Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Main Ponsel Saat Sedang Di-Charge

Uncategorized

15 Bahaya Main Ponsel Saat Sedang Di-Charge

Siapalah kini orang yang tidak suka main ponsel? Sepertinya tidak ada. Semua orang suka main ponsel dan porsi mainnya bukan main. Hampir 24 jam, kecuali sedang tidur, makan, sibuk kerja, atau di kamar mandi. Bahkan ada yang sampai tetap mainan hp padahal mau tidur, kerja, mandi, makan. Bahkan lagi jalan saja sambil mainan hp. Sungguh norak dan konyol sekali gaya hidup macam ini.

Ponsel diciptakan untuk kemudahan komunikasi dan penyebaran informasi. Main ponsel ada waktunya. Dari sekian banyak waktu main ponsel, yang kerap dilanggar barangkali adalah saat dichare. Dalam arti, dalam mode pengisian baterai, ternyata masih saja banyak orang yang memainkannya. Ini tentu amat mengerikan!

Ada bahaya main ponsel saat sedang di-charge. Apa sajakah bahayanya? Yang paling kamu ketahui sepertinya kerusakan ponsel dan meledaknya ponsel. Keduanya bisa saja. Ponsel menjadi rusak karena baterai mengalami ketidakseimbangan arus listrik dan meledak karena korsleting yang terjadi atau meledanya baterai ponsel.

Untuk lebih jelasnya tentang bahaya main ponsel saat sedang di-charge, silahkan simak saja penjelasannya di bawah ini:

1. Kerusakan Ponsel

Main ponsel saat sedang di-charge bisa menimbulkan kerusakan pada ponsel. Tahukah kamu bahwa biasanya ponsel yang rusak itu lebih kuat memendarkan radiasi panasnya? Inilah yang bahaya buat kesehatan. Kalau ponselmu rusak, sebaiknya segera dibuang saja daripada malah jadi pemicu munculnya penyakit.

2. Meledaknya Ponsel

Main ponsel saat mode pengisian baterai bisa memicu meledaknya ponsel. Dan ini sungguh sangat berbahaya sekali. Bagaimana bisa ponsel meledak? Makanya kamu harus hati-hati, janganlah sampai ponselmu meledak dan melukai tangan dan wajah. Serta bagian tubuh yang lain. Luka bakar karena ledakan ponsel? Ini sungguh konyol dan tragis. Tak semestinya terjadi pada orang dewasa yang berakal.

Loading...

3. Ponsel Menjadi Lebih Mudah Panas

Main ponsel saat sedang di-charge membuat ponsel jadi lebih mudah panas.  Ini berbahaya sekali buat kesehatan loh. Jangan sampailah kita jadi kepanasan karena ponsel. Radiasi panas ponsel itu bisa merusak urat dan tulang manusia.

4. Radiasi Panas dan Elektromagnetik Ponsel Sedang Tinggi

Dalam mode pengisian baterai, ponsel bekerja secara lebih tinggi karena dipaksa terus dijalankan padahal baterai sedang diisi. Ini bahaya karena radiasi elektromagnetiknya besar sekali. Tentu saja kamu tidak mau kan jatuh sakit karena paparan radiasi? Maka dari itu, janganlah kamu main ponsel saat di-charge.

5. Paparan Radiasi Membuat Kita Rentan Kena Kanker

Paparan radiasi panas akan membuat kita rentan kena kanker. Ini mengerikan sekali. Maka dari itu, kita sepantasnya tidak bermain ponsel terus, apalagi saat sedang di-charge karean tegangan radiasinya teramat tinggi.

6. Mudah Mengalami Kelelahan Pada Jari dan Telapak Tangan

Ketika kita bermain ponsel dalam keadaan panas karena sedang di-charge, niscaya jari dan telapak tangan jadi mudah sekali lelah. Dan ini sungguh mengerikan sekali. Makanya kamu harus jauhkan hp saja deh kalau lagi diisi baterainya. Tunggu sajalah sampai penuh.

7. Pegal-Pegal Jari dan Telapak Tangan

Pegal jari dan telapak tangan ternyata bisa terjadi akibat kita main ponsel saat sedang di-charge dan pegalnya ini biasanya lama sembuhnya. Tangan benar-benar harus diistirahatkan, jangan dibuat mainan dalam jangka waktu tertentu. Biar tidak pegal terus.

8. Kulit Jari dan Telapak Tangan Jadi Mengering dan Terkelupas

Kulit jari dan telapak tangan benar-benar akan mengering dan terkelupas kalau kita main ponsel saat sedang di-charge, maka sebaiknya kamu tidak usah mainan ponsel deh kalau sedang diisi baterainya. Sudahlah tunggu saja sampai nanti selesai charge kan jadi lebih aman.

9. Pusing, Sakit Kepala atau Migrain Berkepanjangan

Main ponsel saat sedang diisi baterainya bisa bikin nyeri kepala beraneka ragam.

10. Mual dan Muntah Mendadak

Lama-lama jadi ingin muntah karena mual sekali rasanya. Ini terjadi karena asam lambung sedang naik.

Baca Juga: 15 Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

5 Bahaya Main Ponsel Saat Sedang Di-Charge yang Lainnya:

11. Tubuh Mudah Lelah
12. Kesetrum
13. Rentan Mengalami Luka Bakar
14. Wajah Kecipratan Listrik
15. Gangguan Penglihatan Jadi Blur

Seperti itulah kiranya berbagai bahaya bila kita memaksakan diri tetap memainkan ponsel disaat mode pengisian baterai. Sebaiknya kalau memang ponsel sedang di charge, kita mestinya mematikan saja. Tidak perlu memainkannya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top