agar mendapat penangan dan pengobatan yang benar.

3. Serangan Jantung Berulang

Pada umumnya penderita komplikasi jajntung akan terjadi serangan jantung berulang-ulang. Terdapat kurang lebih 20% dari pasien serangan jantung yang diketahui mampu terserang kembali dengan kondisi yang sama sekitar 6 minggu setelah kejadian pertama. Serangan yang dialami pada area yang sama tetapi dapat juga pada area yang berbeda.

Setelah serangan pertama terjadi sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter untuk mencegah serangan berikutnya. Agar mendapat penganan yang tepat supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Loading...

4. Kerusakan Katup Jantung

Karena terkena serangan jantung maka akan merusak katup jantung. Umumnya, kondisi ini datang dengan berbentuk inkotinensia katup satu arah yang dapat membuat kebocoran katup.

5. Pembentukan Bekuan

Ketika dinding ventrikel sebelah kiri mengalami kerusakan atau infrak, sehingga dapat memengaruhi sirkulasi darah yang membuat lebih lambat dari normalnya. Inilah yang  nantinya dapat memicu pembentukan bekuan dan kondisi ini terkadang bisa menggiring kea rah deep vein thrombosis. Kasus deep vein thrombosis alias bekuan vena bisa terjadi di bagian kaki.

Terlebih lagi jika sang penderita terlalu lama beristirahat ( rawat inap ) atau melakukan penerbangan yang jauh. Sehingga gumpalan berpotensi untuk pindah melalui heti ke organ paru-paru, jika hal ini menyepelekan hal ini maka akan memicu emboli poli dan terlebih lagi mengancam jiwa.

6. Aritmia

Aritmia adalah tidak normalnya detak jantung , hal ini terjadi sebagai efek dari otot jantung yang sudah rusak. Jika anada mengalami gejala aritmia wajib anda mewaspadai antara lain mudah lelah, sering kehabisan nafas, sering terkena sakit kepala, sensasi jantung berdetak kencang hingga ke tenggorokan dan rasa nyeri pada dada.

7. Syok Kardiogenik

Syok Kardiogenik ialah kondisi otot jantung yang rusak parah dan tidak dapat lagi memasok darah ke dalam tubuh dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan fungsi tubuh tidak dapat berjalan dengan sempurna. Kondisi ini sama hal nya dengan gagal jantung namun lebih berbahaya. Pada umumnya gejala ini muncul saat kebingungan secara mental, detak jantung dan nafas cepat, kesulitan bernafas, tangan dan kaki terasa dingin.

8. Perikarditis

Serangan jantung juga berpotensi menimbulkan pericarditis yang artinya radang dibagian kantong pericardial, yang mana juga meliputi jantung. Kondisi ini biasanya dapat dialami tak lama sesudah serangan jantungdan di dalam kantong tersebut bekal berisi cairan. Gejalanya seperti betuk, nyeri dada seperti di tusuk-tusuk, sukit menelan, sulit bernafas. Biasanya nyeri akan hilang jika orang yang menderita sedang membungkuk dalam posisi duduk.

9. Stroke

Stroke adalah salah satu factor penyebab serangan jantung. Hal ini terjadi karena adanya penyempitan yang terjadi di arteri dan menghubung ke jantung, sehingga darah yang masuk jantung terlalu sedikit. Waspadai karena stroke juga penyakit yang berbahaya jika bebrapa menit saja anda telat mengatasi penyakit ini maka dapat terjadi kematian.

10. Gagal Ginjal

Karena terjadi penyakit gagal ginjal maka akan menyebabkan gagal jantung, sehingga jantung mengurangi darah ke ginjal yang pada akhirnya menyebabkan gagal ginjal. Kerusakan ginjal dari gagal jantung dapat memerlukan dialysis untuk pengobatan.

Baca Juga 17 Obat Herbal Alami Radang Sendi Paling Ampuh

3 Komplikasi Serangan Jantung Lainnya:

11. Emboli Pari-paru
12. Penyakit Arteri Peripheral (PAD)
13. Pnemonitis

Jaga pola makan anda dari sekarang agar tidak terkena penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi serangan jantung. Dengan jantung yang sehat bisa menambah kualitas hidup menjadi sehat dan tidak mudah terserang oleh penyakit.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top