Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

4 Macam Macam Jenis Difabel yang Wajib Kamu Ketahui

Uncategorized

4 Macam Macam Jenis Difabel yang Wajib Kamu Ketahui

Akhir – akhir ini orang mulai melirik dan memberikan perhatian lebih terhadap penyandang difabel. Orang difabel memang memiliki batasan fisik sehingga tidak dapat melakukan sesuatu layaknya orang normal. Banyak sekali macam macam difabel yang tidak diperlakukan dengan baik oleh orang. Padahal mereka harusnya mendapatkan perlakuan yang sama seperti orang normal pada umumnya.

Difabel merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami gangguan fisik atau sistem saraf sehingga tidak dapat melakukan sesuatu layaknya dilakukan oleh orang normal. Berikut ini merupakan macam macam difabel dan penyebabnya yang wajib kamu tahu.

Macam Macam Difabel, Macam Macam Kelainan Difabel, Macam Macam Jenis Difabel

1. Gangguan fisik

Macam macam difabel yang pertama yakni gangguan fisik. Orang yang mengalami gangguan fisik ini biasanya bersifat permanen dan dapat mempengaruhi mobilitas seseorang untuk bergerak dengan normal. Berikut ini beberapa jenis gangguan fisik yang sering terjadi.

– Cedera otak akuisisi

Hal ini merupakan jenis cacat otak yang terjadi setelah lahir. Orang yang mengalami cedera otak biasanya disebabkan oleh benturan keras pada bagian kepala, penggunaan alkohol, narkoba, penyakit kanker, AIDS, dan akibat kekurangan oksigen. Kondisi ini sangat mengganggu dalam berkomunikasi dengan orang lain, gangguan sensorik, gangguan fisik, dan sulit berkonsentrasi.

– Cedera syaraf tulang belakang

Loading...

Hal ini merupakan gangguan fisik yang cukup serius pada bagian syaraf tulang belakang dan biasanya bersifat permanen. Penyebab utama seseorang mengalami gangguan tersebut yaitu kurangnya asupan oksigen pada tulang belakang sehingga menyebabkan kerusakan yang cukup parah.
-Spina bifida
-Carebral palsy
-Cystic fibroisis
-Multiple sclerosis
-Muscular dystrophy
-Sindrom tourette
-Dwarfisme

2. Gangguan mental

Jenis difabel ini akan memengaruhi interaksi sosial, perilaku, dan sistem pemikiran sosial. Biasanya gangguan ini akan mengganggu kehidupan individu dan kehidupan umum. Penderita penyakit ini biasanya akan mengalami gangguan motorik dan sensorik yang bersifat sementara ataupun permanen. Berikut ini adalah jenis – jenis gangguan mental yang dapat terjadi :

-Gangguan bipolar

Bipolar merupakan kondisi yang dapat menyebabkan kondisi hati berubah dengan cepat. Hati gampang merasa cepat senang namun juga gampang emosi. Kondisi ini biasanya akan terjadi dalam jangka waktu yang lama. Gangguan ini juga menjadi penyebab seseorang melakukan bunuh diri.

-Depresi

Gangguan ini akan menyebabkan gangguan perasaan berupa sedih secara berlebihan yang terjadi secara terus menerus. Seseorang yang mengalami depresi biasanya akan sulit tidur, mudah marah, tidak memiliki minat, dan tidak memiliki untuk melakukan sesuatu.
-Gangguan kecemasan
-Anorexia nervosa
-Bulimia nervosa
-OCD
-Gangguan ICD
-Ganggaun dismorfik tubuh

3. Gangguan sensorik

Gangguan sensorik merupakan salah satu difabel dimana salah satu atau beberapa indra mengalami gangguan. Misalnya indra pendengaran, sentuhan, penciuman, penglihatan, dan masalah kesadaran. Jenisnya pun sangat beragam, seperti.

– Gangguan pendengaran

Gangguan ini menyebabkan telinga tidak dapat mendengar sebagian atau seluruh suara yang ada di sekitar sehingga akan menyebabkan kesulitan untuk berkomunikasi dengan baik. Gangguan ini bisa diperoleh sejak lahir ataupun setelah lahir.

– Gangguan sensorik

Gangguan sensorik merupakan jenis gangguan pada penglihatan, pendengaran, bau, rasa, dan sentuhan. Penderita gangguan sensorik mungkin saja tidak mengalami gangguan pada alat sensoriknya namun otak yang tidak dapat menerima dan mengirim informasi dengan baik.

4. Gangguan intelektual

Gangguan intelektual dapat menyebabkan penderitanya mengalami masalah dalam berkomunikasi, belajar, dan juga mengelola informasi dengan baik. Hal inilah yang menyebabkan seseorang menjadi berbeda dengan orang normal pada umumnya. Jenis gangguan yang biasanya banyak dialami seseorang yakni :

– Sindrom down

Gangguan ini biasanya dipengaruhi oleh perubahan genetik yang terjadi pada anak – anak baik secara parsial maupun penuh. Kondisi ini biasanya sangat menghambat seseorang untuk mengembangkan kemampuan otak.
-Sindrom x fragile
-Sindrom prader willi
-Masalah keterlambatan perkembangan
-Gangguan FASD (Fetal Alcohol spectrum disorder)

Baca Juga 22 Cara Mengobati Penyakit Skoliosis dengan Aman dan Mudah

Itulah merupakan informasi tentang macam macam kelainan difabel yang harus kamu tahu. Difabel di sekitar kita harus kita beri hak yang sama dengan manusia yang normal lainnya karena menjadi difabel bukanlah pilihan mereka melainkan takdir yang membuatnya seperti itu.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top