Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Dampak Kurang Lama Mengunyah Makanan

Uncategorized

15 Dampak Kurang Lama Mengunyah Makanan

Bergadang sampai larut malam karena perkerjaan tak kunjung selesai karena saking banyaknya membuat kita malas bagun tidur. Akhirnya kita menjadi bangun kesiangan. Kita menjadi terburu-buru saat bersiap untuk kembali ke aktivitas sehari-hari. Sampai-sampai kita mengunyah makanan kurang lama,  karena takut terlambat untuk bekerja atau pergi ke sekolah.

Mengunyah makanan kurang lama karena takut telat bekerja atau sekolah. Apakah itu baik untuk tubuh atau malah membawa keburukan untuk tubuh? Hal itu sangat berbahaya. Berikut adalah dampak mengunyah makanan kurang lama untuk tubuh:

1. Gangguan Gerak Peristaltik

Kurang lama mengunyah makanan akan menyebabkan gangguan petistaltik. Yang ditandai dengan rasa sakit ketika menelan makanan. Atau malah justru susah menelan makanan. Untuk itu, kita mestinya mengunyah makanan dengan baik, agar tidak mengalami gangguan peristaltik ini. Dan tahukah kamu bahwa gangguan ini akan membuat kita jadi susah makan, harus segera diobati oleh dokter.

2. Tidak Bekerjanya Enzim dengan Baik

Ketika enzim tidak baik bekerjanya, maka zat-zat makanan akan susah dicerna. Ini merupakan gangguan metabolisme yang harus segera ditangani. Tak boleh sedikit pun diabaikan, supaya gangguan ini segera sembuh. Jika kita terlalu lama dalam gangguan metabolisme makanan, maka kita bisa mengalami gizi buruk.

3. Tubuh Gagal Mencerna Makanan

Gagal mencerna makanan merupakan salah satu dampak kurang lama mengunyah makanan pula. Ini merupakan gangguan yang begitu buruk sekali bila tidak segera diobati. Makanan yang masih terlalu besar akan membuat kerja usus dan otot perut jadi lebih kuat. Ini rentan menyebabkan otot jadi kram dan usus jadi bocor.

4. Tidak Terserapnya Gizi Makanan dengan Baik

Ketika kita mengunyah makanan, sebenarnya ini merupakan proses pencernaan yang kompleks. Air liur dan gigitan gigi itu sangat berguna untuk mengolah gizi makanan. Dengan mengunyah makanan lama, maka gizi itu menjadi lebih mudah terserap oleh tubuh. Untuk itu, kita harusnya bisa menjalani program mengunyah makanan. Belajarlah buat tenang ketika makan.

Loading...

5. Tenggorokan Mudah Radang

Tenggorokan kita akan mengalami radang bilamana kita kurang lama mengunyah makanan. Radang ini terjadi karena gesekan keras yang terjadi di tenggorokan pada makanan. Untuk itu, kita mesti mengunyah makanan dengan lambat dan teratur, supaya tenggorokan tidak sakit lagi.

6. Kerongkongan Terluka

Kerongkongan bisa terluka bilamana kita kurang lama mengunyah makanan. Tenggorokan yang terluka ini bisa menimbulkan gangguan kerongkongan. Bisa jadi kerongkongan bakal terluka dan berdarah. Ini bisa menimbulkan rasa sakit ketika menelan makanan. Bahkan sistem pernafasan juga bisa terganggu.

7. Tersedak

Bila kita kurang lama mengunyah makanan, maka kita bisa tersedak. Janganlah remehkan kejadian tersedak karena ini sungguh akan membuatmu jadi tersiksa. Apalagi jika sampai makanan yang sedang kita kunyah, malah masuk ke dalam rongga nafas. Sungguh akan menciptakan sensasi perih di hidung. Bahkan ada beberapa orang yang sampai meninggal ketika dirinya tersedak.

8. Tersumbatnya Saluran Nafas

Sumbatan saluran nafas juga akan terjadi. Inilah yang kami sebutkan di atas. Pernah ingat kejadian orang tersedak tulang ayam KFC hingga meninggal? Memang tersumbatnya saluran nafas ini bermula dari tersedak. Dari makanan yang tanpa sengaja masuk ke dalam saluran nafas.

9. Mengalami Sembelit

Kurang lama mengunyah makanan akan menyebabkan kita mengalami sembelit. Ini sungguh begitu menyiksa kita karena sembelit akan menyebabkan kita jadi sakit perut. Susah BAB berhari-hari bisa bahaya karena tubuh akan mengalami kegemukan juga. Akibat kotoran tidak bisa dikeluarkan.

10. Terkena GERD

GERD bisa terjadi karena kebiasaan makan yang buruk. Misalnya ketika habis makan malah tiduran. Atau yang ini, kurang lama mengunyah makanan. Tentunya ini sungguh bahaya sekali buat kesehatan.

Baca Juga: 15 Cara Menaikkan Tinggi Badan dengan Cepat

5 Dampak Kurang Lama Mengunyah Makanan yang Lainnya:

11. Iritasi Usus
12. Pendarahan Saluran Pencernaan
13. Naiknya Asam Lambung
14. Mengalami Gizi Buruk
15. Kerusakan Gigi

Seberapapun terburu-burunya kita, kita harus tetap mengunyah makanan yang lama sampai lembut, agar kesehatan kita tidak terganggu. Bukankah kita akan rugi jika kita sampai sakit karena mengunyah makanan kurang lama. Kita menjadi tidak bisa beraktivitas jika kita sakit. Makanya kita harus pastikan makanan yang kita kunyah benar-benar sudah sesuai dengan kaidah makan yang baik. Semata-mata demi kesehatan. Marilah ubah kebiasaan buruk makan kita, agar kita menjadi orang yang sehat selalu.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top